Contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) 1 Lembar - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Desember 16

Contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) 1 Lembar

Halo teman-teman guru sebangsa dan setanah air, kali ini kita akan bicara tentang lesson plan alias RPP yuk!. 

Bapak menteri kita Nadiem udah menyampaikan kebijkan mengenai RPP yang akan disederhanakan sehingga tidak memberatkan guru.

Sebelumnya nih RPP ada 13 komponen, sangat padat sekali dan membuang-buang waktu guru. 

Saya sendiri sudah lama membuat ulasan mengenai begitu buruknya format RPP Indonesia yang bisa berhalaman-halaman kaya novel, boros kertas. 

Beda halnya dengan RPP di luar negeri yang simple cukup 1 lembar saja bisa menyajikan pembelajaran menarik. Baca juga: Pembahasan OSK Geografi 2019 Full 1-100

Jadi yang dulu-dulu pemangku kebijakan, helow kemana aja nih. Masa bikin kebijakan yang buat guru stress, ngaco ini. Kebijakan terbaru menyebutkan bahwa RPP cukup memuat 3 komponen saja yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan penilaian. 

Beda banget dengan yang dulu harus nyantumin KI 1, KI 2 yang boros kata, konsep, prosedural, metakognitif dll gak bermutu banget. 
RPP Satu Lembar Saja
Jujur saja saya gak paham dulu ngapain pemerintah membuat kebijakan isi RPP yang jelimet gitu. Jadi saat ini dengan konsep Merdeka Belajar, maka guru dan siswa akan menjadi lebih semangat lagi mencurahkan segala kreatifitas, yang penting sesuai pedoman dasar kurikulum.

Saat ini sebenarnya banyak aplikasi online yang memudahkan guru untuk mendesain RPP, salah satunya ya MS Word. Saya biasa membuatnya disana karena bisa pilih template dan donwload sendiri. 

Di MS Word udah ada fitur template lesson plan, tinggal edit-edit aja. Jadi jaman now itu RPP gak usah terlalu kaku kaya jaman orba aja semua diatur sentralistik. 

Biarlah guru berkreasi asalkan komponen pembelajarannya terinput dalam RPP tersebut, kan gitu. 

Pengalaman dulu saat pelatihan K13 saya menyampaikan pendapat ke instruktur terkait RPP ini, eh dia malah marah-marah. 

Dalam hati, instruktur macam apa itu, gak bisa menerima pendapat orang lain seolah paling benar sendiri. Kata-katanya pun menampilkan keangkuhan dengan emosi. 

Jadi mari merdeka mendesain kegiatan belajar. Berikut ini contoh RPP 1 lembar yang saya desain di MS Word. Download di bawah. Baca juga: Contoh Soal UP PPG Daljab dan Kunci Jawaban

-Link Pembahasan UNBK Geografi~
Soal No 1-5
Soal No 6-10
Soal No 11-15
Soal No 16-20
Soal No 21-25
Soal No 26-30
Soal No 31-35
Soal No 36-40
Soal No 41-45
Soal No 46-50

>>>RPP Geografi 6 Semester 1 Lembar CONTOH RPP 1 LEMBAR PEWILAYAHAN NEGARA
FORMAT RPP Permendikbud 14 Th 2019

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close