Contoh Soal UP PPG dan Jawabannya - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, September 22

Contoh Soal UP PPG dan Jawabannya

Halo teman-teman sebangsa se tanah air, kali ini saya akan coba berikan contoh soal latihan UP PPG Daljab. 

Ingat ya sebagus apapun UKIN kamu tapi kalau UP nya jelek ya gak bakalan lulus.

PPG memang kejam dan menurut saya sih ga fair, tapi ya gimana lagi programnya pemerintah kaya gitu. 

Ya udah kita latihan aja ya supaya bisa memahami pola soal UP seperti apa. Simak baik-baik di bawah ini, dan jangan lupa share ke teman-teman lain. Baca juga: Soal UP Kepribadian Pengalaman Pribadi
Latihan soal UP PPG
1. Secara rinci, tujuan evaluasi program pembelajaran IPS adalah sebagai berikut, kecuali ...
a. Memutuskan seberapa jauh tujuan program berhasil dicapai
b. Mengetahui besarnya biaya yang digunakan untuk pelaksanaan program
c. Mengetahui kekuatan dan kelemahan pelaksanaan program pembelajaran
d. Menyimpulkan tepat tidaknya program yang dilaksanakan
e. Membuktikan tingkat keberhasilan belajar siswa 

2.  Penilaian berbentuk penugasan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik menghasilkan karya tertentu yang dilakukan secara berkelompok adalah ...
a. Penilaian proyek
b. Penilaian jurnal
c. Penilaian diri
d. Penilaian portofolio
e. Penilaian kinerja

3.  Suatu acuan bagi guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran, sehingga dapat membantu proses belajar peserta didik secara optimal ....
a. Deskripsi mata pelajaran
b. Silabus mata pelajaran
c. Kompetensi Dasar
d. Pengalaman belajar
e. Struktur pembelajaran

4. Tahapan penilaian belajar:
1. Membuat soal
2. Menyusun kisi-kisi
3. Analisis silabus
4. Membuat kunci jawaban
5. Menyusun pedoman penskoran
6. Menyusun lembar jawaban

Urutan langkah-langkah menyusun kisi-kisi soal yang benar adalah....

a. 3, 2, 1, 6, 5, 4
b. 3, 2, 1, 5, 6, 4
c. 6, 5, 4, 3, 2, 1
d. 3, 2, 1, 6, 4, 5
e. 1, 2, 3, 4, 5, 6

5.  Kegiatan untuk memberikan berbagai informasi secara berkesinambungan dan menyeluruh tentang proses dan hasil yang telah dicapai siswa disebut ....
a. pengukuran
b. evaluasi
c. observasi
d. penilaian
e. tes

6. Istilah pengukuran dalam sistem evaluasi merupakan suatu kegiatan yang bersifat ....
a. kualitatif
b. akurat
c. komparasi
d. pengujian
e. kuantitatif
   
7. Dalam pembelajaran IPS, tujuan dari penilaian adalah kecuali ....
a. Menekankan pada pengalaman belajar peserta didik
b. Meningkatkan ketuntasan penguasaan kompetensi
c. Menetapkan program perbaikan atau pengayaan berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi
d. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi
e. Memperbaiki proses pembelajaran 

8. Prosedur yang digunakan dalam penilaian menggunakan tes adalah ....
a. Menentukan tujuan penilaian, apakah untuk penilaian harian, tengah semester, akhir semester atau penilaian akhir dalam satuan pendidikan
b. Menentukan aspek keterampilan atau nilai-nilai yang diintegrasikan
c. Menyusun rubrik
d. Merumuskan indikator pencapaian aspek keterampilan
e. Menetapkan skor tiap-tiap tingkatan    

9. Dari pernyataan di bawah ini, yang menunjukkan kelebihan pendekatan konstruktivisme dalam proses pembelajaran dilihat dari peran Guru adalah....
a. Pak Eko harus memberikan ceramah di depan kelas sepanjang proses pembelajaran  
b. Bu Jullaifah hanya menunjukkan cara bagaimana siswa dapat memperoleh data melalui internet
c. Bu yuly menstransferkan pengetahuan yang telah dimilikinya kepada siswa
d. Pada saat mengajar, pak La Abu harus menjelaskan materi secara terus menerus 
e. Bu ardianti mengganggap bahwa kemampuan siswanya adalah sama    

10. Tujuan pembelajaran di tekankan pada penambahan pengetahuan sedangkan belajar sebagai aktivitas “mimetic” yang menuntut siswa untuk mengungkapkan kembali pengetahuan yang sudah dipelajari dalam bentuk laporan, kuis atau tes. Tujuan pembelajaran tersebut berdasarkan teori ....
a. Teori kognitif  
b. Teori Sibernetik
c. Teori Behavioristik
d. Teori konstruktivisme
e. Teori Humanistik    

