Pengertian dan Ciri Batuan Beku Plutonik - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Mei 8

Pengertian dan Ciri Batuan Beku Plutonik

Plutonik adalah intrusi batuan beku dalam, dimana magma yang menerobosi permukaan tanah kemudian membeku, mendingin. 

Pada kedalaman itu, magma mendingin dan mengkristal dengan sangat lambat, memungkinkan butir tubuh mineral tumbuh besar dan saling berdekatan melekat. 

Intrusi magma dangkal dapat disebut juga sebagai intrusi hipabisal. Ada banyak jenis plutonik termasuk Batolit, diapir, lakolit dan stock. Baca juga: Fenomena intrusi magma dike

Plutonik dapat muncul ke permukaan bumi karena bagian atasnya yang bisa berupa tanah dan batuan lainnya mengalami erosi. Plutonik ini mungkin mewakili ruang magma yang pernah eksis di masa lalu pada tubuh gunung api namun kini sudah lama hilang. 

Namun plutonik juga bisa menjadi tanda ruang magma yang tidak pernah mencapai permukaan bumi. Cara untuk mengidentifikasinya adalah dengan memetakan dan menganalisis detail bebatuan yang tersingkap dengan kondisi geologi disekitarnya.
Pengertian dan Ciri Batuan Beku Plutonik
Plutonik berbentuk batholith
Pluton adalah istilah umum yang mencakup seluruh jenis bentuk yang berasal dari tubuh magma. Artinya kondisi lingkungan yang membuat pluton ini bisa berbeda-beda bentuk dan ukurannya. 

Sebuah pluton yang berbentuk jamur dapat disebut Lopolit dan yang silindris disebut bysmalith. Begitupun pula ada bentuk-bentuk lainnya seperti stok (bulat).

Pluton dapat dengan mudah mencair dan naik ke atas kerak bumi namun mereka punya waktu yang sulit untuk mencapai kerak bagian paling atas karena sifatnya yang dingi dan kuat. 

Pluton membutuhkan gaya tektonik agar bisa membuka jalan bagi mereka untuk naik dan sampai ke permukaan bumi. Pluton terutama batholit, meluncur ke permukaan bersama zona subduksi yang menhasilkan busur vulkanik. Baca juga: Fungsi pebelajaran geografi

Jadi jelas yang guys, pluton itu istilah umum untuk magma yang membeku di dalam sehingga menciptakan sebuah batuan beku luas. 

Batuan beku luas ini bisa muncul dan terlihat ke permukaan karena dibantu gaya endogen dan gaya eksogen seperti erosi sehingga sang pluton ini akhirnya muncul dan bisa eksis di permukaan bumi. 

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close