po Pengalaman Sembuh Telinga Berdenging dan Kliyengan Tinitus - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Februari 8

Pengalaman Sembuh Telinga Berdenging dan Kliyengan Tinitus

Halo kawan-kawan sekalian sobat blogger, kali ini saya akan sedikit bercerita terkait masalah kesehatan yang saya alami.
 
Jadi sekitar dua mingguan yang lalu selepas bangun tidur, tiba-tiba telinga saya bunyi "ngiiiing" disertai badan kliyengan alias keseimbangan kacau.
 
Waduh, meskipun masih bisa melakukan aktivitas namun kepala rasanya cenat-cenut dan bunyi telinga sebelah kanan membuat saya tidak bisa tidur.
 
Akhirnya saya browsing tentang sakit apa sebenarnya ini. Ternyata istilah medis dari telinga bunyi atau berdenging adalah tinitus.

Menurut beberapa literasi, tinitus itu bukan penyakit tapi sensasi alias gejala sekunder. Jadi ada sebab lain yang menyebabkan terjadinya sensasi bunyi di telingan kita.

Tinitus yang saya alami semakin keras saat suasana sunyi, terutama saat mau tidur. Selain itu kepala kliyengan dan kadang detak jantung terdengar keras.

Karena tidak mau berlarut-larut akhirnya saya coba periksa ke dokter THT dan melakukan endoskopi telinga. Hasilnya ternyata gendang telinga sebelah kanan saya tertarik ke belakang sehingga membuat gelembung udara tidak bisa keluar dan membuat sensor jadi kacau.

Selain itu saya cek tensi darah juga 145/95 alias hipertensi, mungkin inilah yang menyebabkan detak jantung terasa kencang di telinga.

Akhirnya dokter memberi resep dekongestan dan obat anti radang. Tinitus yang saya alami mungkin dari kebiasaan saya ngorek kuping kalau gatal atau sedang membersihkan pakai alat seperti sendok kecil.

Jadi bagi teman-teman yang gak mau mengalami sensasi bunyi dengung maka jangan main-main dengan telinga.

Mending langsung ke dokter aja kalau mau bersihkan telinga pakai alat irigasi, dijamin tokcer dan tanpa merusak organ lainnya. 

Penyebab tinitus sebenarnya masih banyak lagi, dan syukurnya yang saya alami bukan karena faktor penyakit yang berat. Jadi jaga baik-baik telinga kalian sobat blogger.
Gendang telinga ketarik ke belakang (endoskopi)

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close