Soal dan Jawaban Tes Sumatif Modul 4 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Juli 6

Soal dan Jawaban Tes Sumatif Modul 4

Halo teman-teman guru yang sedang super sibuk dengan PPG nya, gimana sudah pegel sampai modul 4?. 

Masih panjang mas bro, kali ini saya bagikan contoh sumatif m4 ya dan jangan lupa share dan like blognya. 

Ingat sumatif hanya 1 kali kesempatan jadi jangan sampai nilainya jelek. Jangan terpaku juga dengan kunci jawaban yang saya buat karena nilainya gak nyampe 100, asli susah banget. 

Kalau mau 100 sambil buka modul saja cek satu per satu, kalau saya sudah pusing yang penting KKM aja.

Saya ingatkan lagi niatkan buka kunci ini untuk belajar dan bukan hanya meraih nilai angka supaya dapat ilmunya dan berkah. Jangan lupa sedekah juga biar lancar usahanya dan rezeki melimpah. Salam perjuangan.

Soal dan Jawaban Tes Sumatif Modul 4
1. Tes yang dbuat untuk mengetahui apakah peserta didik telah memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan ataupun disyaratkan untuk mengikutisuatu pelajaran disebut dengan
tes prasyarat
2. Disamping sebagai jembatan untuk menguasai pengetahuan baru, kemampuan awal peserta didik dapat dimanfaatkan guru untuk
Mengukur hasil belajar siswa
3. Guru merancang pembelajaran simulasi yang melibatkan sekelompok orang bersifat spontan atau improvisasi memainkan skenario yang dibuat guru hal ini untuk menstimulasi kecerdasan
Interpersonal
4. Agar pembelajaran menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik upaya yang perlu dilakukan oleh guru adalah
Mengaitkan materi pelajaran dengan pengetahuan awal dan pengalaman siswa
5. Pembelajaran dikelas dapat mengaktifkan kecerdasan kinestetik melalui permainan tebak-tebakan melalui gerakan yang menantang disebut
Konsep kinestetik 
6. Guru melakukan pembelajaran dengan penuh tanggung jawab dan semangat walaupun peserta didiknya berasal dari keluarga kurang mampu, keluarga kaya, putra pejabatdan bukan pejabat. Kondisi peserta didik tersebut berkaitan dengan aspek
Status sosial
7. Guru membimbing siswa dengan memejamkan mata dan meminta mereka membayangkan apa yang baru saja mereka pelajari dan diminta untuk menceritakan kembali kegiatan ini untuk menstimulasi kecerdasan
Visual spasial
8. Teknik-teknik informal yang dapat dilakukan oleh guru untuk mendeteksi kemampuan awal peserta didik dapat dilakukan dengan
Mengajukan pertanyaan ke kelas
9. Pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP materi tentang puisi guru meminta siswa untuk melihat pembacaan puisi melalui video kemudian meminta mereka untuk mecatat hal-hal penting yang dalam membuat puisi kemudian meminta siswa untuk mencoba membuatnya, guru tersebut sedang mengakomodasi preferensi belajar
Visual
10. Memberikan dosis pelajaran yang tepat sebagai salah satu kegunaan dari identifikasi kemampuan awal peserta  didik bermanfaat untuk
Materi yang diberikan dapat diorganisasikan dengan lebih baik
11. Untuk mengurang kebosanan peserta didik di kelas, guru meminta siswa melakukan observasi di luar kelas, melakukan pengamatan dan mencatat hasilnya kegiatan tersebut untuk mengaktifkan kecerdasan
Naturalis
12. Peserta didik dapat mengingat informasi ketika mendengar penjelasan guru sambil mendengarkan musik dalam keadaan rileks kegiatan ini disebut
Music supermemori
13. Kemampuan awal pada hakekatnya tidak hanya digunakan untuk kepentingan keselarasan dalam proses pembelajaran, melainkan juga untuk meningkatkan
Kebermaknaan pengajaran
14. Guru dalam melakukan proses pembelajaran menggunakan media yang diinginkan peserta didiknya kadang menggunakan komik, poster dan multimedia. Guru tersebut berarti memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu
Minat
15. Ibu Ani diawal pembelajaran menyampaikan manfaat mempelajari keanekaragaman budaya pada siswanya untuk menumbuhkan nasionalisme. Hal ini menggunakan prinsip menumbuhkan motivasi siswa pada aspek
Relevansi
16. Peserta didik sekolah dasar perkembangan kognitifnya berada pada fase
Operasional konkrit
17. Sekelompok siswa di kelas bu Ida lebih mudah belajar melalui diskusi, grup, ceramah dan tanya jawab. Hal ini menunjukkan tipe pebelajar
Abstract Random Thinkers
18. Salah satu tujuan dari identifikasi kemampuan awal peserta didik adalah untuk
Memperoleh informasi yang lengkap dan akurat tentang kemampuan awal peserta didik sebelum mengikuti program pembelajaran tertentu
19.  Hasil kegiatan mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik salah satunya dapat dipergunakan oleh guru untuk meminimalisir masalah yang mungkin timbul terkait karakteristik peserta didik yang heterogen dan merupakan salah satu dasar dalam mengembangkan
Minat belajar peserta didik
20. Sekolah menetapkan setiap hari Kamis peserta didik supaya berbusana asal daerah masing-masing. Sekolah tersebut berarti memperhatikan karakteristik umum peserta didik terutama aspek
Etnik
21. Status sosial dan gender merupakan aspek dari
Karakteristik umum peserta didik
22. Selama proses pembelajaran guru harus bisa menciptakan momen dimana peserta didik untuk tertawa, merasa marah, mengungkapkan pendapat dengan membuat peserta didik merasa nyaman mengekspresikan emosi di kelas, kegiatan tersebut menerapkan kecerdasan
Intrapersonal
23.  Peserta didik dalam suatu sekolah memiliki karakteristik umum yaitu
Gender, usia, status sosial, kultural dan etnik
24. Peserta didik sekolah menengah atas/sekolah menengah kejuruan perkembangan kognitifnya berada pada fase
Operasional formal
25. Lagu-lagu pilihan guru ketika mengajar menyanyi adalah lagu-lagu daerah asal peserta didiknya. Hal ini berarti guru tersebut memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu
Kultural
26.  Guru sekolah dasar dalam melakukan pembelajaran perlu selalu menggunakan benda konkrit dan atau media. Hal ini berarti guru tersebut mempertimbangkan salah satu aspek karakteristik umum peserta didik yaitu
Usia
27. Salah satu teknik yang tepat untuk mengidentifikasi kemampuan awal peserta didik adalah
Kuesioner
28. Tes yang disusun oleh guru untuk mengetahui seberapa jauh siswa telah memiliki pengetahuan atau keterampilan mengenai pelajaran yang hendak diikuti, disebut dengan
Tes awal (pre-test)
29. Setelah siswa mengamati obyek diluar kelas guru meminta masing-masing kelompok untuk mengungkapkan masalah, membuat hipotesis, melakukan percobaan, menafsirkan data dan menarik kesimpulan hal ini untuk mengembangkan kecerdasan
Logis matematis
30. Dalam menugaskan peserta didiknya untuk observasi secara kelompok guru memperhatikan jumlah anggota perempuan dan laki-laki. Guru tersebut berarti memperhatikan karakteristik umum peserta didik yaitu
Gender peserta didik

Baca juga>>>>>>Formatif M5 Kb1 

Share with your friends

4 komentar

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close