Wacana Mendikbud Nadiem Hapus Ujian Nasional - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, November 28

Wacana Mendikbud Nadiem Hapus Ujian Nasional

Beberapa hari ini dunia pendidikan kembali mendapat berita heboh terkait wacana penghapusan ujian nasional alias UNBK. 

Tagline berita awalnya muncul di Tempo beberapa waktu lalu. Lantas seperti apa pertimbangan mendikbud menghapus ujian nasional dan kapan penghapusan itu mulai dilakukan?.

Dalam beberapa sumber berita diketahui bahwa kemendikbud masih tengah mengkaji tentang perlu tidaknya UNBK dihapus. 

Tentunya akan ada plus minus jikan unbk dihapus dari struktur kurikulum. Pak menteri tengah berupaya menciptakan sinergi antara pendidikan dengan dunia industri 4.0.

Kita tahu bahwa saat ini jumlah pengangguran terdidik lulusan SMA dan Perguruan Tinggi masih sangat tinggi. Jika dibiarkan maka ini akan berbahaya bagi bangsa Indonesia. Diperlukan deregulasi dan debirokratisasi untuk membuat dunia pendidikan sikron dengan kebutuhan pasar.

Yang pasti Nadiem akan melakukan penyederhanaan kurikulum dan lebih mengutamakan kompetensi dibandingkan sekedar menghapal materi untuk ujian. Gebrakan kurikulum perlu dilakukan untuk membuat kegiatan belajar dan pendidikan lebih terarah sesuai jamannya.

Nadiem juga akan fokus membenahi kompetensi guru di semua jenjang pendidikan. Strategi peningkatan mutu guru ini tengah digodog agar matang dan siap dilaksanakan tahun depan. 

Saat ini pendidik lebih terbebani dengan administrasi yang bejibun. Mendikbud akan mencoba menyederhanakan hidup seorang pendidik agar fokus mengolah siswa bukan mengolah administrasi.

Pastinya akan ada beberapa dampak jika UNBK dihapus. Misal bimbel-bimbel yang banyak fokus marketing di UNBK tentu harus memutar otak agar lembaga bisnis nya tetap jalan. Semua menunggu dulu kebijakan kurikulum seperti apa yang diinginkan menteri. 

Asalkan semua mengarah pada kebaikan pendidikan nasional tentu harus didukung sepenuhnya oleh seluruh stakeholder pendidikan. 

Pendidikan tidak sebatas administrasi namun lebih penting lagi bagaimana membuat semua siswa mendapatkan perubahan dan peningkatan kompetensi hidup selama ia mengenyam bangku pendidikan. Setujukah bapak ibu guru terkait penghapusan UNBK?. Baca: Contoh RPP Geografi 1 Lembar
UNBK dihapus di tahun 2020

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close