Mengapa Geografi Penting Dipelajari? - Gurugeografi.id
Loading...

Mengapa Geografi Penting Dipelajari?

- 26 November
Loading...
Teman-teman tentu sudah tidak asing dengan yang namanya geografi kan?. Itu dia pelajaran yang suka ngapalin negara, kota dan pastinya peta. Lalu memang geografi itu ilmu penting ya?. Pasti banyak anak-anak yang tanya hal tersebut dalam hati atau mungkin pernah tanya pada gurunya.

Oke baiklah kali ini saya akan kupas sedikit tentang arti penting geografi sebagai sebuah ilmu kehidupan. Pertama nih, jaman now pastinya kamu hobi buka google map kan? Pesan ojek online, go food dan lainnya?. Secara tidak sadar kamu udah mengaplikasi ilmu geografi peta dalam kehidupan.

Ah cuma baca peta doang apa susahnya?. Eh jangan salah lho pengalaman membuktkan masih banyak tukang ojol yang masih susah baca peta. Pasti kalau salah arah yang disalahin mapnya, "ini map nya ngaco nih,,,,bla,,bla". Padahal ia sendiri yang gak bisa membaca arah terutama dalam peta.

Semua itu ada ilmunya dan jika kalian belajar geografi dengan baik dan serius maka kamu bisa memahami ruang sekitar kamu dengan baik. Kecerdasan spasial atau spatial intellegence adalah salah satu kemampuan dasar dalam pembelajaran ilmu geografi.
Geografi pelajaran penting jaman now
Kamu tidak hanya sekedar tahu tentang sebuah lokasi atau wilayah tapi harus tahu mengapa lokasi tersebut unik, mengapa bisa ada disana, mengapa kejadian itu tidak terjadi di lokasi lain, apa yang harus saya lakukan di wilayah ini dan lainnya.

Jadi jika kamu bisa menguasai ruang maka kamu bisa menghasilkan sesuatu dan tentunya harus sesuai dengan kondisi wilayah yang bersangkutan. Coba lihatlah kota-kota di Indonesia, semrawutnya bukan main, terutama Jabodetabek. Mengapa hal ini terjadi?

Karena sejak kemerdekaan, blue print ruang Indonesia tidak jelas. Akhirnya perkembangan pembangunan suatu ruang asal-asalan. Pemukiman padat, kumuh, sampah, jalan sempit dimana-mana. Ini adalah bukti dari tidak adanya kecerdasan ruang dalam mengelola suatu wilayah. 

Kecerdasan ruang sering dianggap hal sepele, akhirnya ya kita rasakan sendiri kan akibatnya. Sampah dimana-mana, pemukiman semakin semrawut, kemacetan dan lainnya. Bandingkan dengan tata wilayah di negara maju seperti Singapura, Jepang, apalagi Eropa Amerika jauh banget ya. Lah kok bandingkan dengan negara lain?. Ya ga papa lah, kalau pembandingnya lebih baik kenapa tidak ambil pelajaran. Toh mereka semua juga sama manusia kan?.

Jadi geografi bukan hanya pelajaran sepele teman-teman, konsep geografi bisa kamu terapkan dalam hal sederhana misal menata meja di kamar atau mendesain rumah yang nyaman, aman dan lainnya. Jadi mari belajar geografi dengan sebaik-baiknya agar Indonesia berubah lebih baik.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search