Kunci Jawaban dan Pembahasan OSK Geografi 2018 Nomor 51-55 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Senin, Mei 16

Kunci Jawaban dan Pembahasan OSK Geografi 2018 Nomor 51-55

Hey kawan-kawan, kita lanjut lagi ya untuk membahas kunci jawaban soal OSK Geografi 2018 nomor 51-55. Simulasi OSN udah makin dekat, maka kamu harus semakin gas lagi belajarnya.

Jangan lupa untuk selalu share postingan di blog ini ke teman-teman kamu di grup medsos ya. Selamat berjuang menjadi yang terbaik!.

51. Kenichi Ohmae mengembangkan konsep tentang globalisasi yang dikenal sebagai:
a. Global understanding
b. Small world
c. Borderless world
d. Competitive advantage
e. Comparative advantage

Pembahasan
Globalisasi telah menempatkan daerah menjadi pemain inti dalam sebuah perekonomian. Seperti yang diungkapkan oleh Kenichi Ohmae (1934) dalam tulisannya “The Borderless World”, bahwa pemeran utama dalam kegiatan perekonomian pada era globalisasi adalah corporation dan region.

52. Lokasi erat hubungannya dengan keberhasilan suatu usaha. Berikut ini beberapa konsep tentang lokasi, kecuali:
a. Central Place Theory
b. Teori Lokasi Pertanian
c. Teori Lokasi Industri
d. Teori Agropolitan
e. Teori Tempat Pusat

Pembahasan
Kawasan agropolitan adalah kawasan yang terdiri atas satu atau lebih pusat kegiatan pada wilayah perdesaan sebagai sistem produksi pertanian dan pengelolaan sumber daya alam tertentu yang ditunjukkan oleh adanya keterkaitan fungsional dan hierarki keruangan satuan sistem permukiman dan sistem agrobisnis. Ada kata 'agro' pastinya berkaitan dengan usaha pertanian.

53. Negara seperti halnya manusia, memerlukan mitra untuk berkembang. Berikut beberapa organisasi di antara negara-negara yang berdekatan, kecuali:
a. OPEC
b. APEC
c. ASEAN
d. NAFTA
e. EC

Pembahasan
OPEC adalah singkatan dari Organization of the Petroleum Exporting Countries. OPEC merupakan organisasi berisikan negara pengekspor minyak bumi. Indonesia bergabung menjadi anggota organisasi OPEC pada tahun 1962. Negara anggota OPEC tersebar di seluruh benua, tidak berdekatan satu sama lain.
Anggota OPEC

54. ASEAN adalah organisasi negara-negara di Asia Tenggara dengan kantor pusatnya di:
a. Bangkok
b. Manila
c. Jakarta
d. Kuala Lumpur
e. Singapura

Pembahasan
Kantor pusat Asean atau kantor sekjen Asean berada di negara Indonesia tepatnya di Jalan Sisingamaraja 70A Jakarta Selatan Indonesia.

55. Organisasi usaha yang memiliki konsep “Pemilik adalah pelanggan” sebagai prinsip dasarnya adalah:
a. Perseroan Terbatas
b. BUMN
c. BUMD
d. Koperasi
e. e-business

Pembahasan
Anggota koperasi adalah pemilik koperasi sekaligus sebagai pengguna jasa koperasi. Sebagai seorang pemilik, anggota memiliki kewajiban untuk berpartisipasi dalam penyertaan modal koperasi dengan membayar simpanan, melakukan pengawasan dan pemegang kekuasaan tertinggi dalam Rapat Anggota, sedangkan sebagai pengguna jasa atau pelanggan, anggota koperasi wajib untuk memanfaatkan fasilitas, layanan, dan jasa yang disediakan oleh koperasi.
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close