Terbentuknya Relief Permukaan Bumi Oleh Tenaga Eksogen

Permukaan bumi kita dihiasai beranekaragam relief atau bentuk mulai dari dataran rendah, pegunungan, bukit, lembah dan masih banyak lagi.

Terbentuknya relief permukaan bumi disebabkan dua gaya yaitu endogen dan eksogen. Variasi bentuk relief lebih banyak dilakukan tenaga eksogen. Seperti apa prosesnya?.

Tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar permukaan bumi dan sifatnya merusak struktur yang telah ada (dibuat oleh endogen melalui peristiwa vulkanisme dan tektonisme).

Awalnya magma yang naik ke permukaan bumi melalui seraingkain proses vulkanisme membeku menjadi batuan beku. Penerobosan magma ini dapat menghasilkan bentukan gunung api.

Nah gaya eksogen mulai bekerja setelah magma membeku di atas permukaan bumi. Diawali dari pelapukan yang dipengaruhi oleh cuaca, mahluk hidup dan reaksi kimia.

Batuan yang sudah terbentuk dapat hancur melapuk menjadi bongkahan-bongkahan yang beranekaragam, Seringkali dijumpai relief hasil pelapukan adalah stack atau arch di pantai karang. 

Di daratan, pelapukan akan membuat permukaan bumi bisa melandai, runcing, atau membentuk morfologi lainnya.

Hasil pelapukan batuan tadi kemudian terangkut oleh media air, angin dan es atau dinamakan erosi. Erosi akan membawa material menuju daerah yang lebih rendah.
Relief delta sungai
Erosi angin misalnya dapat membangun relief gumuk pasir seperti di Pantai Parangtritis Yogyakarta. Erosi di sungai juga dapat membangun delta sungai pada muara yang landai dan menghadap laut yang berombak tidak terlalu besar.

Setelah itu material sisa pelapukan akan mengalami sedimentasi dan terbentuklah lapisan-lapisan tanah pada sebuah lembah. Contoh lain dari sedimentasi adalah oramen pada gua karst seperti stalaktit dan stalagmit.

Benda asing lain dari luar bumi bisa membuat relief cekungan seperti hantaman meteor. Sudah banyak lubang-lubang meteor ditemukan di permukaan bumi. Huja meteor banyak terjadi jutaan tahun lalu sementara saat ini intensitasnya tidak terlalu tinggi.

Itulah proses pembentukkan relief permukaan bumi oleh tenaga eksogen yang berasal dari pelapukan , erosi, sedimentasi dan tenaga ekstrateresterial.