Pengertian Sumber Daya Alam Terestrial, Marine dan Manfaatnya - Gurugeografi.id

Pengertian Sumber Daya Alam Terestrial, Marine dan Manfaatnya

- March 15, 2018

Baca Juga

Halo teman-teman sekalian, gimana kabarnya nih?.
Semoga baik-baik saja dan senantiasa produktif. Oke kali ini saya akan sedikit memberikan penjelasan tentang materi sumber daya alam. Sumber daya alam merupakan anugerah Allah berupa segala hal di bumi ini yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan hidup mahluk terutama manusia. Sumber daya alam dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis. Kali ini saya akan bahasa klasifikasi SDA menurut lokasi keterdapatannya.

Sumber daya alam menurut lokasi keterdapatannya dibagi menjadi sumber daya alam terestrial dan marine. Sumber daya alam terestrial adalah sumber daya alam yang lokasinya ada di daratan sementara sumber daya alam marine adalah sumber daya alam yang lokasinya terdapat di wilayah perairan. Kita akan coba bahasa satu persatu. Baca juga: Faktor munculnya fosil di batuan

Sumber Alam Terestrial
1. Batubara
Batu bara berasal dari endapan hutan karbon jutaan tahun lalu dan mengalami penekanan dan perubahan wujud. Batubara digunakan untuk bahan bakar atau energi di berbagai industri. Di Indonesia, endapan batu bara banyak ditemukan di Sumatera dan Kalimantan.
2. Emas, Intan, Perak
Emas, Intan dan Perak adalah salah satu bahan galian yang bermanfaat untuk perhiasan atau bahan konduktor listrik. Emas dan perak di Indonesia banyak ditemukan diantaranya di Sumatera, Papua dan Nusa Tenggara. Intan banyak terdapat di Martapura Kalimantan Selatan.
3. Tembaga
Tembaga adalah bahan galian yang banyak digunakan di industri. Tembaga sering dipakai untuk bahan pembuatan kabel atau berbagai macam alat dapur dan lainnya. Tembaga banyak terdapat di Papua.
4. Aspal
Aspal merupakan bahan pelapis jalan raya dan banyak ditemukan di Pulau Buton Sulawesi Tenggara.
5. Bauksit
Bauksit adalah bahan dasar dari logam alumunium. Alumunium sering digunakan untuk rangka pesawat dan alat-alat dapur.
6. Kapur dan Marmer
Kapur adalah bahan galian yang berasal dari koral yang terangkat ke daratan. Kapur banyak digunakan untuk bahan dasar semen. Kapur dapat berubah wujud menjadi batu marmer yang sering digunakan untuk ornamen rumah.
7. Hutan
Hutan menyediakan berbagai macam kebutuhan mulai dari kayu hingga bahan makanan.
8. Hewan Ternak
Hewan ternak banyak dibudidayakan di daratan seperti sapi, kambing, ayam, bebek dan domba. 
9. Pertanian
Pertanian yang dilakukan di daratan bervariasi mulai dari padi, palawija, teh, sayuran hingga buah-buahan.
Pengertian Sumber Daya Alam Terestrial, Marine dan Manfaatnya
Tambak garam laut
Sumber Daya Alam Marine
1. Minyak dan Gas
Endapan minyak dan gas selai terdapat di daratan, juga banyak muncul di bawah lautan. Kita bisa lihat banyak kilang minyak lepas pantai dibangun. Daerah penghasil minyak dan gas di Indonesia diantaranya Bontang, Sorong, Dumai dan Balongan.
2. Terumbu Karang
Terumbu karang banyak terdapat di zona neritik yang masih kaya sinar matahari. Terumbu adalah rumah berbagai macam hewan laut mulai dari udang, kerang, kuda laut, ikan badut hingga penyu.
3. Mutiara
Mutiara sering dibudiayakan dengan cara ditanam di dalam kerang. Budidaya mutiara di Indonesia banyak dilakukan di Ambon Maluku.
4. Rumput Laut
Rumput laut banyak dibudidayakan di daerah pantai dengan arus tenang seperi Pantura. Rumput laut digunakan sebagai bahan dasar makanan, industri kosmetik dan obat.
5. Timah
Timah adalah sumber daya alam yang ada di lautan dalam bentuk sedimen. Tambang timah di Indonesia ada di Bangka Belitung. Timah digunakan untuk bahan dasar industri alat rumah tangga hingga untuk bahan konduktor listrik.
6. Ikan Laut
Ikan-ikan laut yang bermanfaat bagi manusia diantaranya kakap, sarden, udang, lobster, cumi hingga sotong.
7. Garam
Garam berasal dari kristalisasi air laut. Tambak-tambak garam di Indonesia banyak terdapat di Madura. 

Baca juga:
Genesa bahan galian di dalam bumi
Tips menghadapi UN biar gak deg degan

Gambar: disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search


Iklan Melayang