Soal dan Pembahasan UNBK Sosiologi 2018 No 31-35 - Gurugeografi.id

Soal dan Pembahasan UNBK Sosiologi 2018 No 31-35

- March 30, 2019
Oke lanjut lagi kita akan bahas kunci jawaban soal UNBK Sosiologi no 31-35. Jangan lupa share ke teman-teman lain ya. Selamat belajar dan berjuang meraih prestasi.
Pembahasan UNBK Sosiologi 2018
1. Ketika terjadi erupsi Gunung Merapi, kampung di sekitarnya menjadi luluh lantak, sehingga masyarakat di kampung tersebut terpaksa mengungsi ke tempat yang aman. Fakta tersebut berdasarkan penerimaan masyarakat menunjukkan bentuk perubahan …. 
a. berpengaruh besar
b. berpengaruh kecil
c. yang dikehendaki
d. tidak dikehendaki
e. berlangsung cepat

Pembahasan:
Erupsi Gunung Merapi yang meluluhlantakan kampung sehingga memaksa penduduk mengungsi ke daerah lain merupakan salah satu bentuk perubahan sosial yang tidak dikehendaki. Perubahan tersebut merugikan masyarakat dan terjadi di luar jangkauan kemampuan manusia.

2. Berbagai suku bangsa di Indonesia memiliki latar belakang perbedaan sistem budaya dan sistem nilai antarsuku bangsa. Perbedaan dalam masyarakat multikultural tersebut tidak dapat dihindari, karena telah menjadi kekhasan dari struktur sosialnya. Gejala sosial tersebut menunjukkan karakteristik dari masyarakat multikultural, yaitu …. 
a. tumbuhnya sikap etnosentris
b. kesetaraan dalam perbedaan
c. meningkatkan primordialis
d. tingginya sikap tradisional
e. bersikap eksklusif budaya

Pembahasan:
Perbedaan latar belakang budaya dan sistem nilai masyarakat merupakan salah satu ciri khas masyarakat multikultural yang menjunjung tinggi kesetaraan dalam perbedaan di masyarakat.

3. Saat ini film-film luar negeri banyak ditayangkan di televisi nasional sehingga menyebabkan sebagian besar remaja menyenangi budaya yang ditayangkan dalam film tersebut, bahkan mereka tidak lagi tertarik terhadap budaya asli Indonesia. Dampak globalisasi dalam ilustrasi tersebut berdampak pada …. 
a. menurunnya semangat gotong royong
b. menurunnya rasa kesetiakawanan sosial
c. terkikisnya budaya bangsa oleh budaya lokal
d. masyarakat cenderung bersikap individualis
e. menurunnya produktivitas masyarakat lokal 

Pembahasan:
Kehadiran film luar negeri yang banyak disenangi oleh kaum muda mengakibatkan terjadinya penurunan eksistensi budaya lokal. Dengan demikian berdampak pada menurunnya produktivitas masyarakat lokal untuk melestarikan budaya nasional karena motivasi kaum muda terhadap budaya lokalnya yang semakin menurun.

4. Pulau Bali yang dikenal sebagai daerah tujuan wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan domestik dan mancanegara. Para wisatawan menghormati masyarakat Bali pada saat merayakan hari raya Nyepi dengan tidak melakukan aktivitas yang menganggu ritual keagamaan. Faktor pendorong integrasi yang bersifat eksternal adalah …. 
a. kesadaran diri sebagai makhluk sosial
b. sikap saling menghargai dan toleransi
c. adanya semangat gotong royong
d. persamaan budaya dan tradisi
e. persamaan keyakinan agama

Pembahasan:
Sikap saling menghargai dan toleransi menjadi faktor pendorong integrasi sosial secara eksternal. Hal ini terlihat pada wisatawan domestik yang tidak melakukan aktivitas apapun yang dapat mengganggu perayaan Nyepi di Bali meskipun mereka berbeda keyakinan.

5. Ketimpangan sosial di negeri ini di antaranya tampak dalam kehidupan masyarakat seperti munculnya perumahan kumuh di sekitar komplek perumahan mewah. Kondisi tersebut jika tidak segera diatasi secara arif maka akan menimbulkan …. 
a. kecemburuan sosial
b. ketidakpedulian sosial
c. keharmonisan sosial
d. gangguan mental
e. penyakit sosial

Pembahasan:
Ketimpangan ekonomi yang terlihat adanya rumah kumuh di sekitar rumah mewah apabila tidak disikapi secara arif dapat mengakibatkan terjadinya kecemburuan sosial yang membuka potensi terjadinya konflik maupun penyimpangan sosial. Jadi, kondisi tersebut akan menimbulkan kecemburuan sosial. Link soal selanjutnya cek disini.UNBK SOSIOLOGI

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search

close