Wisata Mata Air Situ Cicerem Telaga Biru Pasawahan Kuningan

Penatnya rutinitas kerja tentunya bisa membuat pikiran dan hati stress sehingga perlu relaksasi sejenak. Propinisi Jawa Barat merupakan salah satu wilayah dengan destinasi wisata alam yang cukup banyak dan bisa dijadikan pilihan anda yang ingin melepas kepenatan. Kali ini saya akan berikan info tentang Situ Cicerem di Kabupaten Kuningan.

Beberapa hari lalu saya melihat berita bahwa Kabupaten Kuningan sudah masuk zona biru dan objek wisata alam sudah dibuka. Memanga pandemi COVID tahun ini terasa menyiksa bagi milenial yang punya mobilitas tinggi. Jangankan 3 bulan, seminggu berdiam di rumah saja sudah gabut setengah mati.

Sebenarnya saya sudah pernah mengunjungi Situ Cicerem dua tahun lalu tapi waktu itu bulan Desember airnya hijau saat musim penghujan, dan saat ini masih musim kemarau mudah-mudahan berwarna biru. Saya beserta isteri dan anak langsung bergerak naik motor dari pusat kota Majalengka menuju lokasi karena jaraknya hanya 25 km saja tidak jauh. Cek lokasi Situ Cicerem disini.
Keindahan Pesona Situ Cicerem Kuningan
Ikan-ikan di tepi situ Cicerem
Kami berangkat melalui jalan Rajagaluh hingga sampai ke Polsek Dukupuntang. Dari polsek kemudian belok kanan menuju arah Telaga Remis dan Telaga Nilem karena satu jalur. Perjalanan melewati Telaga Remis dan Telaga Nilem yang saat ini masih ditutup untuk wisata. Jalanan mulai menanjak menyusuri bukit karang dan hutan pinus. Suasananya adem dan sejuk, padahal dulu jalur ini belum ada sama sekali.

Akhirnya setelah kurang lebih 40 menitan, kami tiba di lokasi. Ternyata gak terlalu jauh juga dari Majalengka masih di perbatasan. Tike masuk Situ Cicerem Kaduela 5.000 rupiah per orang dan parkir 2.000 rupiah, gak nguras kantong pokonya. Parkiran motor berada di sisi sebelah barat utara sementara mobil di selatan.

Ternyata tidak sia-sia datang di bulan Juni ini, airnya biru segar gitu guys. Sudah gak sabar ingin nyemplung dan berenang bersama ikan-ikan di Situ Cicerem. Di lokasi ini sudah ada banyak fasilitas penunjang mulai dari toilet, mushola, warung makan jadi gak usah khawatir kelaparan. Banyak pedagang cemilan juga nongkrong di Situ Cicerem.

Situ Cicerem berada di kaki utara Gunung Ciremai dan dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun, asri dan menyejukkan. Situ Cicerem dulunya adalah mata air alami yang tidak luas seperti sekarang, area mata air diperluas setelah ada kesepakatan para sesepuh masyarakat disana untuk dijadikan sumber mata air bagi desa.
Spot selfie ayunan di Situ Cicerem
Birunya mata air Situ Cicerem Kuningan
Datang sini tak afdol jika tak mengabadikan gambar situ. Anda harus dapatkan sudut terbaik sinar matahari jika ingin mendapatkan pantulan air situ yang bernuansa biru. Siapkan kamera terbaik, kalau bisa DSLR. Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan mulai dari foto selfie, berenang dan naik perahu karet. Karena ini adalah danau alami jadi dasarnya dalah bebatuan, anda ahrus hati-hati menginjaknya karena batuan alam cukup tajam jika kena kaki.

Untuk spot foto di Situ Cicerem pengunjung dibebankan tarif 2.000 rupiah aja per orang. Ada spot jembatan love dan ada ayunan di pohon beringin yang paling utama. Anda bisa beli pelet ikan untuk mendapatkan view ikan-ikan sedang berkumpul di tepi situ. Ikan-ikan di Situ Cicerem ini gak bisa ditangkap dan dimakan ya guys, cuma bisa dilihat aja.

Jawa Barat memang surga wisata alam dan air darat alami, jadi jangan lewatkan hari anda tanpa liburan ya guys. Jangan terlalu cape kerja, sisihkan uang untuk menikmati karunia Tuhan. Jangan lupa saat di lokasi wisata Situ Cicerem jangan buang sampah sembarangan agar keindahan dan kebersihan situ tetap terjaga. Jadilah manusia beradab yang beretika lingkungan agar semakin disayang Tuhan.