Soal PTS/PAS HOTS Dinamika Litofser + Pembahasan - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Maret 1

Soal PTS/PAS HOTS Dinamika Litofser + Pembahasan

 

Soal Prediksi UTBK Soshum 2022

Para pejuang UTBK merapat ya di blog ini, kita akan mulai banyak bahas contoh soal-soal UTBK geografi dan pembahasannya. Selamat berjuang.

Kali ini kita bahas dulu contoh prediksi UTBK bab dinamika litosfer, check it out!.

Pilihlah jawaban yang tepat diantara a, b, c, d atau e!.
1. Tanah humus adalah salah satu jenis tanah yang banyak ditemukan di wilayah hutan tropis Indonesia. Dari sifat fisiknya, tanah humus cenderung memiliki warna ...
a. coklat gelap
b. putih terang
c. merah gelap
d. abu-abu
e. kuning kemerahan

2. Unsur-unsur:
1.    pH
2.    Nitrogen
3.    Fosfor
4.    Argon
5.    Metana
Unsur kimia tanah yang penting pada tanah ditunjukkan angka ...
a. 2, 4 dan 5
b. 1, 4 dan 5
c. 2, 3 dan 4
d. 3, 4 dan 5
e. 1, 2 dan 3
 
3. Kerusakan tanah seringkali terjadi dikarenakan pengaruh erosi. Erosi yang terjadi karena pengaruh aliran air disebut dengan ...
a. ablasi
b. deflasi
c. ekharasi
d. abrasi
e. korosi

4. Perhatikan karakteristik berikut.
 1) menanam vegetasi pada lahan kosong
 2) melakukan penanaman secara berselang-seling
 3) contoh cara penanaman yaitu antara deretan tanaman kacang tanah terdapat deretan jagung
Karakteristik tersebut sesuai dengan metode pelestarian tanah, yaitu metode...
a. terracing
b. wind breaks
c. strip cropping
d. crop rotation
e. buffering
 
5. Tanah gambut dapat dijumpai di beberapa wilayah Indonesia seperti Kalimantan dan Sumatera. Pada dasarnya tanah gambut sulit untuk ditanami tanaman budidaya karena sifat fisik dan kimianya kurang mendukung. Upaya penanganan terbaik untuk tanah gambut adalah ...
a. dikembalikan menjadi hutan
b. dibakar agar diubah jadi kebun sawit
c. membuat kanal untuk pengairan
d. ditaburi kapur agar tanah menjadi netral
e. diberi pupuk organik

6. Pembuatan terasering pada lahan sawah bertujuan untuk mengurangi erosi permukaan.
SEBAB
Metode terasering adalah salah satu metode vegetatif pengawetan tanah.
a. Jika pernyataan benar, alasan benar dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat
b. Jika pernyataan salah, alasan benar
c. Jika pernyataan benar, alasan salah
d. Jika pernyataan benar, alasan benar namun keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat
e. Jika pernyataan salah, alasan salah

7. Kerusakan tanah selain di wilayah perkotaan kini mulai terjadi di wilayah pedesaan. Penyebab fenomena tersebut antara lain …
1.    Adanya kegiatan wisata
2.    Pengguna pestisida
3.    Limbah domestik warga
4.    Adat istiadat mulai longgar
a. Jika 1, 2 dan 3 benar
b. Jika 1 dan 3 benar
c. Jika 4 saja yang benar
d. Jika 2 dan 4 benar
e. Jika semua jawaban benar

8. Keterbatasan lahan di perkotaan menjadi salah satu hambatan dalam kegiatan pertanian karena tanaman memerlukan media untuk tumbuh. Salah satu alternatif untuk melakukan kegiatan pertanian di wilayah perkotaan padat penduduk adalah ...
a. Crop rotation
b. Hanging garden
c. Contour strip
d. Guludan
e. Terasering

9. Bahan organik berperan penting dalam menentukan kemampuan tanah untuk
mendukung  pertumbuhan  tanaman. Tanah berkadar bahan organik rendah berarti kemampuan tanah mendukung produktivitas tanaman rendah. Hasil dekomposisi bahan organik berupa hara makro, makro sekunder dan hara mikro. Kelompok yang termasuk unsur hara makro sekunder adalah ...
a. Ca
b. N
c. P
d. K
e. Fe

