MENGERIKAN!!!, Inilah Besar Gaji Guru PNS Ditambah Tunjangan Sertifikasi

- July 22, 2018

Baca Juga

Judul diatas kayaknya boombastis banget ya,
tapi memang sengaja ditulis gitu karena emang faktanya benar. Siapa yang tidak mau jadi PNS di jaman now?. Gaji tetap, naik terus, ada THR, insentif, jenjang karir, pensiun dll, wow!. Beberapa waktu lalu saya buka salah satu grup guru di medsos dan melihat ada yang upload tentang laporan gaji guru PNS. Yang upload adalah tata usaha. Insaallah bukan hoax, semoga bisa mencerahkan kita semua.

Sebentar lagi tes CPNS 2018 dimulai bukan?. Lalu pastinya jutaan penduduk Indonesia akan bersaing ketat, lebih ketat dari Liga Premier Inggris dan Liga Spanyol malahan. Menjadi PNS adalah salah satu pekerjaan idaman rakyat Indonesia. Lalu apakah salah?. Engga salah, sama sekali tidak dan silahkan berjuang jika ingin menjadi PNS, tentunya dengan cara halal dan benar. Jika hasil nyogok maka SUDAH PASTI gaji kamu HARAM seumur hidup. Kamu makan dari uang haram, nyekolahin anak nanti pakai uang haram, beli rumah pakai uang haram. Masa hidup kamu mau haram terus.

Jadi PNS itu jaman sekarang susah bro, jadi memang harus sabar, gak kaya dulu. Ibu saya nih (Guru SD) dulu PNS nya gak pake tes-tesan, dibuatkan langsung oleh dinas karena dulu memang pada gak mau jadi PNS. Setelah reformasi, kesejahteraan PNS meningkat lalu jadi booming deh masyarakat ingin jadi PNS. Memang berapa sih gaji guru PNS itu?. Coba lihat salah satu nya di bawah ini!.
Gaji guru PNS ditambah sertifikasi
Bisa dilihat kan gaji Guru diatas (itu baru tunjangan sertifkasinya), kalau gaji pokok yang PNS pasti sama ya, bisa dicek sendiri. Jadi sudah jelas bahwa jadi PNS itu menjamin kesejahteraan. Coba bandingkan dengan gaji guru hononer. Saya dulu tahun 2010 habis lulus kuliah pernah jadi guru honorer dengan bayaran 12.500 per jam pelajaran. Sebulan itu dapatnya hanya 150.000 rupiah coy. Tapi itulah realitas profesi guru di Indonesia. Jadi lingkaran setan sebenarnya. Penduduk Indonesia banyak, maka kebutuhan sekolah banyak, jadi banyak sekolah swasta bikin sekolah dan bayaran menyesuaikan keadaan. 

YANG IDEAL nih ya, harusnya kalau mau bikin sekolah itu sebuah negara ada sebuah mekanisme nya, jadi semua standar harus dipenuhi dulu dan bisa dilaksanakan sebelum membangun sekolah dan paling penting STANDAR GAJI GURUNYA dong. TAPI lagi-lagi itu adalah TATANAN IDEAL ya, jadi di negeri ini memang susah untuk mewujudkan hal itu, kecuali sekolah swasta elit bermodal besar, bisa lah ngukur gaji yang manusiawi.

Jadi jika anda sekarang jadi guru swasta terutama honorer, jangalah fokus pada naikan gaji karena ada banyak pintu gerbang lain yang lebih masif yaitu wiraswasta. Memang boleh guru nyambi wiraswasta?. Ya boleh banget lah, pintu rezeki itu kan 99% dibuka dari perdagangan. Bagaimana cara berwiraswasta?. Pikirkan sendiri, tanya teman, baca di google, banyak materi-materi gratis disana dan gak usah mengeluh. Jika kamu jadi wiraswasta sukses maka penghasilan kamu dijamin akan lebih dari gaji PNS yang saya tampilkan diatas. 

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search