Silabus Sejarah Peminatan SMA Kelas X, XI, XII K13 Revisi - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Mei 27

Silabus Sejarah Peminatan SMA Kelas X, XI, XII K13 Revisi

Tahun ajaran baru sudah di depan mata nih teman-teman, apakah sudah siap dengan perangkat pembelajarannya?. 

Di postingan ini saya akan berikan contoh silabus sejarah lengkap kelas x, xi dan xii kurikulum 2013. 

Kurikulum sejarah telah mengalami berbagai macam perubahan sejak era kemerdekaan hingga saat ini.

Menurut Kementrian Pendidikan, Pendidikan Sejarah merupakan suatu proses internalisasi nilai-nilai, pengetahuan, dan keterampilan kesejarahan dari serangkaian peristiwa yang dirancang dan disusun sedemikian rupa untuk mempengaruhi dan mendukung terjadinya proses belajar peserta didik.

Kedudukan mata pelajaran sejarah SMA pada kurikulum 2013 terpisah (separated). Dalam struktur kurikulum 2013 sejarah masuk dalam mata pelajaran kelompok A atau kelompok mata pelajaran wajib yakni Sejarah Indonesia dan kelompok mata pelajaran peminatan yakni sejarah Umum. 
 
Sejarah Proklamasi
Pada mata pelajaran Sejarah Wajib setiap kelas yaitu kelas X, XI, XII mendapatkan porsi jam pelajaran masing masing 2 jam pelajaran per minggu. 

Sedangkan pada sejarah peminatan untuk kelas X mendapatkan 3 jam pelajaran perminggu dan untuk kelas XI, dan XII 4 jam per minggu.

Pembelajaran sejarah bukan hanya sekedar bercerita namun sebagai cerminan kehidupan agar peristiwa kelam tidak diulangi di masa depan sementara peristiwa baik agar menjadi tonggak pembangunan sebuah bangsa. 

Banyak sekali anak-anak yang kini tidak mengenal sejarah wilayahnya/lokal masing-masing. Oleh sebab itu penting agar kurikulum sejarah lokal dimasukan dalam muatan materi sejarah di jenjang pendidikan menengah. 

Selain itu untuk kunjungan-kunjungan ke museum dan objek-objek hasil peradaban sejarah masa lampau juga harus sering dilakukan agar anak-anak bisa melihat dengan panca indera mereka tentang jeka-jeja peradaban bangsa yang begitu besar. Baca juga: Tips Lulus Daring PPG Bagian Diskusi

Gambar: 
https://rosodaras.files.wordpress.com/2010/08/sketsa-proklamasi.jpg

Link Silabus Sejarah SMA K 13 Di bawah

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close