LKPD [Lembar Kerja Peserta Didik] Sejarah Indonesia Bab Sejarah Pendudukan Jepang - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Januari 23

LKPD [Lembar Kerja Peserta Didik] Sejarah Indonesia Bab Sejarah Pendudukan Jepang

Restorasi Meiji awal perubahan Jepang menuju modernisasi
Langsung saja ya teman-teman bapak/ibu guru Sejarah Indonesia, di postingan ini saya berikan contoh LKPD alias Lembar Kerja Peserta didik atau LKS atau workhseet atau apalah istilahnya podo wae.

Saya sendiri sudah hampir 3 tahun ngajar sampingan pelajaran Sejarah jadi ya terpaksa buat LKPD. Topik yang akan saya bagikan adalah materi kelas 11 yaitu Sejarah Pendudukan Jepang.

Meski Jepang pernah menjajah Indonesia dalam waktu singkat, namun penderitaannya tetap panjang. Bagaimana Jepang yang pada dasarnya adalah negara Asia bisa melakukan penjajahan di nusantara?.

Dahulu Jepang adalah sebuah wilayah teritorial yang tertutup dan terisolasi dari dunia luar. Masyarakatnya miskin dan banyak bergantung pada sektor pertanian. Jepang dipimpin oleh seorang Kaisar atau Raja dan dibantu oleh Shogun dan Daimyo.

Peperangan antar klan dengan rounin sebagai garda terdepan juga biasa terjadi di Jepang. Di era Rezim Tokugawa, Jepang memberlakukan kebijakan isolasi dari dunia luar, kecuali beberapa negara saja.

Pelabuhan tidak diperkenankan menerima tamu kapal dari luar termasuk di ibukota Edo, kecuali di beberapa lokai saja seperti Nagasaki.

Hal ini membuat negara ini sangat lambat berkembang sampai akhirnya perubahan besar terjadi di era Meiji. Kedatangan kapal hitam (Back Ship) dari Amerika Serikat di bawah pimpinan Commodor Perry membuka mata Jepang bahwa mereka sangat jauh tertinggal dan bisa dengan mudah dihancurkan jika tidak berubah.

Sejak itulah era Restorasi Meiji terjadi, dimana Jepang membuat perjanjian dengan Amerika Serikat untuk membuka diri. Dari sinilah berbagai perubahan di berbagai bidang mulai terjadi.

Dalam waktu relatif singkat Jepang berubah menjadi negara berkembang dalam ilmu pengetahund dan teknologi hingga akhirnya bisa bersaing dengan negara barat dan melakukan ekspansi ke Indonesia.

Berikut ini contoh LKPD Pertemuan Pertama Sejarah Pendudukan Jepang, silahakn di download. File saya upload di drive, jadi tinggal klik icon di pokok kanan atas.

DOWNLOAD FILE LKPD SEJARAH DI BAWAH
👇👇👇👇

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close