Proses, Ciri Fisik Batuan Beku Dalam dan Luar - Gurugeografi.id

Proses, Ciri Fisik Batuan Beku Dalam dan Luar

- November 13, 2018

Baca Juga

Batuan beku adalah batuan yang terbentuk dari magma yang membeku atau kristalitasi. Apakah semua batuan beku itu seragam atau ada bedanya?. Ternyata batuan beku dibagi lagi menjadi batuan beku dalam (intrusif) dan batuan beku luar (ekstrusif). Mungkin jika kamu melihat berbagai batuan di sekitar kamu akan sulit sekali melihat perbedaannya. Bahan pembentuk batuan adalah magma tapi faktor lingkungan membuat bentuk fisik dan kimianya berbeda satu sama lain.

Pembekuan Batuan
Batuan beku lahir dari pendinginan magma dan wujud fisiknya dipengaruhi oleh komposisi magma. Waktu pembekuan sangat mempengaruhi jenis batuan beku yang terbentuk. Jika magma membeku jauh di dalam bumi maka pembekuan akan sangat lambat karena udara sedikit. Sementara jika magma berada dekat permukaan bumi maka pembekuannya akan sangat cepat. Inilah yang menghasilkan dua tipe batuan beku yaitu dalam (intrusif) dan luar (ekstrusif). Jenis batuan ini dikenali dari ukuran kristal yang terbentuk. Ukuran kristal akan menghasilkan tekstur batuan yang berbeda.

Batuan Beku Dalam
Batuan beku dalam membeku jauh di dalam bumi, proses pendinginan sangat lambat. Pendinginan lambat ini membuat kristal terbentuk secara sempurna. Ciri batuan beku dalam salah satunya punya kristal batuan yang besar sehingga bisa terlihat mata telanjang. Batuan beku dalam sering disebut juga plutonik. Plutonik adalah tubuh batuan beku yang terbentuk di dalam kerak bumi. Granit adalah contoh batuan beku intrusif. Selain itu ada gabro dan diorit. Proses geologi akan membawa plutonik terlihat ke permukaan bumi.
Proses, Ciri Fisik Batuan Beku Dalam dan Luar
Kristal batuan beku intrusif sangat besar dan jelas terlihat
Batuan Beku Luar
Batuan beku luar terbentuk di dekat bahkan di atas permukaan bumi. Lava membeku cepat di permukaan bumi sehingga kristal batuan tidak sempat untuk tumbuh dan berkembang. Dampaknya batuan beku luar akan menghasilkan kristal yang lebih halus dibandingkan batuan beku intrusif. Batuan beku luar disebut juga batuan vulkanik.

Beberapa batuan beku intrusif membeku super cepat sehingga kristal tidak sempat terbentuk. Contohnya adalah struktur kaca di batu obsidian. Selain itu ada batu apung yang banyak terdapat rongga udara diakibatkan gas terperangkap dalam lava. Pori atau lubang ini membuat batu apung bisa mengambang diatas air. Contoh batuan beku luar lain adalah basalt yang terbentuk jauh di dasar samudera.
Proses, Ciri Fisik Batuan Beku Dalam dan Luar
Batuan ekstrusif berpori seperti batu apung
Perbandingan batuan beku dalam dan luar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search


Iklan Melayang