Pengaruh Lokasi Geologis Indonesia Bagi Kehidupan - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Juli 30

Pengaruh Lokasi Geologis Indonesia Bagi Kehidupan

Lokasi geologis adalah lokasi yang didasarkan pada lempeng tektonik dunia. Indonesia berada diantara tiga lemepng tektonik aktif yaitu Eurasia, Indo-Australia dan Pasifik. 

Kondisi ini mengakibatkan Indonesia berada di cincin api pasifik. Deretan gunung api berjejer dari ujung Sumatera hingga Nusa Tenggara dan di utara Sulawesi dan Maluku. 

Menurut statusnya, gunung api di Indonesia terbagi ke dalam tiga tipe yaitu Gunung Api A, B dan C. Gunung api tipe A adalah gunung api yang tercatat meletus minimal satu kali sejak 1600. 

Gunung api tipe B adalah gunung api yang tidak tercatat meletus sejak tahun 1600. Gunung api tipe C adalah gunung api  yang tidak diketahui catatannya namun masih memperlihatkan gejala vulkanis seperti solfatar, fumarol. Saat ini gunung api yang sedang aktif tinggi di Indonesia adalah Sinabung dan Agung.

Menurut data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Indonesia, saat ini ada 127 gunung api aktif dan sebanyak 69 gunung diantaranya terus mendapat pantauan intensif karena aktivitas magma di dalamnya. 

Aktivitas lempeng tektonik dan magma juga mengakibatkan terbentuknya bijih-bijih mineral berharga seperti minyak, gas, emas, perak, tembaga sampai intan. Bahan galian tersebut merupakan modal pembangunan yang sangat berharga.
Pengaruh Lokasi Geologis Indonesia Bagi Kehidupan
Keindahan Gunung Rinjani di Lombok
Pergerakan aktif subduksi lempeng di Indonesia juga sering memicu gempa tektonik yang bisa berbahaya bagi kehidupan. Gempa di Aceh tahun 2004 yang memicu tsunami dan gempa di Yogyakarta tahun 2006 adalah contoh gempa tektonik yang memakan banyak korban jiwa. 

Mitigasi bencana geologi harus disosialisasikan kepada seluruh masyarakat karena kodrat Indonesia yang berada di daerah jalur rawan bencana geologi.

Jadi kondisi geologi Indonesia sangat berpengaruh bagi keberlangsungan kehidupan peradaban di atasnya. Kita sebagai masyarakat harus belajar memahami kondisi tersebut agar tidak kaget dengan fenomena yang terjadi. 

Desain rumah misalnya harus dibuat untuk meredam getaran gempa seperti rumah panggung. Rumah panggung adalah wujud kearifan lokal masyarakat di Indonesia tentang pengetahuan akan potensi gempa. Struktur panggung akan meminimalisir energi getaran gempa.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close