Pembahasan OSP SMP IPS 2019 No 1-10 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Mei 13

Pembahasan OSP SMP IPS 2019 No 1-10

Halo kawan-kawan pejuang OSN IPS SMP setanah air Indonesia, kita lanjut nih bahas kunci OSP IPS tahun 2019 setelah sebelumnya udah bahas yang OSK.

Soal OSP ini level kesulitannya tentu akan lebih meningkat, jadi pastikan kalian selalu update materi dan latihan soal-soalnya ya!.

1. Banyak orang berasumsi bahwa Raflesia Arnoldi sama dengan bunga Bangkai. Manakah pernyataan berikut ini yang benar ….
A. Bunga Bangkai mempunyai nama latin amorphophallus titanum
B. Bunga Raflesia mempunyai bentuk yang menjulang ke atas
C. Bunga Bangkai memiliki bentuk yang lebar membulat ke samping
D. Bunga Raflesia termasuk ke dalam keluarga talas-talasan

2. Hutan merupakan salah satu kekayaan sumber daya alam yang harus dijaga kelestariannya. Akan tetapi saat ini banyak terjadi penyusutan luas hutan yang paling drastis di Indonesia antara lain terdapat di Provinsi ….
A. Jawa Barat, Kalimantan Timur, Papua
B. Riau, Kalimantan Tengah, Aceh
C. Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Bangka Belitung
D. Maluku, Papua, Nusa Tenggara Barat

3. Bangkok sangat terkenal dengan destinasi wisata sungai dan kota yang menghadap sungai (water front city). Kota-kota di Indonesia juga sangat berpotensi dikembangkan seperti Bangkok yaitu ….
A. Jayapura, Bandung, Denpasar
B. Pekanbaru, Pangkal Pinang, Palangkaraya
C. Semarang, Medan, Ambon
D. Palembang, Pontianak, Samarinda

4. Perhatikan bagan peta topografi berikut berikut ini. Untuk menuju puncak agar pendakian tidak terlalu berat maka jalur yang ditempuh adalah ….
5. Perhatikan gambar di bawah ini. Berdasarkan kondisi geologisnya, Indonesia memiliki potensi kekayaan sumberdaya alam sebagai  berikut, kecuali ….

A. Gunung api
B. Batuan dan mineral
C. Tanah subur
D. Wilayah laut

6. Di  daerah  pegunungan,  umumnya petani  mananam  jenis  tanaman palawija. Hal ini karena kondisi lingkungan alam yang berpengaruh adalah ….
A. Aktivitas gunung api
B. Tanah pegunungan yang sangat subur
C. Tanah pegunungan yang sangat sulit menahan air
D. Temperatur wilayah pegunungan sangat rendah

7. Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) adalah alur alut yang ditetapkan sebagai alur untuk pelaksanaan Hak Lintas Alur Laut Kepulauan berdasarkan konvensi hukum laut internasional. Berikut ini adalah ALKI yang telah ditetapkan, kecuali ….
A. Selat Sunda
B. Selat Lombok
C. Selat Ombai-Wetar
D. Selat Bali

8. Penanaman padi Gogo Rancah di Nusa Tenggara Timur dengan cara ditugal seperti halnya padi ladang hal ini karena keadaan alam wilayah tersebut ….
A. Jumlah bulan basah < jumlah bulan kering
B. Jumlah bulan basah > jumlah bulan kering
C. Jumlah bulan basah = jumlah bulan kering
D. Temperatur udara yang sangat tinggi

9. Wilayah Sangiran merupakan tempat ditemukannya banyak kerangka manusia purba. Landform dari wilayah Sangiran adalah ….
A. lembah
B. dataran
C. pegunungan
D. perbukitan

10. Untuk menjaga kelestarian hutan, masyarakat di sekitar hutan menetapkan wilayah hutan larangan. Salah satu suku di Indonesia yang  masih  menjaga adanya hutan larangan, yaitu suku ….
A. Baduy
B. Tengger
C. Osing
D. Mandar

Kunci
1. Kibut atau bunga bangkai raksasa atau suweg raksasa, Amorphophallus titanum Becc., merupakan tumbuhan dari suku talas-talasan endemik dari Sumatra, Indonesia, yang dikenal sebagai tumbuhan dengan bunga terbesar di dunia, meskipun catatan menyebutkan bahwa kerabatnya, A. gigas dapat menghasilkan bunga setinggi 5 m. Banyak orang yang sulit membedakan Amorphophallus dengan  Rafflesia arnoldi. Kalau bunga Raflesia tidak menjulang ke atas tapi ke samping dan tidak punya tangkai seperti gambar di bawah ini.

2. Penyusutan luas hutan yang drastis ada di Aceh, Kalimantan Tengah dan Riau. Banyak terjadi alih fungsi hutan menjadi perkebunan sawit.

3. Kota yang berpotensi seperti Bangkok adalah kota yang berada di sisi sungai besar dan berada di wilayah muara contohnya Palembang (Sungai Musi), Pontianak (Sungai Kapuas), Samarinda (Sungai Mahakam).

4. Ciri khas kontur adalah semakin rapat maka menandakan daerah terjal dan semakin renggang garis kontur maka semakin landai. Berdasarkan peta di soal maka jalur 1 adalah yang paling landai.

5. Lokasi geologi berkaitan dengan tektonik lempeng. Indonesia berada di zona pertemuan 3 lempeng aktif (Eurasia, Indo Australia, Pasifik) sehingga banyak terbentuk gunung api dan peristiwa vulkanisme. Akibatnya tanahnya relatif subur, kaya mineral ekonomis dan batuan-batuan alam yang bervariasi.

6. Palawija cocok dikembangkan di daerah pegunungan karena tanahnya relatif subur, kaya bahan organik atau mineral.

7. Berikut peta ALKI Indonesia, maka selat Bali tidak masuk ke dalam peta ALKI. Cek di bawah.

8. Padi gogo ditanam pada lahan kering bukan sawah, hal ini karena jumlah bulan basah lebih sedikit dibanding bulan kering. Hal ini banyak dijumpai pada wilayah seperti Nusa Tenggara.

9. Sangiran adalah wilayah tempat situs arkeologi terbesar di Indonesia yang secara landform dulunya adalah sebuah kubah/dome yang kemudian terdeformasi sehingga membentuk lembah. Pada jaman dahulu, sekitar 2 juta tahun yang lalu, daerah Sangiran merupakan cekungan pengendapan bagian dari depresi Solo. Depresi Solo terbentuk akibat aktivitas tumbukan lempeng tektonik berupa gaya kompresi berarah relative utara-selatan.

10. Hutan larangan adalah istilah adat masyarakat suku Sunda seperti Baduy. