Ekosistem Bioma Air Tawar di Bumi

- March 21, 2018

Baca Juga

Ekosistem bioma air tawar merupakan salah satu jenis bioma yang umum dijumpai di permukaan bumi. Ekosistem air tawar memiliki kadar garam rendah. Air tawar memiliki kemampuan menyerap panas dari cahaya matahari sehingga perubahan suhu tidak terlalu besar. Bedasarkan ada tidaknya arus, ekosistem air tawar terbagi menjadi ekosistem lentik (tidak mengalir seperti kolam, rawa, danau) dan eksosistem lotik (mengalir seperti sungai).

Tumbuhan yang menghuni lingkungan perairan tawar meliputi tumbuhan yang berukuran besar (makrohidrofita) serta tumbuhan yang berkuuran kecil yaitu ganggang. Tumbuhan biji di ekosistem air tawar misalnya teratai dan eceng gondok. Sementara tumbuhan yang berukuran mikroskopis adalah ganggang biru, ganggang hijau dan diatomae. Hewan penghuni air tawa adalah udang-udang, ikan dan serangga. Kehidupan yang subur terapat di zona fotik yaitu zona tembus cahaya dan dibawahnya terdapat zona afotik yagng tidak tembus cahaya. Daerah afotik dan lumpur dasar dihuni organisme pengurai.
Ekosistem Bioma Air Tawar di Bumi
Teratai di atas perairan tawar
a. Organisme Air Tawar
Berdasarkan cara hidupnya, organisme di air dapat dibedakan menjadi:
1. Plankton adalah organisme berukuran mikroskopis yang hidup melayang-layang dalam air. Plankton dibedakan menjadi fitoplankton (plankton tumbuhan), zooplankton (plankton hewan) dan bakterioplankton (bakteri).
2. Nekton adalah organisme yang hidup berenang di dalam air seperti ikan dan cumi.
3. Neuston adalah organisme yang hidupnya di atas permukaan air.
4. Bentos adalah organisme yang hidup di dasar perairan seperti caing dan moluska.
5. Perifiton adalah organisme yang melekat pada batang akar dan daun tumbuhan air atua pada benda lain di air.

b. Pembagian Bioma Air Tawar
Secara fisik bioma air tawar dibagi menjadi beberapa darah yaitu litoral, limnetik dan profundal.
1. Litoral adalah daerah perairan dangkal sehingga cahaya matahari dapat menembus sampai ke dasar. Organisme yang hidup antara lain tumbuhan berakara, fitoplankton, zooplankton dan hewan bentos.
2. Limnetik adalah daerah yang terbuka dan dapat ditembus oleh cahaya matahari. Organisme yang hidup adalah zooplankton, fitoplankton, nekton dan neuston.
3. Profundal adalah daerah yang tidak dapat ditembus oleh cahaya matahari.

Habitat air tawar memiliki kadar garam lebih rendah daripada sel-sel organisme yang ada di habitat ini. Dengan begitu tekanan osmosis air tawar lebih rendah dibandingkan dengan tekanan osmosis sel-sel organisme air tawar. Akibat perbedaan tekanan osmosis ini maka hewan air tawar seperti ikan, akan terus menerus kemasukan air. Untuk mengatasi hal itu ikan beradaptasi dengan cara mengeluarkan banyak urin dan mengabsorbsi garam-garam melalui insangnya. Gambar: disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search