Prediksi Soal UTBK Geografi 2022 Bab Dinamika Hidrosfer - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Februari 28

Prediksi Soal UTBK Geografi 2022 Bab Dinamika Hidrosfer

Hai teman-teman kita lanjut lagi ya bahas soal UTBK dengan topik dinamika laut. Laut adalah suatu cekungan luas yang terisi oleh air asin.

Laut menyimpan berbagai misteri di dalamnya dan sampai saat ini manusia masih berlomba-lomba meneliti tentang perairan asin ini.
 
Soal-soal UTBK topik dinamika hidrosfer perlu menjadi perhatian anak-anak, karena banyak memuat istilah-istilah terkait fenomena oseanografi.
 
Pilihlah jawaban yang tepat diantara a, b, c, d atau e!.
1. Perhatikan faktor-faktor berikut:
1)    Salinitas air laut
2)    Relief dasar laut
3)    Kecepatan angin
4)    Gelombang laut
5)    Temperatur laut
Arus laut dipengaruhi oleh faktor ….
a. 1, 3, dan 4
b. 2, 3, dan 5
c. 3, 4, dan 5
d. 1, 2, dan 3
e. 1, 3, dan 5
 
2. Pada musim dingin, pelabuhan di wilayah pantai barat daya Eropa tidak membeku. Kondisi ini dipengaruhi oleh adanya pengaruh arus ….
a. Gulfstream
b. Labrador
c. California
d. Brasil
e. Oyashio

3. Pergerakan benda langit memengaruhi fenomena hidrosfer. Contohnya adalah bila matahari, bulan dan bumi ada pada fase garis lurus maka akan terjadi ...
a. pasang perbani
b. upwelling
c. pasang purnama
d. downwelling
e. tsunami

4. Nama-nama laut:
1)    Laut Arafuru
2)    Laut Jawa
3)    Laut Flores
4)    Laut Banda
5)    Laut Sulawesi
Laut dalam di Indonesia ditunjukkan angka ….
a. 3, 4, dan 5
b. 2, 3, dan 4
c. 1, 2, dan 3
d. 1, 4, dan5
e. 2, 4, dan 5

Kunci
1. Gerakan air laut terbagi menjadi gelombang dan arus. Gelombang laut merupakan pergerakan massa air dengan arah vertikal atau naik turun sementara arus laut adalah gerakan massa air dari suatu tempat (posisi) ke tempat yang lain.

Arus laut terjadi disebabkan oleh faktor kecepatan angin, salinitas dan temperatur. Angin merupakan salah satu gaya utama yang menyebabkan timbulnya arus laut selain gaya yang timbul akibat dari tidak samanya pemanasan dan pendinginan air laut. Perbedaan panas yang diterima lautan akan menyebabkan perbedaan densitas air laut sehingga massa air akan bergerak dari satu lautan ke lautan lainnya.

2. Arus laut menurut suhunya terbagi menjadi arus hangat dan arus dingin. Salah satu jenis arus hangat adalah Gulfstream. Gulf Stream adalah arus laut yang kuat, bergerak cepat, hangat yang berasal dari Teluk Meksiko dan mengalir ke Samudera Atlantik. Dampak terbesar Gulf Stream terhadap cuaca adalah di Eropa. Karena mengalir ke wilayah Laut Atlantik Utara Maka Gulfstream membantu menjaga tempat-tempat seperti Irlandia dan Inggris jauh lebih hangat daripada yang seharusnya saat musim dingin.
 
Peta Arus Gulfstream

3. Pasang surut adalah perubahan gerak relatif dari materi suatu planet, bintang dan benda angkasa lainnya yang diakibatkan aksi gravitasi benda-benda angkasa di luar materi itu berada. Salah satu jenis pasang surut adalah pasang surut atmosfer. Pasang surut atmosfer adalah gerakan atmosfer bumi yang diakibatkan oleh adanya aksi gravitasi dari matahari dan bulan atau benda langit lainnya.

Bila posisi bulan, bumi dan matahari terletak dalam satu garis, maka gaya tarik bulan dan matahari masing-masing memberikan kontribusinya pada pembentukan pasut. Posisi ini terjadi pada saat bulan baru dan pada saat bulan purnama. Pasang surut yang terbentuk mempunyai tinggi yang maksimum dan dikenal sebagai pasang purnama (spring tide).
 
 4. Indonesia merupakan negara kepulauan yang dipisahkan oleh laut-laut dangkal maupun dalam. Laut dangkal memiliki kedalaman 0 sampai sekitar 200 meter dimana sinar matahari bisa tembus ke dasar laut. Contoh laut dangkal diantaranya Laut Jawa dan Laut Arafuru. Laut dalam adalah laut yang kedalamannya lebih dari 200 meter dan sinar matahari sudah sangat redup hingga gelap di dasar laut. Contoh laut dalam adalah Laut Banda, Laut Flores dan Laut Sulawesi.

Sumber gambar: https://scijinks.gov/
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close