Pembahasan Kunci Simulasi OSN Geografi 2022 No 1-5 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, Mei 19

Pembahasan Kunci Simulasi OSN Geografi 2022 No 1-5

Halo adik-adik, tentunya kalian sudah melaksanakan simulasi OSN Geografi secara daring kan kemarin dan pastinya soal-soal banyak diambil dari taun-tahun lalu.

Berhubung saya udah ada soalnya, jadi kita coba bahas ya supaya lebih bisa membantu kalian untuk persiapan OSN minggu depan.

Jangan lupa share blognya ke teman-teman di grup medsos kalian ya!.
1. Insolasi tertinggi di ekuator terjadi pada musim ....
a. dingin di belahan bumi utara
b. semi di belahan bumi utara
c. panas di belahan bumi utara
d. dingin di belahan bumi selatan
e. panas di belahan bumi selatan

Kunci
Kalian harus paham dulu apa itu insolasi ya. Radiasi matahari yang tiba di permukaan bumi per satuan luas dan waktu dikenal sebagai insolasi (berasal dari insolation = incoming solar radiation), atau kadang-kadang disebut sebagai radiasi global, yaitu radiasi langsung dari matahari dan radiasi yang tidak langsung (dari langit) yang disebabkan oleh hamburan dari partikel atmosfer.

Insolasi ini dipengaruhi oleh gerak semu tahunan matahari. Insolasi tertinggi di ekuator terjadi saat fenomena ekuinoks atau matahari tepat di atas ekuator yaitu 21 Maret dan 23 September.  Ketika terjadi ekinoks, area ekuator mendapat insolasi maksimum dan semakin berkurang ke arah lintang tinggi. 

Pada 21 Maret di belahan bumi utara sedang musim semi, sementara saat 23 September di belahan bumi utara sedang musim gugur. Ini kalian harus paham tentang gerakan semu tahun matahari dan perubahan musim di belahan bumi utara dan selatan.
Gerak semu matahari dan perubahan musim

2. Akibat perbedaan pemanasan yang tidak merata di seluruh permukaan bumi maka terjadilah gerak udara. Jika gerak udara tersebut memiliki lintasan tertutup maka akan membentuk ....
a. vortisitas
b. turbulensi
c. sirkulasi
d. pusaran udara
e. salah semua

Kunci
Perbedaan pemanasan menyebabkan kerapatan udara mengalami perbedaan sehingga terjadilah aliran udara dari daerah yang bertekanan minimum ke daerah bertekanan maksimum. Massa udara hangat cenderung akan memuai dan naik ke atas sementara udara yang dingin cenderung lebih rapat sehingga akan cenderung berada di bagian bawah. Gerakan ini disebut sirkulasi.

Menurut Soenarmo (1999), penyebab utama adanya gerakan yang membentuk sirkulasi atmosfer baik horizontal maupun vertikal adalah: 
1. Ketidakseimbangan panas dan momentum antara lintang tinggi dengan lintang rendah dan antara permukaan bumi dan atmosfer. 
2. Topografi permukaan bumi. 
3. Distribusi permukaan, darat dan air.

3. Diantara albeldo berikut ini yang paling besar adalah albeldo dari ....
a. awan
b. permukaan daratan
c. permukaan rumput
d. es di kutub
e. lautan

Kunci
Dilansir wikipedia, Albeldo merupakan sebuah besaran yang menggambarkan perbandingan antara sinar Matahari yang tiba di permukaan bumi dan yang dipantulkan kembali ke angkasa dengan terjadi perubahan panjang gelombang (outgoing longwave radiation). Perbedaan panjang gelombang antara yang datang dan yang dipantulkan dapat dikaitkan dengan seberapa besar energi matahari yang diserap oleh permukaan bumi.

Albeldo paling besar adalah permukaan es, cek di bawah ini. Karena es di kutub berperan seperti kaca, memantulkan kembali sinar matahari.

Albeldo semakin tinggi maka sinar semakin banyak dipantulkan sementara albeldo kecil maka sinar semakin banyak diserap suatu benda.
Ilustrasi albeldo 

4. Gelombang elektromagnetik berikut ini yang memiliki energi radiasi terbesar ....
a. sinar X
b. sinar gamma
c. sinar UV
d. gelombang radio
e. infrared

Kunci
Energi radiasi terbesar dipancarkan oeh sinar gamma seperti dari sumber radioaktif. Cek di diagram berikut, pahami tentang panjang gelombang, warna gelombang dan frekuensinya. Cek di bawah, pahami setiap indikatornya ya anak-anak.

Diagram radiasi gelombang elektromanetik

5. Perbedaan nyata antara iklim dan cuaca adalah ....
a. iklim mencakup wilayah yang luas, sedangkan cuaca mencakup wilayah yang lebih sempit
b. iklim memiliki rentang waktu yang lebih panjang dibanding cuaca
c. iklim dapat mempengaruhi kegiatan manusia baik secara langsung maupun tidak, cuaca tidak berpengaruh secara signifikan
d. iklim mencakup wilayah yang luas dan waktu yang panjang sementara cuaca mencakup wilayah yang sempit dan waktu yang singkat
e. cuaca bisa membentuk bioma khas suatu daerah sedangkan iklim tidak bisa

Kunci
Perbedaan paling mendasar dari iklim dan cuaca adalah soal waktu, karena iklim itu waktunya panjang sementara cuaca itu singkat. Yang mempengaruhi kegiatan manusia secara langsung itu adalah cuaca sementara iklim tidak langsung. Kalau dalam hal luas, ada konsep iklim mikro seperti iklim di wilayah tertentu karena kondisi geografis spesifik dan unik. Jadi waktu/durasi adalah acuan paling utama.

Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close