Soal dan Pembahasan UNBK Sosiologi 2018 No 26-30 - Gurugeografi.id
Loading...

Soal dan Pembahasan UNBK Sosiologi 2018 No 26-30

- March 30, 2019
Halo teman kembali di edisi pembahasan soal UNBK. Kali ini kita akan bahas lagi soal UNBK Sosiologi 2018 ya, mudah-mudahan bisa membantu kamu yang sedang berjuang UNBK bentar lagi. Jangan lupa share ke teman-teman lainnya, selamat belajar dan jangan menyerah.
Pembahasan UNBK Sosiologi 2018

1. Di dalam masyarakat terdapat berbagai kelompok sosial, seperti pemerhati lingkungan, pemerhati kebudayaan, dan kelompok olahragawan. Adapun salah satu syarat terbentuknya kelompok tersebut adalah …. 
a. kepentingan yang sama
b. lingkungan yang sama
c. daerah asal yang sama
d. keturunan yang sama
e. perhatian yang sama

Pembahasan:
Salah satu faktor terbentuknya kelompok sosial adalah adanya kepentingan yang sama. Jadi, kelompok pemerhati lingkungan, budaya, dan olahragawan terbentuk dari faktor dasar pembentuk kelompok yang sama berupa kepentingan yang sama.

2.  Masyarakat Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dan agama. Keragaman tersebut menyebabkan terjadi potensi konflik yang tinggi jika tidak disikapi dengan bijaksana. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam menciptakan harmoni sosial adalah …. 
a. menyediakan sarana kesehatan khusus yang seagama
b.  mengembangkan nilai budaya daerah yang menonjol
c. memberikan bantuan pada kelompok yang sama
d. membantu ketertiban saat perayaan agama lain
e. mengembangkan potensi lokal secara intensif

Pembahasan:
Salah satu upaya untuk menekan terjadinya konflik di tengah masyarakat yang terdiri dari berbagai suku bangsa adalah mengembangkan sikap toleransi. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan tetap menjaga ketertiban saat hari perayaan agama lain.

3. Negara yang menganut sistem demokrasi seperti di Indonesia, semua penduduk memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam mengikuti pemilihan presiden dan wakil presiden. Hal ini menunjukkan bahwa di Indonesia telah terjadi …. 
a. pembagian kekuasaan dalam pemerintahan
b. perbedaan stratifikasi sosial dalam pilpres
c. kemudahan dalam mengakses kekuasaan
d. kesetaraan dalam partisipasi politik
e. kesamaan dalam pendidikan politik

Pembahasan:
Indonesia yang menganut sistem pemerintahan demokrasi memberikan ruang seluas-luasnya dan memberikan hak kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam pemilihan presiden dan wakil presiden. Hal tersebut menunjukkan adanya kesetaraan partisipasi dalam politik.

4. Setahun setelah suaminya meninggal, bu Ani harus kerja keras banting tulang untuk menghidupi lima orang anaknya yang masih kecil. Pekerjaan bu Ani adalah tukang ojek yang biasa dilakukan oleh kaum pria. Faktor pendorong perubahan sosial dari ilustrasi di atas adalah …. 
a. perubahan akibat tekanan ekonomi
b. adanya kontak dengan budaya lain
c. sistem masyarakat yang terbuka
d. orientasi hidup ke masa depan
e. sikap menerima pada keadaan

Pembahasan:
Pekerjaan Ibu Ani sebagai ojek merupakan pilihan yang harus diambil karena harus memenuhi kebutuhan hidupnya serta anaknya setelah suaminya meninggal. Perubahan tersebut terjadi dilatarbelakangi oleh adanya tekanan ekonomi yang memaksa Ibu Ani banting tulang menjadi tukang ojek untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

5. Keinginan untuk memperoleh prestige, gengsi, atau kehormatan sosial di kalangan remaja perkotaan yang berasal dari kalangan tidak mampu sering mendorong mereka melakukan tindakan-tindakan yang melanggar norma sosial atau bahkan melawan hukum. Ilustrasi tersebut bahwa perubahan sosial berdampak pada terjadinya …. 
a. kenakalan remaja
b. kecemburuan sosial
c. tawuran pelajar
d. konflik antarkelompok
e. ketimpangan ekonomi sosial 

Pembahasan:
Untuk mendapatkan kehormatan di kalangan remaja yang berasal dari keluarga tidak mampu biasanya mereka melakukan tindakan di luar norma hingga melawan hukum. Hal tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan untuk memiliki barang mewah sehingga mereka mendapatkan prestise di kalangannya. Akibatnya, dari tindakan ini salah satunya memicu terjadinya kenakalan remaja. Mereka berusaha mengikuti tren hidup perkotaan yang serba mewah, tetapi memiliki keterbatasan untuk memenuhi kebutuhan tersebut sehingga mengambil jalan pintas seperti melakukan pencurian dan tindakan yang kurang baik lainnya. Soal selanjutnya cek disini

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search

close