Fenomena Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019

Tanggal 26 Desember 2019 besok akan terjadi gerhana matahari cincin yang bisa disaksikan di beberapa wilayah Indonesia. 

Gerhana matahari adalah fenomena di angkasa yang tidak terjadi setiap saat namun sangat fantastis jika menyaksikan kejadiannya. 

Jadi pastikan kamu bisa mengabadikan fenomena gerhana matahari cincin di penghujung tahun 2019 ini dengan baik.

Bagi yang masih bertanya-tanya, mengapa sih bisa terjadi gerhana matahari dan kok gak setiap hari terjadinya, kali ini saya akan kasih sedikit pemahaman supaya ga terlalu gagap ilmu banget ya gak.
Gerhana matahari cincin
Apa itu Gerhana Matahari?
Gerhana matahari terjadi saat bulan melintas tepat di diantara matahari dan bumi dalam satu garis lurus. Akibatnya bulan menutupi matahari dan wilayah yang tepat berada pada cakrawala tersebut akan gelap lho selama beberapa detik.

Jadi dalam astronomi, gerhana terjadi jika matahari bulan dan bumi berada pada garis lurus atau konjungsi istilahnya. Contoh sederhana kamu bertiga dengan teman kamu berdiri sejajar dalam satu garis, sederhana kan. Nah orbit bulan itu punya kedudukan sekitar 5 derajat dari orbit bumi dan matahari, jadi bulan punya kesempatan hanya 2 kali dalam setahun untuk bisa sejajar dengan orbit bumi dan matahari. 
Bidang orbit bulan
Bayangkan kalau orbit bulan sejajar dengan bumi dan matahari, bisa-bisa tiap hari gerhana. Itulah nikmat dan kasih Tuhan kepada mahluknya dengan sempurna memberikan jalan bagi tiap-tiap benda langit untuk beredar sesuai ketentuan sehingga segala sesuatu tetap dalam keseimbangan.
Jenis gerhana matahari
Tipe Gerhana Matahari
Bayangan bulan memiliki dua bagian yaitu umbra (inti) dan penumbra (samping). Terdapat 3 tipe gerhana matahari menurut posisi umbra dan penumbra tadi yaitu:
1. Total jika semua piringan bulan menutupi penuh matahari
2. Parsial/sebagian jika sebagian piringan matahari yang tertutup bulan
3. Cincin/Annular jika sedikit bagian cahaya matahari terlihat melingkar di sisi luar bulan

Jika terjadi gerhana total maka wilayah yang dilintasi gerhana akan seperti malam hari karena cahaya matahari sepenuhnya terhalang bulan. Tanggal 26 Desember 2019 sudah diramalkan terjadi gerhana matahari cincin jadi kamu akan melihat cincin cahaya disekitar bulan karena ada sedikit bagian matahari tidak tertutupi bulan.

Jangan lupa untuk sholat gerhana bagi yang muslim agar kita senatiasa bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan yang sudah diberikan. Untuk wilayah atau kota di Indonesia yang dilintasi gerhana matahari cincin silahkan cek di IG BKMG
Lokasi pemantauan gerhana matahari cincin di Indonesia