po Trik Menjawab Soal TIU CPNS Tanpa Rumus (Part 1) - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Februari 20

Trik Menjawab Soal TIU CPNS Tanpa Rumus (Part 1)

Halo kawan-kawan sebentar lagi pemerintah akan membuka lowongan CPNS dan PPPK nih, tentunya kalian perlu mempersiapkan diri dengan baik bukan?.

Kali ini saya coba berikan contoh cara mengerjakan tes intelegensi umum (TIU) dengan cepat dan tanpa rumus. Ingat ya kawan-kawan, sebenarnya mengerjakan soal CPNS itu gak perlu itung-itungan rumit sih, yang penting tahu triknya aja. 
 
Silahkan simak contoh soal TIU dan pembahasannya di bawah ini, jangan lupa share blognya ke teman-teman lainnya. Selamat berjuang.
 
Trik TIU CPNS

1. 444,88 :88,4 =
a. 5,033
b. 50,33
c. 51,23
d. 7,881
e. 70,81
 
Kunci
Untuk menjawab soal ini triknya adalah PDKT alias pendekatan. Di soal kan angkanya 444 dan 88. Nah jadi ambil angka paling enak aja gan 400 dan 80. Nah gimana, udah mulai ada gambaran kan?.

Jadi 400 : 80 = 5, jadi tinggal cari jawaban yang ada angka 5 yaitu a.5,033. Lalu koma nya gimana?. Itu abaikan aja yang penting angka utama dapat, karena pilihan jawaban lain gak sama kan?. Oce.

2. 256,374 + 6,246 - 176,27 =
a. 44,55
b. 50,4
c. 86,35
d. 124,45
e. 144,5

Kunci
Ini juga sama gan, pakai pendekatan. Kalau bisa sambil belajar PDKT ma cewe/cowo aja biar keasah instingnya..wkwkkw. Lanjut lagi gan, jadi komanya anggap hilang aja ya.

Ini itu sama dengan konsep angka penting ya mas bro, jadi di soal ini kita jadikan seperti ini:

256 + 6 - 176 = 86 jadi jawabannya jelas C gan. Gimana super cepat kan?.

3. 999% dari 0,637637637 adalah ....
a. 63
b. 64
c. 63,7
d. 0,637
e. 6,37

Kunci
Caranya tentu pakai pendekatan lagi. Apa yang dirubah?. Angka persennya yang 999% kan mendekat ke 1000%. 

1000% = 1000/100 = 10 (ingat persen itu kan per 100, inga..inga) , tinggal 10 x 0,637 = 6,37 jadi jawabannya e.

4. (17 x 125 + 83 x 125) : 25 =
a. 20
b. 200
c. 320
d. 500
e.720

Kunci
Gunakan sifat distributif, jadi angka yang sama keluarkan dari kurung. Jadi seperti ini:

125 (17 + 83) /25 = 5 x 100 = 500

5. 634 + 8 x 125 - 2048 : 64 =
a. 1456
b. 1602
c. 1666
d. 1774
e. 1888
 
Kunci
Ingat buat pendekatan lagi ya, kita akan lihat angka SATUAN saja jadi seperti ini:
634 + 8 x 125 - 2048 : 64 =
4 + 0 (dari 8x5 = 40, ambil 0 nya) -2 (dari 8 bagi 4) 
= 2
 
Jadi jawabannya lihat yang ada satuan 2, pastinya b. Gimana?. baru kepikiran sekarang kan model matematika kaya gini?. 
 
Nah ini adalah hitungan paling dasar dulu ya, jadi silahkan untuk dipelajari, diresapi dan dimasukan ke dalam kepala. Untuk contoh soal lain saya akan upload bertahap. Jangan lupa share dan like blognya. 

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close