Ruang Lingkup, Pengertian Geografi Beserta Tokohnya - Gurugeografi.id
Loading...

Ruang Lingkup, Pengertian Geografi Beserta Tokohnya

- August 31, 2019
Geografi pada dasarnya adalah ilmu tentang penggambaran bumi. Ada banyak pengertian geografi yang disampaikan oleh berbagai macam tokoh geografi terkemukan baik nasional maupun dunia. Geografi telah berkembang sejak era peradaban manusia di bumi. Tulisan atau gambar-gambar hasil kreasi manusia purba di gua adalah contoh manusia telah mampu menggambarkan keadaan alamnya meskipun belum mengenal tulisan. Berikut ini daftar pengertian geografi.
Pengertian geografi berbagai hali
1.    Seminar dan Lokakarya Ikatan Geograf  Indonesia 1988: 
Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.
2.    Depdikbud 1989: 

Geografi merupakan suatu ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.
3.    Prof. Bintarto: 

Geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di muka bumi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di muka bumi baik yang fisikal maupun yang menyangkut mahkluk hidup beserta permasalahannya, melalui pendekatan keruangan, ekologikal dan regional untuk kepentingan program, proses dan keberhasilan pembangunan.
4.    I Made Sandy: 

Geografi adalah ilmu yang berusaha menemukan dan memahami persamaan-persamaan dan perbedaan-perbedaan yang ada dalam ruang muka bumi.
5.    Drs. N. Daldjoeni: 

Geografi yaitu uraian tentang bumi dengan segenap isinya yakni manusia ditambah dengan dunia hewan dan dunia tumbuh-tumbuhan.
6.    Ferdinand von Richthofen 1833 – 1905: 

Geografi adalah ilmu yang mempelajari gejala dan sifat pemukaan bumi dan penduduknya, disusun menurut letaknya, menerangkan baik tentang terdapatnya gejala – gejala dan sifat – sifat itu.
7.    Harthsorne

 Geografi adalah sebuah ilmu yang menampilkan realitas deferensiasi muka bumi seperti apa adanya, tidak hanya dalam arti perbedaan – perbedaan dalam hal tertentu tetapi juga dalam arti kombinasi keseluruhan fenomena di setiap tempat, yang berbeda dari keadaanya di tempat lain.
8. James Fairgrive (1966)
Geografi memiliki nilai edukatif yang dapat mendidik manusia untuk berpikir kritis dan bertanggung jawab terhadap kemajuan-kemajuan dunia. Ia juga berpendapat bahwa peta sangat penting untuk menjawab pertanyaan “di mana” dari berbagai aspek dan gejala geografi.

9. Frank Debenham (1950)
Geografi adalah ilmu yang bertugas mengadakan penafsiran terhadap persebaran fakta, menemukan hubungan antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam.

10. Bisri Mustofa (2007) 
Geografi adalah ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna serta basil-basil yang diperoleh dari bumi.
11. Herioso Setiyono (1996) 

Geografi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya dan merujuk pada pola persebaran horisontal dipermukaan bumi.
12. Preston E. James

Geografi merupakan induk dari segala ilmu pengetahuan, hal ini karena bidang ilmu pengetahuan selalu di mulai dari keadaan muka bumi yang kemudian beralih pada studi ilmu pengetahuan masing-masing.
13.  Claudius Ptolomaeus
Geografi adalah suatu penyajian melalui peta dari sebagian dan seluruh permukaan bumi.
14. Eratosthenes
Geografi berasal dari kata geo artinya bumi dan graphein artinya gambar. Geografi adalah penggambaran tentang bumi.

Itulah beberapa pengertian/definisi geografi dari berbagai ahli terkemuka. Sudah tahu persamaan dan perbedaannya kan?. Jangan lupa like dan share blognya ya!.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search

close