Contoh Soal UTBK Objek Formal dan Material Geografi

Halo kawan-kawan sekalian kali ini saya akan berikan contoh latihan soal utbk geografi materi objek material dan formal geografi.

Objek studi georgafi terdiri atas objek material dan objek formal. Kedua hal ini penting dipahami oleh seorang geograf.

Objek material geografi adalah lapisan bumi (geosfer) yang terdiri atas atmosfer, litosfer, hidrosfer, biosfer dan antrposfer.

Objek formal geografi adalah pendekatan atau cara pandang dalam memahami objek materi geografi. Ada 3 pendekatan geografi yaitu keruangan, kelingkungan dan kewilayahan.

Berikut contoh latihan soal terkait materi objek material dan formal geografi.
 
1. Kondisi cuaca di Indonesia sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah peristiwa El Nino. El Nino adalah suatu anomali menghangatnya di perairan Pasifik bagian tengah dan timur. Dampaknya bagi Indonesia adalah curah hujan sangat berkurang drastis sehingga memicu kekeringan panjang. Fenomena yang memicu kekeringan tersebut terjadi pada lapisan ….
a. biosfer
b. hidrosfer
c. litosfer
d. atmosfer
e. antroposfer
 
Kunci
Objek studi geografi terdiri dari objek material dan objek formal. Objek material geografi adalah lapisan bumi atau geosfer yang terdiri dari atmosfer, hidrosfer, litosfer, biosfer dan antroposfer.

Sementara itu objek formal geografi adalah pendekatan geografi yang terdiri dari pendekatan keruangan, pendekatan kelingkungan dan pendekatan kewilayahan.

Atmosfer adalah lapisan udara
Hidrosfer adalah lapisan air
Litosfer adalah lapisan kerak bumi
Biosfer adalah lapisan kehidupan
Antroposfer adalah lapisan manusia

Dalam soal terdapat deskripsi tentang fenomena El Nino yang mengakibatkan perubahan cuaca di Indonesia. Fenomena cuaca terjadi pada lapisan atmosfer. Gambar: disini
Fenomena El Nino
2.  Beberapa peristiwa :
(1)    Seorang penambang pasir di hilir Sungai Cimanuk meninggal karena terseret aliran sungai yang tiba-tiba datang dengan sangat deras akibat hujan di hulu sungai tersebut.
(2)    Beberapa waktu yang lalu Indonesia mengalami musim kemarau yang panjang akibat peristiwa El Nino.
(3)    Seorang penambang pasir tewas tertimbun runtuhan pasir akibat bukit pasir mengalami longsor saat turun hujan deras.
(4)    Jakarta gagal membuat transportasi air karena dalam uji coba armada, baling-baling motor kapal tersangkut sampah yang banyak terdapat di sungai.
(5)    Hujan yang turun selama dua hari berturut-turut di kawasan Bogor, Puncak dan Cianjur menyebabkan Kampung Pulo – Jakarta Selatan terendam banjir.

Pendekatan kelingkungan sesuai untuk menganalisis dalam mengatasi permasalahn yang ditunjukkan pada angka ….
a. 3) dan 4)
b. 1) dan 2)
c. 1) dan 5)
d. 2) dan 4)
e. 3) dan 5)

Kunci

Pendekatan atau objek formal geografi adalah cara pandang geografi dalam memahami dan mengkaji fenomena geosfer.
 1. Pendekatan keruangan (spatial approach) merupakan pendekatan utama dan ciri khas geografi. Pendekatan ini melihat suatu gejala dari prinsip sebaran, keterkaitan dan deskripsi.
2. Pendekatan kelingkungan (ecological approach) merupakan pendekatan yang digunakan untuk mengkaji suatu gejala atau fenomena geosfer dari sisi interaksi manusia dengan lingkungannya. Pendekatan ini merupakan pendekatan turunan dari disiplin ilmu biologi.
3. Pendekatan kewilayahan (kompleks wilayah) merupakan pendekatan yang berpusat pada konsep region. Region merupakan suatu wilayah yang memiliki kenampakan khas dan dapat dibedakan dengan wilayah lain.
Dalam soal, fenomena yang sesuai kajian pendekatan kelingkungan adalah angka 3 dan 4 karena terdapat aktivitas manusia yang memicu terjadi suatu fenomena.

