Soal dan Pembahasan UNBK Sosiologi 2018 No 41-45 - Gurugeografi.id

Soal dan Pembahasan UNBK Sosiologi 2018 No 41-45

- April 01, 2019
Oke teman-teman kita sudah sampai di 10 nomor terakhir pembahasan UNBK Sosiologi 2018. Jangan lupa share ke teman-teman lainnya. Semoga bermanfaat.
Pembahasan UNBK Sosiologi

1. Keluarga merupakan lembaga sosial terkecil dan paling mendasar bagi terciptanya kehidupan sosial masyarakat. Peranan keluarga sebagai lembaga sosial adalah ….
a. pemenuhan kebutuhan biologis, emosional, dan pendidikan
b. pemenuhan produksi barang dan jasa dalam masyarakat
c.memberi persiapan bagi peranan-peranan pekerjaan
d. sebagai perantara perpindahan wisata kebudayaan
e. konsumsi barang dan jasa dalam masyarakat 

Pembahasan:
Salah satu fungsi lembaga keluarga adalah reproduksi, afeksi, dan pendidikan yaitu sarana pemenuhan kebutuhan biologis, memberikan cinta kasih sayang, dan menjadi dasar pendidikan karakter masyarakat. Jadi, fungsi lembaga keluarga pada soal terdapat pada pemenuhan biologis, emosi, dan pendidikan.

2. Keberadaan sungai menjadi sumber alam yang berpengaruh terhadap kehidupan warga di sekitarnya. Sungai bagi masyarakat desa digunakan untuk irigasi, di samping itu juga untuk menangkap ikan. Namun sayangnya, masih banyak yang menangkap ikan menggunakan racun atau setrum dari pada menggunakan jala. Tindakan tersebut mengakibatkan habitat alami dan kelestarian sungai menjadi rusak. Peran masyarakat dalam mengembangkan nilai kearifan sosial adalah …. 
a. meningkatkan kemampuan menangkap ikan secara modern
b. membentuk kelompok masyarakat terampil menangkap ikan
c. mengeruk dasar sungai agar ikan dapat berkembang biak
d. membuat aturan tentang menangkap ikan di sungai
e. menjaga sumber air agar sungai tidak menjadi kering

Pembahasan:
Pengembangan kearifan lokal di tengah maraknya penangkapan ikan yang dilakukan dengan cara penyetruman yang dapat merusak ekosistem sungai dapat dilakukan dengan membuat aturan tentang menangkap ikan di sungai. Hal ini dilakukan agar masyarakat tetap dapat menangkap ikan untuk meningkatkan perekonomian tanpa merusak kelestarian habitat sungai.

3. Globalisasi dalam bidang teknologi informasi sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat khususnya pada generasi muda. Hal ini nampak pada peningkatan penggunaan media sosial pada remaja yang sangat intens bahkan cenderung mengganggu belajarnya. Sebagian masyarakat membentuk komunitas yang mendorong ketertarikan remaja pada kebiasaan membaca. Pemberdayaan komunitas tersebut bertujuan untuk …. 
a. mengurangi tekanan sosial yang dialami remaja dalam globalisasi
b. meminimalisasi pengaruh globalisasi dalam teknologi informasi
c. meningkatkan kemampuan remaja dalam mencapai prestasi
d. menjaga motivasi belajar pada remaja agar tetap tinggi
e. mendorong remaja lebih bebas melakukan kegiatan

Pembahasan:
Pembentukan komunitas yang digunakan untuk meningkatkan ketertarikan membaca remaja dilakukan untuk meminimalisiasi pengaruh globalisasi dalam teknologi informasi yang dapat mengganggu belajar siswa sehingga remaja dapat mengurangi penggunaan handphone secara berlebihan.

4. Kesenjangan pembangunan ekonomi antara sektor perkotaan dan pedesaan mendorong adanya pemberdayaan masyarakat desa melalui Koperasi Unit Desa (KUD). Peranan koperasi ini diharapkan dapat membantu para petani, dengan cara membeli semua hasil panen para petani untuk dijual kembali dengan harga yang sesuai dengan harga pasar. Ilustrasi tersebut menunjukkan makna keberadaan lembaga sosial dalam pemberdayaan masyarakat, yaitu …. 
a.  Pemerintah daerah melaksanakan pemberdayaan masyarakat.
b. Warga desa dengan mudah dapat melakukan pinjaman uang.
c. Koperasi Unit Desa (KUD) dapat menyejahterakan warga desa.
d. Seluruh warga masyarakat menjadi anggota koperasi.
e. Koperasi memotong aksi monopoli pedagang nakal.

Pembahasan:
Salah satu fungsi lembaga sosial adalah menyejahterakan masyarakat. Jadi, melalui KUD diharapkan kesejahteraan petani semakin meningkat karena hasil pertanian akan dibeli oleh KUD sesuai dengan harga yang berkembang.

5. Tabel Perbandingan Rata-Rata Umur Saat Pertama Menikah Perempuan Pedesaan dan Perkotaan
Berdasarkan data pada tabel di atas, dapat diinterpretasikan bahwa rata-rata umur pernikahan pertama antara perempuan di kota dibandingkan dengan desa adalah …. 
a. kota lebih tinggi
b. desa lebih tinggi
c. sama-sama tinggi
d. sama-sama rendah
e. kota dan desa tidak berbeda

Pembahasan:
Berdasarkan data terlihat bahwa umur pernikahan wanita muda banyak dilakukan oleh para perempuan desa. Sebaliknya, umur perempuan kota cenderung banyak menikah pada usia dewasa yang mencapai puncaknya 25 – 26 tahun. Jadi, umur awal menikah banyak dilakukan oleh perempuan desa.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search