Sifat Fisika Atmosfer Bumi - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Februari 25

Sifat Fisika Atmosfer Bumi

Atmosfer bumi merupakan salah satu kejaiban ciptaan Allah yang sangat unik. Kali ini saya akan coba jelaskan sedikit tentang sifat fisika atmosfer. 

Radiasi gelombang elektromagnetik datang dari matahari dengan kecepatan 300.000 km/detik. Radiasi ini terdiri dari gelombang pendek hingga gelombang panjang. 

Spektrum yang terlihat dari bumi mengandung panjang gelombang antara 0,4 - 0,7 mikrometer. Baca juga: Analisa kaitan kondisi geografi dengan kehidupan masyarakat

Radiasi panang gelombang yang kurang dari 0,4 mikrometer adalah ultraviolet (uv) dan ia menyumbang sekitar 7% dari total radiasi matahari. Sinar uv terbagi menjadi tiga spektrum yaitu uva, uvb dan uvc. 

Uva jatuh tepat di bawah cahaya tampak dengan panjang gelombang bervariasi dari 320 - 400 mirometer. Meski tidak diserap ozon, uva memiliki radiasi paling kecil dan paling tidak merusak dari semua jenis radiasi uv.

Raidasi Uvb memiliki panjang gelombang 280-320, lebih energik daripada uva dan dianggap berbahaya bagi biosfer. Untungnya uva ini jumlahnya lebih sedikit karena diserap oleh ozon. 

Uvc dengan panjang gelombang 200-280 mikrometer adalah yang paling merusak dan merupakan radiasi paling banyak ditahan ilhe ozon. 

Baca juga:
Bedanya batuan beku dan sedimen
Cara jawab soal titik henti di UN Geografi

Ozon paling efektif menyerap radiasi panjang gelombang 250 mikrometer. Setelah ozon menyerap radiasi gelombang pendek ini maka selanjutnya radiasi yang lebih panjang disebarkan ke segala arah. 

Beberapa diserap oleh unsur atmosfer lainnya, ada yang sampai ke permukaan bumi dan ada yang dikembalikan lagi ke angkasa. Efek utama lainnya adalah kenaikan suhu di stratosfer bagian atas. 

Sudut datang matahari dipengaruhi oleh letak lintang waktu ke waktu. Di belahan bumi utara matahari berada tepat di atas kepala saat tropic of cancer pada hari pertama musim panas, di ekuator saat hari pertama musim semi dan gugur, di atas kepala tropic of capricorn saat hari pertama musim dingin.
Sifat Fisika Atmosfer Bumi
Jenis awan memiliki sifat menyerap radiasi matahari yang berbeda
Semakin tinggi sudut datang matahari maka jarak jatuhnya sinar matahari ke permukaan bumi lebih dekat sehingga suhu akan lebih panas, sementara asaat sudut datang matahari semakin berkurang.

Contohnya saat musim dingin maka jarak tempuh matahari ke permukaan bumi semakin panjang dan suhu akan semakin menurun drastis. 

Sama halnya saat kamu berdiri tetap di atas lampu dengan berada di samping lampu pastinya panasnya akan berbeda. 

Ini karena sinar bergerak lurus jadi sudut datang mempengaruhi kapasitas panas yang diterima permukaan bumi. Baca juga: Pembahasan OSK Geografi 2017

Awan di atmosfer berperan menyerap radiasi uv secara efektif. Namun awan kumulus kadang memiliki efek sebaliknya karena radiasi uv disebar ke ujung awan hingga akhirnya sampai ke permukaan bumi. 

Salju sangat efektif dalam menyerap radiasi uv yaitu sekitar 85%, tanah 12% dan air 5%. Gambar: disini

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close