Soal HOTS Geografi Mitigasi Bencana dan Jawaban - Gurugeografi.id
Loading...

Soal HOTS Geografi Mitigasi Bencana dan Jawaban

- 03 October
Loading...
Hai teman-teman sobat geolover, masih kesulitan cari soal-soal geografi level hots alias high order thinking?. Tenang, kali ini mimin akan coba berikan contohnya beserta pembahasannya.

Materi atau topik yang akan dibahas kali ini adalah tentang mitigasi bencana. Mitigasi bencana terdiri dari tahapan kesipsiagaan, tanggap darurat dan rehabilitasi. Materi lengkap silahkan cari di menu search blog ini. Simak soal HOTS dan pembahasannya berikut ini:
Soal HOTS Geografi Kelas 11
1.    Bencana kekeringan banyak terjadi saat musim kemarau melanda Indonesia. Baik wilayah pedesaan maupun perkotaan akan mengalami dampak yang sama. Di pedesaan, kekeringan membuat beberapa sawah mengalami gagal panen atau puso. Komponen yang terancam akibat kekeringan sesuai dengan fenomena yang terdapat pada paragraf adalah ....
A.    bahan pangan menipis
B.    penurunan kualitas air dan udara
C.    kebakaran lahan
D.    mewabahnya penyakit menular
E.    kepadatan pemukiman penduduk

Pembahasan
Ada beberapa komponen yang terancam ketika bencana kekeringan terjadi. Dalam paragraf terdapat deskripsi kekeringan yang membuat gagal panen. Gagal panen akan berdampak pada ketersediaan bahan pangan menipis.

2.    Kebakaran lahan gambut sering terjadi di Indonesia dan menjadi bencana yang berskala luas. Penyebab kebakaran lahan gambut bisa dipicu oleh faktor alam dan faktor manusia. Salah satu fenomena yang memicu kebakaran lahan gambut di Indonesia adalah ....
a.    La Nina
b.    Ekuinoks
c.    El Nino
d.    Angin Muson Barat
e.    Angin Muson Timur

Pembahasan
El Nino adalah fenomena anomali yaitu menghangatnya perairan Samudera Pasifik bagian tengah dan timur. Dampak dari El Nino bagi Indonesia adalah musim kemarau berkepanjangan yang dapat memicu kebakaran hutan/lahan dalam skala luas.

3.    Indonesia seringkali dilanda bencana angin kencang terutama saat musim pancaroba dan puncak penghujan. Akan tetapi angin kencang yang melanda Indonesia hanya sebatas puting beliung dan tidak terlalu dahsyat seperti angin topan/tornado. Penyebab Indonesia tidak dilanda bencana angin tornado adalah ....
a.    Gaya coriolis membelokan arah angin tornado saat menuju lintang 10 derajat LU/LS
b.    Angin muson barat dan timur menghentikan laju tornado di atas samudera Hindia dan Pasifik
c.    Rotasi Bumi membuat angin bergerak lurus dari kutub menuju khatulistiwa
d.    Rotasi Bumi membuat angin bergerak lurus dari kutub menuju khatulistiwa
e.    El Nino di Pasifik bagian tengah dan timur membuat tekanan di khatulistiwa rendah

Pembahasan
Gaya coriolis adalah efek pembelokan yang dihasilkan benda berputar. Rotasi Bumi membuat angin tornado yang biasa muncul di subtropis akan otomatis berbelok saat menuju khatulistiwa karena efek ini. Inilah mengapa Indonesia aman dari serangan angin tornado dahsyat.

4.    Negara Indonesia memiliki kerentanan bencana geologis tinggi di dunia karena berada di pertemuan 3 lempeng tektonik aktif. Salah satu bentuk adaptasi dan mitigasi masyarakat Indonesia sejak zaman nenek moyang terhadap kerentanan bencana geologis tersebut adalah ....
a.    Membuat rumah dengan struktur panggung
b.    Membangun bunker di bawah lereng gunung api
c.    Membuat tanggul di pinggir pantai
d.    Membuat terasering untuk pertanian
e.    Melakukan ritual setelah terjadi bencana alam

Pembahasan
Nenek moyang Indonesia sejak zaman dahulu sudah beradaptasi dan memiliki mitigasi bencana yang baik, salah satunya dengan membuat struktur rumah panggung. Struktur panggung berfungsi mengurangi/meredam getaran saat gempa bumi terjadi sehingga daya rusak gempa terhadap bangunan berkurang.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search