Soal dan Pembahasan UNBK Sosiologi 2018 No 6-10 - Gurugeografi.id

Soal dan Pembahasan UNBK Sosiologi 2018 No 6-10

- March 28, 2019
Oke lanjut lagi ya teman-teman kita akan bahas soal UNBK Sosiologi 2018 no 6-10. Semoga bisa menjadi bahan latihan bagia yang sedang berjuang di UNBK Sosiologi 2019, kayaknya sih soalnya gak jauh beda dan bisa dipelajari polanya.
Pembahasan UNBK Sosiologi 2018
1. Pembebasan tanah yang dilakukan oleh pemerintah daerah sering menjadi penyebab konflik antarmasyarakat dengan aparat berwenang. Proses penyelesaian konflik tersebut dilakukan dengan cara konsiliasi. Bentuk akomodasi tersebut adalah …. 
a. Pihak yang berkonflik mengurangi tuntutan agar tercapai penyelesaian.
b. Mempertemukan keinginan-keinginan dari pihak yang berselisih.
c. Perselisihan diselesaikan melalui Pengadilan Tata Usaha Negara.
d. Proses yang dilakukan melalui paksaan pihak yang lebih kuat.
e. Keputusan diambil oleh pihak ketiga yang lebih tinggi.

Pembahasan:
Konsiliasi adalah salah satu bentuk dari akomodasi sosial yang dilakukan dengan cara mempertemukan kedua belah pihak yang bertikai untuk mencapai kesepakatan. Salah satunya adalah mempertemukan keinginan-keinginan dari pihak yang berselisih.

2. Dalam rangka memenangkan calon kepala daerah, beberapa partai politik saling bersaing untuk mengunggulkan calon masing-masing. Beberapa partai bergabung mengusung salah satu calon kepala daerah. Ilustrasi tersebut menunjukkan interaksi sosial terbentuk karena …. 
a. persaingan antarkelompok pendukung ditengahi calon kepala daerah
b. terjadi kerja sama antarkelompok pendukung calon kepala daerah
c. masing-masing calon melakukan konflik terbuka pada lawan
d. ada sekelompok besar yang mendominasi atas kelompok kecil
e. calon kepala daerah yang diusung merupakan putra daerah

Pembahasan:
Interaksi sosial dalam bentuk kerja sama dapat terlihat pada penggabungan beberapa partai untuk mendukung salah satu pasangan calon kepala daerah. Jadi, interaksi sosial yang terbentuk adalah kerja sama antarkelompok pendukung salah satu calon kepala daerah.

3. Perhatikan gambar berikut!
Gejala sosial
 Interaksi sosial yang sesuai dengan gambar tersebut adalah ....
a. terjadi komunikasi searah untuk kepentingan bersama
b. keterlibatan langsung antar kedua belah pihak
c. terjadi hubungan langsung antar kedua belah pihak
d. ada interaksi dengan perantara media elektronik
e. ada kontak primer antar kedua belah pihak

Pembahasan:
Pada gambar tersebut terlihat seorang pria sedang melakukan komunikasi dengan menggunakan handphone. Salah satu unsur komunikasi adalah media yang dalam gambar tersebut, media yang digunakan adalah handphone (media elektronik). Jadi, ada interaksi sosial yang sedang berlangsung dengan perantara media elektronik.

4. Turunnya nilai tukar rupiah akan menimbulkan PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) besar-besaran oleh beberapa perusahaan. Hal ini menyebabkan terjadinya …. 
a. kemunduran moral
b. kemiskinan massal
c. dekadensi moral
d. urbanisasi fisik
e. iptek lambat

Pembahasan:
Nilai tukar rupiah yang semakin menurun sehingga terjadinya PHK besar-besaran dapat menyebabkan terjadinya peningkatan kemiskinan. Jadi, PHK besar-besaran berdampak pada terjadinya kemiskinan massal.

5.  Di Indonesia masih terdapat warga yang mengalami kemiskinan absolut, yaitu memiliki pendapatan di bawah garis kemiskinan, tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup minimum seperti: pangan, sandang, kesehatan, dan pendidikan. Faktor yang melatarbelakangi kondisi tersebut adalah …. 
a. terputusnya jaringan sosial
b. tingkat pendidikan rendah
c. banyaknya anggota keluarga
d. terbatasnya akses teknologi
e. menolak adanya globalisasi

Pembahasan:
Terbatasnya akses teknologi menjadi salah satu faktor yang melatarbelakangi terjadinya kemiskinan absolut. Hal ini terjadi karena keterbatasan teknologi yang berdampak pada isolasi suatu masyarakat sehingga terjadinya cultural lag yang mengakibatkan masyarakat tidak memiliki kesiapan skill untuk menghadapi tantangan dalam masyarakat. Soal selanjutnya cek disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search

close