10. Pencemaran daratan/ tanah pada umumnya berasal dari limbah padat yang
dibuang atau dikumpulkan di suatu tempat penampungan baik yang bersifat
sementara maupun tetap. Salah satu dampak tidak langsung dari pencemaran tanah adalah ...
a. polusi berupa bau busuk
b. lingkungan kumuh dan tidak sehat
c. mengganggu saluran air
d. munculnya demam berdarah
e. merusak keindahan kota

Kunci
1. Keadaan struktur tanah sangat berpengaruh terhadap sifat-sifat fisik tanah yang lain seperti struktur tanah , porositas tanah, dan warna tanah. Tanah humus akan terlihat berwarna coklat gelap karena berasal dari pembusukan bahan organik. Gitu ya gaes.

2. Tanah adalah bahan bentukkan alam yang terdiri dari komponen organik dan anorganik. Kandungan unsur-unsur  kimia pada tanah mempengaruhi terhadap kesuburan tanah. Unsur-unsur kimia yang penting pada tanah diantaranya adalah pH, nitrogen, fosfor, kalium dan kapasitas tukar kation. Jadi jawabannya adalah e.

3. Erosi tanah merupakan peristiwa terangkatnya bagian- bagian tanah, terutama lapisan teratas pada tanah dan diendapkan ke tempat lain. Erosi tanah ini dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya ablasi. Ablasi merupakan erosi tanah yang dilakukan oleh tenaga air. Jadi tanah terkikis akibat adanya aliran air. Peristiwa ablasi ini sering terjadi di daerah yang memiliki curah hujan yang tinggi.

4. Salah satu metode vegetatif konservasi tanah adalah strip cropping. Penanaman menurut strip (strip cropping) dilakukan dalam satu bidang lahan yang ditanami tanaman dengan jarak tanam tertentu dan berselang-seling dengan jenis tanaman lainnya searah kontur.

5. Tanah gambut adalah tanah yang memiliki kesuburan yang kurang baik. Pada tanah gambut tidak dapat ditanami, seperti tanaman padi tidak dapat tumbuh di
tanah gambut. Karena tidak dapat ditanami lagi, maka sebaiknya tanah gambut dihutankan atau dengan kata lain tanah gambut dijadikan hutan. Jangan sampai kekeringan karena tanah gambut bisa amblas.

6. Terasering adalah penanaman dengan membuat teras-teras yang dilakukan untuk mengurangi panjang lereng dan menahan atau memperkecil aliran permukaan agar air dapat meresap ke dalam tanah. Terasering termasuk dalam metode mekanik pengawetan tanah.

7. Kerusakan tanah dapat disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari faktor alam hingga manusia. Di kota, pencemaran tanah umum dijumpai karena aktivitas manusia yang tinggi. Saat ini dikarenakan interaksi desa dan kota yang semakin kuat, pencemaran tanah juga mengancam wilayah pedesaan. Hal ini disebabkan oleh faktor seperti kegiatan wisata di desa, penggunaan pestisida untuk pertanian dan limbah domestik warga desa.

8. Hanging garden atau kebun vertikal adalah salah satu alternatif solusi untuk melakukan kegiatan pertanian di wilayah perkotaan padat penduduk. Tanaman tidak perlu memerlukan lahan tanah yang luas, tapi dibuat menggantung atau tegak dengan menggunakan media seperti pot, plastik, paralon, atau media lainnya. 

9. Bahan organik berperan penting dalam menentukan kemampuan tanah untuk mendukung pertumbuhan tanaman. Peran bahan organik  adalah  meningkatkan  kesuburan tanah, memperbaiki struktur tanah, meningkatkan kemampuan tanah memegang air, meningkatkan pori-pori tanah, dan memperbaiki media perkembangan mikroba tanah. Hasil dekomposisi bahan organik berupa hara makro yaitu N, P dan K, hara sekunder yaitu K, Mg dan S dan hara mikro seperti Fe, Mn, Sn.

10. Pencemaran tanah mengakibatkan dampak langsung maupun tidak langsung bagi kehidupan. Dampak tidak langsung pencemaran tanah diantaranya munculnya penyakit menular akibat limbah sampah di tanah yang menjadi pusat berkembangbiaknya hewan parasit seperti tikus, serangga, nyamuk, belatung dan lainnya.
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close