Contoh Analisis Dokumen SKL, KI-KD dan Silabus Geografi

- July 06, 2018

Baca Juga

Minggu ini pelatihan implementasi
Kurikulum 2013 digelar serentak seluruh Indonesia. Ada empat modul yang harus dikuasai guru yaitu analisis kompetensi, materi pembelajaran dan penilaian. Keempat komponen tersebut merupakan senjata guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas dengan baik. Kali ini saya akan bagikan contoh analisa SKL, KI-KD Mapel Geografi. Berikut penjelasannya:

Analisis Dokumen: SKL, KI-KD dan Silabus
Bagian ini membahas terkait analisa keterkaitan SKL, KI-KD dan Silabus kaitannya dengan penentuan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dan materi pokok sebagai bahan pembelajaran dan penilaian dalam rangka pencapaian Kompetensi Dasar serta dapat mengembangkan nilai-nilai karakter terkait dengan olah hati, olah pikir, olah rasa dan karsa serta olah raga yang dapat meningkatkan keterampilan abad ke 21 terkait dengan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, keterampilan berkolaborasi, dan keterampilan komunikasi. Kompetensi Inti atau Puncak dalam kurikulum 2013 adalah

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku a. jujur, b. disiplin, c. santun, d. peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), e. bertanggung jawab, f. responsif, dan g. pro-aktif, dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang a. ilmu pengetahuan, b. teknologi, c. seni, d. budaya, dan e. humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara: a. efektif, b. kreatif, c. produktif, d. kritis, e. mandiri, f. kolaboratif, g. komunikatif, dan h. solutif, dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.


Di bawah ini adalah contoh analisis SKL, KI-KD hasil dari pelatihan Kurikulum 2013 terbaru. Materi yang dimuat adalah KD 3.3 dan 4.3 yaitu tentang Langkah Penelitian Geografi. Silahkan disimak dan diotak-atik. Jangan lupa like blog saya untuk update gratis materi geografi dan perangkat pembelajaran terkini. Salam.


Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search