3. Perbedaan antara objek formal geografi dengan objek material adalah ….
a. objek material geografi lebih sempit dibandingkan dengan objek formalnya
b. objek formal mengkaji geosfer sebagai satu kesatuan yang saling mempengaruhi
c. objek formal lebih menekankan pada interaksi alam dengan aktivitas
d. sasaran objek material geografi adalah geosfer yang memiliki berbagai lapisan dengan karakteristiknya
e. sasaran objek material geografi lebih dipengaruhi oleh jenis pendekatan yang digunakannya

Kunci
Objek studi geografi terdiri atas objek material dan objek formal. Objek material geografi adalah sasaran atau materi kajian geografi yaitu geosfer.
Geosfer terdiri atas beberapa lapisan yaitu:

Atmosfer yaitu lapisan udara yang menylimuti bumi
Litosfer adalah lapisan kerak bumi.
Hidrosfer adalah lapisan air baik itu air tawar maupun air asin
Biosfer adalah lapisan kehidupan tempat mahluk hidup berkembang biak
Antroposfer adalah lapisan manusia 

4. “Wilayah pedesaan memiliki ciri kehidupan masyarakat yang agraris. Oleh karena itu aktivitas ekonomi penduduk desa sangat tergantung pada cuaca serta kondisi tanah. Di samping itu, mereka memerlukan sifat gotong royong dan kekeluargaan yang kuat”. Pernyataan tersebut merupakan contoh penerapan prinsip ....
a. interelasi
b. korologi
c. persebaran
d. deskripsi
e. ekologi

Kunci
Prinsip geografi adalah suatu pedoman dasar dalam pengkajian fenomena geosfer.
Secara teoritis, prinsip-prinsip geografi terdiri atas prinsip distribusi, interelasi, deskripsi dan korologi.

Prinsip distribusi adalah suatu gejala dan fakta yang tersebar tidak merata di permukaan bumi yang mencakup bentang alam, vegetasi, hewan dan manusia.

Dengan memperhatikan dan menggambarkan sebaran fenomena dan fakta dalam ruang, pengkajian persoalan yang berkaitan dengan fenomena dan fakta keruangan dapat terarah dengan baik.

Dasar kedua yang digunakan untuk menelaah dan mengkaji fenomena geosfer adalah dengan prinsip interelasi. Prinsip interelasi adalah suatu hubungan saling keterkaitan dalam ruang antara gejala yang satu dengan gejala lainnya.

Setelah pola sebaran dan fakta geografi dalam ruang terlihat, hubungan antara faktor fisis dengan faktor manusia dapat terungkap. Setiap fenomena pasti akan terkait dengan fenomena lain.

Prinsip deskripsi adalah penjelasan lebih jauh mengenai fenomena geosfer dalam bentuk penyajian seperti peta, grafik, tabel atau statistik.

Deskripsi dalam geografi dapat menggunakan berbagai cara dan yang paling umum adalah dalam bentuk peta atau statistik.

Prinsip korologi adalah prinsip yang komprehensif karena menggabungkan ketiga prinsip geografi sebelumnya. Dalam meninjau gejala, dengan korologi kita bisa melihat lebih jelas dan utuh sebuah fenomena.

Kata kunci dalam soal adalah adanya keterkaitan antara aktivitas ekonomi penduduk dengan kondisi cuaca. Hal ini sesuai dengan prinsip interelasi.

5. Dalam mengkaji fenomena geosfer, geografi menggunakan pendekatan keruangan, artinya ...
a. pendekatan geografi bahwa lingkungan hidup terdiri dari lingkungan fisis dan lingkungan biologis
b. pada hakikatnya suatu wilayah berbeda dengan wilayah yang lainnya
c. dalam suatu tempat di permukaan bumi dapat dipandang perbedaan kenampakan struktur, pola dan proses
d. pendekatan bahwa gejala geografi yang satu dipengaruhi oleh gejala yang lain
e. adanya interaksi antara alam dengan aktivitas manusia

Kunci
Pendekatan geografi terdiri atas pendekatan keruangan, kelingkungan dan kewilayahan. Pendekatan keruangan adalah pendekatan khas geografi. Pendekatan keruangan adalah cara pandang yang menekankan ruang sebagai kajiannya.

Ruang dalam perspektif geografi dapat dilihat dari struktur, pola dan proses. Dalam pendekatan keruangan sangat penting untuk memperhatikan persamaan, perbedaan dan penyebaran penggunaan ruang yang telah ada dan penyebaran ruang yang akan digunakan untuk berbagai kegiatan yang akan direncanakan.