Contoh Soal UTBK 2021 Konsep, Pendekatan, Prinsip Geografi + Pembahasan

Oke teman-teman sekalian geolovers kali ini kita akan coba berikan contoh soal UTBK geografi 2021 beserta pembahasannya.

Soal kali ini tentang topik konsep dasar geografi. Konsep dasar geografi yang perlu dipahami siswa adalah konsep esensial, pendekatan, prinsip dan aspek geografi.

Jangan lupa untuk share blog ini dan banyak-banyaklah membaca dan berlatih soal-soal tipe hots agar bisa tembus PTN lewat UTBK.

Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Contoh konsep morfologi dalam kehidupan sehari-hari adalah ...
a. Pemukiman penduduk Kampung Naga cenderung mengelompok
b. Indonesia terletak di pertemuan 3 lempeng tektonik aktif
c. Desa berfungsi sebagai hinterland bagi kota
d. Kota Bandung berada pada ketinggian 768 mdpl
e. Pabrik gula banyak dibangun di wilayah Jawa Timur

Kunci
Contoh konsep morfologi dalam soal berarti terkait dengan bentuk permukaan bumi atau ketinggian. Pernyataan yang benar sesuai konsep morfologi adalah Kota Bandung berada pada ketinggian 768 mdpl.

2. Pernyataan berikut yang menunjukkan kajian geosfer dengan pendekatan ekologi adalah ..
a. Pemanasan global terjadi akibat berkembangnya  industrialisasi, pembakaran hutan, dan polusi dari kendaraan bermotor sehingga menyebabkan terjadinya pencemaran tanah, air, dan udara.
b. Tanah yang terletak di pinggir jalan raya mempunyai harga lebih mahal dibandingkan yang di pedalaman
c. Rumah yang dibangun di pegunugan relatif berbeda dengan yang di pesisir karena lingkungannya berbeda
d. Permasalahan yang dihadapi oleh penduduk kota sangat kompleks karena tuntutan harus memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menghadapi tantangan lingkungan
e. Sebagai negara rawan bencana, pendidikan mitigasi bencana perlu diberikan kepada siswa sejak SD

Kunci
Jadi yang termasuk pendekatan ekologi adalah yang berkaitan dengan aktivitas manusia yang memicu fenomena geosfer lain yaitu:
Pemanasan global terjadi akibat berkembangnya  industrialisasi, pembakaran hutan, dan polusi dari kendaraan bermotor sehingga menyebabkan terjadinya pencemaran tanah, air, dan udara.

3. Pada tanggal 4 Januari 2010 terjadi kejadian tanah bergerak atau soil creep di Taraju Tasikmalaya. Tanah tersebut bergerak disebabkan oleh hujan lebat dalam sehari yang mengakibatkan struktur tanah menjadi jenuh air dan labil. Prinsip geografi yang terdapat dalam paragraf tadi adalah.....
a. distribusi
b. deskripsi
c. korologi
d. penyebaran
e. interelasi

Kunci
Jawaban yang tepat sesuai fenomena pada soal adalah interelasi karena disana menerangkan bahwa tanah bergerak dipicu oleh hujan lebat. Ini menandakan adanya hubungan sebab akibat.

4.Saat ini pemerintah tengah gencar mendistribusikan penduduk dengan program transmigrasi. Kegiatan penduduk di daerah transmigran umumnya adalah pertanian. Jika hasil pertanian di daerah transmigran sering mengalami hambatan dalam pemasarannya maka perencanaan pembangunan daerah transmigran dianggap kurang memperhatikan konsep ….
a. keterjangkauan
b. jarak
c. keterjangkauan
d. Nilai guna
e. aglomerasi

Kunci
Hambatan pada pemasaran di daerah transmigrasi bisa terjadi karena saat pembangunan kurang memperhatikan konsep keterjangkauan. Keterjangkauan dalam hal ini adalah antara daerah transmigran dengan daerah pemasaran. Jika aksesibilitas dari dan menuju daerah transmigran masih buruk maka penduduk akan kesulitan memasarkan hasil pertanian mereka ke konsumen. Jadi pembangunan pemukiman transmigran harus dibarengi dengan sarana dan prasarana transportasi untuk menunjang kegiatan ekonomi penduduk nantinya.

5. Perhatikan gambar!
Fenomena geosfer
Fenomena pada gambar dapat dikaji melalui pendekatan ....
a. kelingkungan
b. keruangan
c. ekologi
d. kewilayahan
e. sistem
 
Kunci
Gambar menunjukan fenomena hutan mati di Gunung Papandayan Garut. Hutan mati ini terbentuk karena pengaruh panas abu vulkanik dari kawah Papandayan. Jadi pendekatan yang tepat untuk mengkaji fenomena ini adalah pendekatan keruangan.