Rute Perjalanan Tasik ke Pangandaran via Jalur Selatan Cikatomas-Cijulang - Guru Geografi
News Update

Jumat, Desember 31

Rute Perjalanan Tasik ke Pangandaran via Jalur Selatan Cikatomas-Cijulang

Halo teman-teman, udah lama nih gak buka blog karena kemarin lagi sibuk liburan akhir tahun. Saya akan bercerita sedikit mengenai perjalanan saya dari Tasikmalaya ke Pangandaran lewat jalur selatan.

Jadi selepas tiba di rumah kakek di Sukaraja Tasikmalaya, saya dan keluarga merencanakan untuk pergi liburan ke Pangandaran karena udah 10 tahun lebih gak pernah ke sana. Terakhir itu pas masih kuliah sekitar taun 2008an.

Sebelum berangkat saya cek dulu google map untuk melihat rute paling dekat dari rumah, dan akhirnya muncul rute selatan. Katanya sih kondisi jalannya sudah bagus, jadi langsung gaspol saja.

Kalau ke Pangandaran lewat jalur utama ke Ciamis-Banjar pastinya akan mutar dulu ke kota jadi nampaknya harus coba jalur yang beda.

Saya beserta isteri dan dua anak saya lalu berangkat di hari selasa pagi pakai mobil tentunya. Start dari rumah sekitar pukul 9 pagi. Rencana kami nginap 1 malam saja sudah cukup.

Langsung setelah semua perlengkapan siap, kami berangkat dengan kondisi cuaca yang sangat baik, tidak nampak ada awan hujan menggelantung di atmosfer. Mobil saya pacu dari Sukaraja menuju arah Cikatomas, belokannya ke arah kiri dari jalur utama menuju Jatiwaras.
Jalur selatan rusak di Jatiwaras-Cikatomas

Disini kondisi jalan masih mulus dengan kontur naik turun dan banyak bis-bis dari arah selatan. Hutan-hutan bambu dan perhutani banyak di sepanjang perjalanan.

Nah selepas Jatiwaras yang jalannya masih mulus, ternyata dekat Salopa jalan udah mulai ancur bos. Hal ini karena pengaruh longsor di beberapa titik. Jadi sekitaran 10 km dari Jatiwaras sampai pusat kota Cikatomas itu jalanan mulai gak jelas deh. Saya teringat jaman SMA dulu waktu jalur ini masih full bebatuan pokonya.

Memang wilayah Salopa-Cikatomas ini rawan erosi jadi saat hujan cepat amblas. Jadi perjalanan agak melambat karena pengaruh kondisi jalan.

Sampai di Cikatomas kami istirahat dulu di mesjid dekat alun-alun untuk melonggarkan otot. Jam menunjukkan pukul 11 siang. Artinya dari Sukaraja menuju Cikatomas saja ditempuh 2 jam perjalanan dengan kondisi jalan sebagian rusak, lumayan juga.

Sekitar 15 menit kami istirahat di mesjid untuk minum dan ngemil dikit agar ada tenaga dan konsentrasi tetap terjaga. Selepas itu perjalanan kemudian dilanjutkan menuju arah Pancatengah. Dari pertigaan pom bensin pertamina Cikatomas belok ke kiri.

Nah bagi kalian yang bensinnya udah setengah atau mau habis, disarankan untuk isi full dulu di pom bensin Cikatomas ini karena selepas itu tidak ada lagi pom bensin besar sampai dengan Cijulang.

Jalur ini juga sama arahnya menuju Curug Dengdeng, beberapa tahun lalu sempat naik motor ke sana. Setelah pertigaan ini, jalanan sudah kembali mulus hotmik dan tidak ada jalan rusak seperti di daerah Jatiwaras sampai perbatasan Cikatomas.

Pemandangan mulai banyak dihiasi pesawahan dan perkebunan cokelat hingga arah Pancatengah. Kemarin jalanan sangat sepi sekali karena mungkin kebanyakan masih menunggu H-1 Tahun Baru.

Setelah perjalanan 45 menit kami tiba di wilayah Cimerak dan kontur jalan mulai rata dengan pemandangan pohon kelapa yang mulai banyak terhampar di kanan kiri jalan. Ini tandanya kami sudah mulai masuk wilayah pesisir. Di beberapa titik, jalan ada yang bertipe beton.
Jalur Cimerak-Cijulang

Selepas Cimerak kemudian akhirnya kami masuk wilayah Cijulang dan mentok di pertigaan jalan raya Cijulang Pangandaran, kami lalu belok kiri menuju arah Pantai Batu Karas, Green Canyon dan Pangandaran.

Dari sini karena sudah masuk jalur utama, kendaraan mulai padat. Dari pertigaan Cimerak ini menuju Pangandaran sekitaran 30 km, jadi lumayan jauh juga tapi jalannya lebar dan mulus.

Setelah kurang lebih 4 jam perjalanan akhirnya kami tiba di pantai barat Pangandaran dengan selamat. Kondisi Pangandaran kemarin masih belum terlalu ramai jadi untuk berwisata masih enak tidak padat.
Pertigaan Cijulang-Pangandaran

Itulah sedikit cerita perjalanan dari Tasikmalaya ke Pangandaran lewat jalur Cikatomas-Pancatengah-Cijulang. Secara umum kondisi jalan 90% bagus hanya di daerah Jatiwaras sampai perbatasan Cikatomas yang rusak karena banyak longsor.

Jadi bagi traveler yang ingin mencoba jalur ini silahkan saja, karena sangat sepi sekali dan bisa menghemat waktu. Selain itu kita bisa mendapatkan pengalaman dan cerita baru melihat wilayah-wilayah yang belum pernah dilewati sebelumnya.

Nampaknya sih kalau pakai motor rame-rame lebih asik untuk traveling lewat jalur selatan ini. Selamat berlibur dan tetap utamakan keselamatan. Jangan lupa baca doa sebelum riding dan utamakan sholat.

Agnas Setiawan, Guru Geografi

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.