Rangkuman Geografi Kelas 11 Bab Ketahanan Pangan - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Maret 9

Rangkuman Geografi Kelas 11 Bab Ketahanan Pangan

Indonesia merupakan negara agraris dengan mayoritas penduduk bergerak di bidang pertanian. Sejak jaman nenek moyang, masyarakat kita sudah terbiasa mengandalkan sektor pertanian sebagai mata pencaharian.

Kondisi pangan Indonesia sejatinya tidak akan rapuh jika melihat potensi agraris di seluruh wilayah. Akan tetapi ketahanan pangan setiap wilayah kini mulai terancam karena faktor alam maupun non alam.

Krisis pangan seringkali terjadi dan harga-harga sering melonjak pada saat tertentu dan kadang stok pangan hilang di pasaran. Hal ini akan berdampak pada pemenuhan pangan masyarakat.
 
Jagung sumber karbohidrat pengganti beras
Berikut ini rangkuman materi bab ketahanan pangan kelas 11, semoga bermanfaat.

1. Ketahanan Pangan menurut UU No. 18/2012 adalah kondisi terpenuhinya Pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan.

2.  Kedaulatan Pangan adalah hak negara dan bangsa yang secara mandiri menentukan kebijakan Pangan yang menjamin hak atas Pangan bagi rakyat dan yang memberikan hak bagi masyarakat untuk menentukan sistem Pangan yang sesuai dengan potensi sumber daya lokal.

3. Kemandirian Pangan adalah kemampuan negara dan bangsa dalam memproduksi Pangan yang beraneka ragam dari dalam negeri yang dapat menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang cukup sampai di tingkat perseorangan dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam, manusia, sosial, ekonomi, dan kearifan lokal secara bermartabat.

4. Keamanan Pangan adalah kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah Pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia, dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan, dan membahayakan kesehatan manusia serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi.

5. Faktor ketahanan pangan nasional diantaranya kondisi cuaca dan iklim, kondisi ekonomi, politik, sosial dan keamanan, sarana dan prasarana, teknologi, luas lahan.

6. Tiga komponen kebijakan ketahanan pangan adalah ketersediaan pangan, keterjangkauan pangan dan kualitas makanan dan nutrisi.

7. Lahan pertanian terbagi menjadi lahan sawah dan lahan pertanian bukan sawah.

6. Lahan sawah terdiri dati lahan sawah irigasi, sawah tadah hujan, sawah pasang surut, sawah lebak dan polder.

7. Lahan pertanian bukan sawah adalah semua lahan pertanian selain lahan sawah, terdiri atas tegalan, ladang dan lahan sementara yang tidak diusahakan.
 
8. Tanaman hortikultura adalah tanaman yang dibudidayakan di kebun dengan beberapa macam tanaman seperti frutikultura, olerikultura, florikultura, biofarmaka.
 
9. Menurut kegiatan usahanya, perkebunan terbagi menjadi perkebunan rakyat dan perkebunan besar.
 
10. Komoditas pangan andalan Indonesia diantaranya padi, jagung, singkong, kedelai, sayuran dan buah-buahan tropis.
 
11. Perikanan budi daya adalah kegiatan untuk memproduksi biota akuatik di lingkungan terkendali dalam rangka mendapatkan keuntungan.
 
12. Komoditas perikanan tawar Indonesia diantaranya ikan mas, mujair, gurame, nila dan lele.
 
13. Komoditas budi daya perikanan laut Indonesia diantaranya rumput laut, mutiara, kerapu, kerang hijau, bandeng dan udang lobster.
 
13. Agropolitan adalah kota pertanian yang tumbuh dan berkembang karena berjalannya sistem dan usaha agribisnis serta mampu melayani, mendorong, menarik, menghela kegiatan pembangunan pertanian di wilayah sekitarnya. 

14. Peternakan adalah usaha pmbudidayaan hewan ternak tertentu dengan tujaun pemenuhan kebutuhan hidup manusia.

15. Ternak dikelompokkan menjadi kelompok ternak besar, ternak kecil, ternak unggas dan aneka ternak.

Bagikan postingan ini.

Give us your opinion
Buka Komentar
Tutup Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close

Iklan Melayang