11.  Menurut pandangan Teori Behavioristik dalam proses belajar siswa di bawa menuju atau mencapai target tertentu, sehingga menjadikan siswa untuk tidak bebas berkreasi dan berimajinasi disebut proses ....
a. Shaping
b. Mimetic
c. Observabel
d. Reinforcement
e. Input   

12. Menurut Kolb, seseorang yang sudah mulai berupaya untuk membuat abstraksi, mengembangkan konsep, hukum atau prosedur dalam kegiatan belajar termasuk ke dalam tahap...  
a. Pengalaman abstrak
b. Pragmatif
c. Konseptualitas
d. Eksperimen aktif
e. Pengalaman konkret     

13. Ciri khas pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran teori humanistik adalah anak di ajak berpikir secara ....
a. edukatif
b. deduktif
c. induktif
d. komperhensif
e. koordinatif

14. Pada masa sekarang siswa di tuntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi dimanapun.Hal ini di sebabkan kemajuan tekhnologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas berhubungan dengan teori belajar...
a. konstruktivisme
b. behaviorisme
c. humanis
d. kognitivisme
e. sibernetik 

15. Aliran ini lebih menekankan bagaimana kegiatan pembelajaran menjadi menarik .Artinya mendapatkan perhatian dari peserta didik diperlukan alat bantu ini sejalan dengan perkembangan tekhnologi informasi. Teori ini termasuk dalam aliran...

a. konstruktivisme
b. behaviorisme
c. humanis
d. kognitivisme
e. sibernetik 

16. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan pengalaman yang baik dapat tekait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam srtruktur kognitif seseorang adalah..
a. konstruktivisme
b. behaviorisme
c. humanis
d. kognitivisme
e. sibernetik 

17. Belajar dalam perspektif konstruktivisme lebih menekankan kepada....
a. hasil
b. pembelajaran
c. sikap
d. proses
e. nilai 

18. Suatu teori belajar dikembangkan untuk membangun prinsip-prinsip belajar secara ilmiah.Ini merupakan tujuan dari teori belajar... 
a. Insight
b. Conditioning
c. Kognitif
d. Connectionism
e. Humanistik  

19. Kemampuan peserta didik membina hubungan dengan sesamanya dan mampu memotivasi diri sendiri, ini termasuk kedalam kecerdasan...
a. sosial
b. moral
c. afektif
d. kognitif
e. emosional   

20. Dalam pembelajaran IPS di dalam kelas, seorang peserta didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberikan kesempatan kepada teman yang lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman yang lain mengendalikan diskusi, maka ia cendrung untuk memisahkan diri dan belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dan perkembangan....
a. Kognitif
b. Spritual
c. Sosial-emosional
d. Moral 
e. Psikomotorik     

21. Salah satu upaya guru dalam melaksanakn langkah-langkah perbaikan pembelajaran yang telah di rancang melalui pembelajaran di kelas tetapi belum memenuhi ketuntasan belajar minimal yaitu dengan cara....
a. Guru mengevaluasi kembali ransangan pembelajaran yang dibuat untuk mengatasi kelemahan yang ada
b. Guru melakukan intropeksi terhadap kelemahan yang ada dari aspek guru
c. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengoreksi kelemahan yang ada sendiri 
d. Guru meyakini ada masalah dalam pembelajaran selama ini yang memerlukan peningkatan
e. Guru merancang soal-soal untuk menghadapi ujian   

22. Bila anda sebagai guru IPS menemukan peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan, tindakan apa yang dilakukan....
a. Memindahkan tempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
b. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
c. Meminta peserta didik untuk mengerjakan soal 
d. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
e. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber  

23. Dalam menyiapkan materi pembelajaran IPS, Bu Ina menyusun materi pembelajaran dari bagian sederhan menuju kepada yang kompleks. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Ina mengikuti pola ...
a. Logis
b. Kausal
c. Inquiry
d. Spiral 
e. Psikologis     
 
24. Pembelajaran kooperatif dikenal dengan pembelajaran secara ....
a. Individu
b. Verbal 
c. Mandiri
d. Berkelompok
e. Non Verbal 

