Cara Mengurus Perpanjangan SIM Online di Polres Metro Bekasi - Gurugeografi.id
Loading...

Cara Mengurus Perpanjangan SIM Online di Polres Metro Bekasi

- August 30, 2019
Halo netizen yang berbahagia, kali ini saya akan berikan cerita pengalaman perpanjangan SIM C di polres metro kota Bekasi. Jadi ceritanya SIM C punya saya sudah mau habis per tanggal 18 Agustus 2019. SIM punya saya dulu dibuat di Tasikmalaya, tapi kalau mau perpanjangan SIM Online kini di Indonesia bisa dilakukan di beberapa polres saja, salah satunya polres metro Bekasi. Daripada SIM hangus dan buat lagi dari awal lebih susah sekarang, mending perpanjang saja kan dan praktis.

Tiga hari sebelum SIM habis saya datang ke polres metro bekasi yang berlokasi dekat RSUD, Saya datang pagi jam tujuh ke unit layanan SIM di bagian belakang, ternyata masih sepi. Saya lalu tanya ke petugas ternyata sekarang untuk perpanjangan SIM harus daftar antrian online dulu, jadwalnya malam. Padahal dulu gak pake antrian, mungkin karena semakin membludak pelanggannya.

Daftar antrian perpanjangan SIM Bekasi di link berikut>>>ANTRIAN SIM BEKASI
Jadi mulai sekarang untuk buat SIM baru jadwalnya pagi sementara untuk perpanjangan jadwalnya malam hari. Jadwal perpanjangan SIM Bekasi dari malam sampai pagi hari, jadi kalau kuat begadang silahkan saja.

Setelah klik nomor antrian lalu download untuk data nanti pas cek berkas. Nah setelah sore pulang kerja, malamnya jam 8 saya datang ke bagian cek kesehatan dulu. Saya fotokopi KTP 5 buah dan duduk menunggu antrian. Setelah 20 menitan petugas lalu menginfokan bahwa server pusat lagi mati jadi nunggu dulu sampai server on. Kalu belum on nanti bisa dilanjut pagi hari, khusus pelanggan malam ini.

Alhasil daripada saya bete nunggu lama, maka saya putuskan besok pagi saja kembali ke polres, hemat energi. Nah esoknya saya ijin ke kantor untuk meninggalkan kerja karena urusan SIM tadi. Saya berangkat jam 7 ke polres lagi (untuk ketiga kalinya).

Saya menuju loket cek kesehatan dan menunggu giliran dipanggi. Disana udah banyak orang yang sedang mengantri untuk buat SIM baru atau perpanjangan. Saya lalu dipanggil untuk kemudian cek buta warna dan serahkan kopi KTP. Proses cek kesehatan gak lama dan langsung bayar 25 ribu rupiah.
Langkah-langkah urus SIM Online di Polres Metro Bekasi
Dari loket cek kesehatan lalu pergi ke belakang ke bagian gedung SIM. Saya masuk lalu serahkan KTP dan mengantri untuk pendaftaran. Setelah antri lalu saya mengisi blanko isian data diri dan kembali lagi ke antrian 2 untuk bayar premi asuransi dan perpanjangan SIM dan menyerahkan berkas + SIM asli. Premi asuransi 25 ribu dan sim C perpanjangan 75 ribu. 

Jadi total biaya perpanjangan SIM C adalah 125 ribu dengan rincian:
1. 75 ribu perpanjangan
2. 25 ribu cek kesehatan
3. 25 ribu asuransi

Setelah berkas lengkap lalu menunggu lagi dipanggil untuk foto dan cetak SIM. Waktu pengerjaan sangat cepat, setelah foto kurang lebih 5 menit, SIM sudah jadi lalu pulang deh. Nah jadi untuk perpanjangan SIM di polres kota bekasi gak lama asal ikuti aturan saja. Berikut alur ringkasnya,
1. Cek dan daftar antrian di web polres bekasi (ada diatas), kalau gak daftar dulu dijamin gak bakal dilayani.
2. Mau buat SIM baru jadwal pagi, mau perpanjangan jadwal malam, jangan kebalik.
3. Siapkan fotokopi KTP 5 buah.
4. Siapkan uang minimal 125.000 rupiah
5. Setelah cetak antrian, lalu datang dulu ke loket cek kesehatan.
6. Dari loket kesehatan kemudian nyebrang ke loket pembuatan SIM
7. Isi formulir pembuatan/perpanjangan SIM lalu bayar dan foto 
8. Setelah foto kurang lebih 5 menit SIM jadi, silahkan riding lagi

Untuk polres yang bisa perpanjangan SIM Online setahu saya baru Polres Metro, Surabaya dan Yogyakarta. Daerah lainnya saya kurang begitu paham silahkan tanya ke polres masing-masing. Ingat jadilah pembaca yang baik sebelum melakukan suatu hal agar tidak sesat arah dan informasi.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search

close