Soal dan Pembahasan UNBK Sosiologi 2018 No 1-5 - Gurugeografi.id

Soal dan Pembahasan UNBK Sosiologi 2018 No 1-5

- March 27, 2019
Oke teman-teman berhubung UNBK 2019 sebentar lagi akan dilaksanakan, kali ini saya akan coba berikan contoh pembahasan soal UNBK Sosisologi 2018. Mudah-mudahan nanti gak terlalu jauh beda ya soalnya jadi kamu bisa pelajari polanya. Semoga berhasil dan jangan lupa share ke teman-teman. Eh kebanyakan soal sosiologi itu terapan lho jadi studi kasus, lumayan berat.
Soal dan Pembahasan UNBK Sosiologi 2018 No 1-5
Pembahasan UNBK sosiologi 2018
1. Seorang siswa terlambat datang di sekolah karena membantu penyandang cacat menyeberang jalan pada saat lalu lintas sedang ramai. Fungsi nilai pada contoh perilaku tersebut adalah ....
a. memotivasi manusia berperilaku sesuai dengan peran sosialnya
b. mengarahkan masyarakat bertindak sesuai norma yang berlaku
c. sebagai alat pengawasan perilaku sosial dalam masyarakat
d. menjadi alat solidaritas sosial diantara warga sektiarnya
e. sebagai penentu harga sosial dalam masyarakat

Pembahasan:
Keterlambatan siswa yang disebabkan karena membantu penyandang cacat yang menyeberang termasuk fungsi nilai sosial sebagai alat solidaritas terhadap masyarakat sekitarnya. Jadi, hal tersebut terlihat dari kepedulian siswa untuk membantu sesama yang membutuhkan menunjukkan adanya kesolidaritasan antarsesama. 

2. Perhatikan contoh berikut.
(1) Merebaknya tawuran antarkampung.
(2) Meningkatnya kriminalitas remaja.
(3) Kredit untuk usaha kecil menengah.
(4) Pelaksanaan pilkada langsung.
(5) Pengerjaan jalan tol antarkota.

Dari pernyataan di atas yang merupakan objek kajian sosiologi adalah ….
a. 1), 2) dan 3)
b. 1), 2) dan 4)
c. 1), 3) dan 5)
d. 2), 3) dan 5)
e. 3), 4) dan 5)

Pembahasan:
Objek kajian sosiologi adalah masyarakat beserta proses sosialnya. Jadi, pada data tersebut yang termasuk ke dalam objek kajian sosiologi adalah merebaknya tawuran antarkampung, meningkatnya kriminalitas remaja, dan pelaksanaan pilkada langsung, (1), (2), dan (4).

3. Proses penertiban pedagang kaki lima (PKL) yang berdagang di trotoar oleh pemerintah, mendapat tentangan dari sekelompok warga yang memiliki usaha di daerah tersebut. Dalam permasalahan tersebut, pemerintah melibatkan ahli sosiologi untuk mengkaji permasalahan dan mencari pemecahan masalahnya. Ilustrasi tersebut menunjukkan fungsi sosiologi sebagai …. 
a. pemberi solusi melalui contoh konkrit
b. pemberi data perencanaan pembangunan
c. kelompok pemberdayaan masyarakat
d. pengawas permasalahan sosial
e. ahli riset guna menangkal permasalahan sosial

Pembahasan:
Fungsi sosiologi sebagai penelitian, yaitu penyelidikan sosiologis untuk memperoleh perencanaan pemecahan masalah sosial. Jadi, berdasarkan ilustrasi tersebut fungsi sosiologi sebagai ahli riset guna mencegah dari permasalahan sosial. 

4. Revolusi sosial di Prancis merupakan salah satu faktor pendorong berkembangnya sosiologi. Pada masa itu terjadi perubahan-perubahan sosial dalam masyarakat yang membutuhkan penjelasan secara ilmiah. Deskripsi tersebut menunjukkan perkembangan sosiologi yang dilatarbelakangi oleh …. 
a. pembagian kerja dalam masyarakat
b. penemuan baru dalam masyarakat
c. krisis yang terjadi di masyarakat
d. homogenitas antar masyarakat
e. kerjasama antar masyarakat

Pembahasan:
Perkembangan sosiologi pada revolusi sosial di Prancis dilatarbelakangi oleh adanya perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat. Jadi, perubahan tersebut dilatarbelakangi oleh adanya penemuan-penemuan baru dalam ideologi yang mengubah sistem pemerintahan. 

5.  Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan tidak didasarkan pada hasil spekulasi, tetapi didasarkan pada hasil penalaran dan observasi. Pernyataan tersebut merupakan karakteristik sosiologi yang bersifat …. 
a. kumulatif
b. sistematis
c. non etis
d. empiris
e. teoretis

Pembahasan:
Empiris adalah salah satu ciri sosiologi sebagai ilmu yang tidak bersifat spekulatif tetapi harus berdasarkan dari hasil observasi. Jadi, pernyataan tersebut merupakan karakteristik sosiologi yang bersifat empiris. Soal selanjutnya cek disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search