Soal Ujian Bab Lingkungan Hidup + Pembahasan

Halo kawan-kawan sekalian, kali ini kita akan berikan contoh soal geografi lagi. Topik materi yang akan diberikan adalah lingkungan hidup.

Lingkungan hidup adalah suatu kesatuan ekosistem dimana terdapat interaksi antara komponen biotik dan abiotik di dalamnya.

Manusia memanfaatkan lingkungan hidup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sepanjang masa. Akan tetapi masifnya kegiatan manusia membuat lingkungan hidup semakin terancam.

Berbagai macam bencana lingkungan seperti longsor, banjir bandang, pergerakan tanah, abrasi dan lainnya semakin banyak terjadi.

Perlu perhatian khusus untuk menjaga keseimbangan lingkungan agar kehidupan di dalamnya tetap terjaga, harmonis dan seimbang. 

Berikut ini contoh soal lingkungan hidup dan pembahasannya. Soal ada yang bertipe lots dan hots, silahkan dipakai untuk latihan soal atua nambah-nambah soal ujian di sekolah bagi guru.

1. Tindakan pemanfaatan sumber daya alam sesuai dengan prinsip selektif pada konsep pembangunan berkelanjutan adalah ….
a. Menggunakan lahan sesuai urutan prioritas kebutuhan manusia
b. Menggalakan kegiatan reboisasi dan penghijauan di hutan gundul
c. Meningkatkan penelitian untuk mendapatkan sumber energi alternatif
d. Melakukan kegiatan pemisahan sampah organik dan anorganik
e. Mengolah dan menetralisir limbah industri sebelum dibuang

2. Kualitas kehidupan manusia sangat dipengaruhi oleh kualitas lingkungan hidupnya karena ….
a. Hanya manusia yang mampu memanfaatkan lingkungan hidup untuk memenuhi kebutuhan
b. Lingkungan hidup dibentuk manusia sehingga pelestariannya menjadi tanggung jawab manusia
c. Semua kebutuhan pokok manusia diambil secara langsung dari lingkungan
d. Manusia mendapatkan kebutuhan hidupnya dengan memanfaatkan lingkungan
e. Keberagaman lingkungan hidup hanya dimanfaatkan manusia

3. Tingginya pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, dan pencemaran laut di Indonesia. Bahkan pada 2010, Sungai Citarum pernah dinobatkan sebagai Sungai Paling Tercemar di Dunia oleh situs huffingtonpost.com. World Bank juga menempatkan Jakarta sebagai kota dengan polutan tertinggi ketiga setelah Beijing, New Delhi dan Mexico City. Salah satu upaya untuk memulihkan kondisi Citarum berbasis masyarakat adalah ….
a. Melakukan reboisasi di sekitar sungai
b. Membuat perda tentang manajemen limbah pabrik
c. Mengurangi pembuangan limbah domestik ke sungai
d. Tidak mendirikan pabrik di samping  sungai
e. Memberi denda kepada warga yang membuang sampah ke sungai

4. Kebakaran lahan gambut seringkali terjadi di Indonesia khususnya di Kalimantan dan Sumatera. Fenomena ini seringkali muncul saat musim kemarau panjang melanda Indonesia. Kebakaran gambut seringkali menghasilkan kabut asap hingga sampai ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Kebakaran lahan gambut cenderung sulit dipadamkan dikarenakan faktor ….
a. Tanah gambut cenderung tebal
b. Keterbatasan sumber air
c. Durasi musim kemarau yang panjang
d. Sulitnya akses transportasi menuju wilayah kebakaran
e. Kesiapsiagaan pemerintah kurang
 
5. Salah satu teknik pelestarian pertanian adalah metode rotasi tanaman. Yang bukan termasuk manfaat rotasi tanaman adalah ….
a. mengurangi intensitas serangan hama atau penyakit
b. meningkatkan kesuburan tanah
c. mampu membentuk ekosistem mikro yang stabil
d. memenuhi permintaan pasar yang diinginkan.
e. Mengurangi laju erosi permukaan

Kunci Jawaban
1. Salah satu tindakan selektif dalam pemanfaatan sumber daya alam adalah pemanfaatan lahan sesuai dengan prioritas kebutuhan manusia. Ini artinya penggunaan lahan tidak serakah dan tergantung pada kondisi kebutuhan manusia itu sendiri. Diharapkan dengan cara ini lahan tidak akan cepat rusak dan mampu produktif setiap saat.

2. Manusia sangat membutuhkan lingkungan hidup agar mampu bertahan hidup. Kualitas hidup manusia sangat ditentukan sekali dengan kualitas lingkungan. Harus ada simbiosis menguntungkan antara manusia dengan lingkungan.
 
Kerusakan lingkungan akan berdampak pada menurunnya kualitas hidup manusia di dalamnya. Menurunnya kualitas lingkungan akan mengundang bencana di kemudian hari.
 
3. Sungai Citarum adalah salah satu sungai besar di Jawa Barat dan menjadi urat nadi kehidupan masyarakat. Kondisi sungai Citarum saat ini memperihatinkan karena pencemarannya sudah sangat berat.
 
Salah satu upaya pemulihan Citarum berbasis masyarakat adalah dengan meminimalisir limbah domestik masuk ke sungai. Kegiatan masyarakat sekitar sungai adalah faktor utama tercemarnya Citarum selain dari limbah pabrik berat.
 
4. Kebakaran lahan gambut sering melanda Indonesia khususnya pada lahan gambut di Kalimantan dan Sumatra. Kebakaran gambut sangat menyengsarakan masyarakat dan merusak lingkungan. Fenomena ini sering terjadi kala musim kemarau panjang tiba.
 
Kebakaran gambut sulit dipadamkan karena faktor ketebalan gambut sehingga jika api di atas permukaan tanah padam namun bara api sering menjalar sampai ke akar dalam sehingga kebakaran terus berlanjut dalam waktu lama.

5. Rotasi tanaman atau crop rotation adalah teknik rekayasa pertanian dengan melakukan pergiliran tanaman dalam satu tahun. Pada beberapa sistem budidaya tanaman organik, rotasi tanaman sangat direkomendasikan. 
 
Beberapa keunggulan rotasi tanaman adalah mampu mengurangi intensitas serangan hama atau penyakit, meningkatkan kesuburan tanah, serta mampu membentuk ekosistem mikro yang stabil. 
 
Selain itu, di dalam dunia agribisnis pada beberapa jenis komoditas terutama jenis sayuran mampu memenuhi permintaan pasar yang diinginkan.

Mengurangi laju erosi permukaan adalah satu manfaat dari terasering pada lahan miring. 
Rotasi tanaman
Gambar: disini