25. Berikut ini yang Bukan merupakan prinsip-prinsip dasar pembelajaran IPS adalah ....
Inkuiri
a. Kontekstual
b. Kooperatif

c. perubahan
d. Desegrated
e. Kesinambungan dan perubahan

26. Pak Kaspul mengajar materi tentang kebutuhan manusia. Peserta didik diberikan kesempatan untuk menulis semua kebutuhannya sebagai seorang siswa atau peserta didik dan mengurutkan dari yang paling penting sampai yang kurang penting lalu memberikan alasannya.
Prinsip pembelajaran yang digunakan oleh pak Kaspul adalah ….
a. Integrated (Terpadu)
b. Interaksi
c. Kooperatif
d. Kesinambungan dan Perubahan
e. Konstekstual    
 
27. Materi tentang kegiatan ekonomi penduduk dalam hal ini ditinjau dari kegiatan ekonomi pada masa prasejarah sampai dengan sekarang, persebaran dan kondisi fisis geografis yang yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi penduduk. Pernyataan tersebut merupakan prinsip pembelajaran IPS ….
a. Integrated (Terpadu)
b. Interaksi
c. Kooperatif
d. Kesinambungan dan Perubahan
e. Konstekstual    

  
28. Media pembelajaran berbasis TIK yang sesuai untuk pembelajaran materi “Letak Kepulauan Indonesia dan pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi sosial dan budaya adalah ...
a. Media power point lebih cocok untuk menampilkan data dan informasi baik yang berupa tulisan, gambar maupun film
b. Media grafic diagram dan foster karena mudah dibuat dan harganya relatif murah
c. Media kombinasi antar media online dan offline walaupun biaya relatif mahal dan mudah diakses setiap orang
d. Media streaming live, karena mudah diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan dapat real time
e. Media video film, karena sangat interaktif mudah dan murah    

29. Di abad 21 guru dituntut mampu memanfaatkan media dan memeilih media mana yang akan digunakan dalam hal ini yang harus diperhatikan oleh guru dalam memilih media pembelajaran adalah...
a. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, ketersediaan,konteks penggunaan, mutu tehnik
b. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, misi visi sekolah dan konteks penggunaan
c. Kultur sekolah, visi misi sekolah, tujuan, sasaran didik, mutu sekolah
d. Sasaran didik, , karakteristik media, waktu pengoperasian, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan
e. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasian dan karakteristik media    

30. Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan criteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan.... 
a. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah
b. Nilai minimal yang dicapai peserta didik
c. Nilai batas ambang kompetensi
d. Nilai maksimal yang dicapai peserta didik
e. Nilai batas ambang kompetensi kelulusan      

31. Ketika memulai pembelajaran, Bu Maria menyodorkan sebuah isi actual dalam bentuk pertanyaan yang memerlukan solusi. Lalu, dalam bentuk kelompok-kelompok kecil, siswa diminta untuk mencari alternatif solusi tersebut. Kegiatan yang dilakukan Bu Maria tersebut mengisiaratkan inplementasi model pembelajaran 
a. Problem Based Learning
b. Inqury learning
c. Cooperative learning
d. Project Based learning
e. Discovery learning     

32. KD 3.1 kelas VII bidang studi IPS berbunyi “ memahami konsep ruang ( lokasi, distribusi, potensi, iklim, bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antar ruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial media dan pendidikan” perumusan indikator pencapaian kompetensi yang tepat adalah ....
a. Menjelaskan pengaruh letak geologis Indonesia terhadap kehidupan masyarakat
b. Mendemontrasikan kegiatan distribusi dan pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat
c. Menyajikan hasil diskusi tentang perkembangan alat komunikasi
d. Mendeskripsikan pengaruh urbanisasi terhadap kehidupan masyarakat
e. Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruh terjadinya ledakan penduduk      

33. Metode yang harus dilakukan oleh seorang guru agar dapat mengetahui kemampuan awal peserta didik,maka dapat dilakukan dengan cara… 
a. Pengayaan materi pembelajaran
b. Memberikan refleksi
c. Latar belakang peserta didik
d. Memberikan soal pre-test
e. Memberikan soal Remedial     

34. Seorang guru menginginkan siswanya dapat menyelesaikan atau menemukan solusi dari suatu masalah,maka model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru tersebut adalah…
a. Problem Based Learning
b. Inquiring
c. Cooperative Learning
d. Discovery Learning
e. Jigsaw    

35. Sebagai guru IPS, Pak Thomas ingin mengajarkan materi yang memungkinkan peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran dan turut merasakan suasana peristiwa yang terjadi dan berempati. Metode yang paling tepat digunakan Pak Thomas adalah ....
a. simulasi
b. debat
c. Inquiring
c. bermain peran
e. proyek    

Baca juga:  
Tips dan trik mengerjakan soal UP PPG (HOT) 
Kunci Jawaban UP Geografi Pengalaman Pribadi  
Try Out UNBK Geografi Online Gratis 

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close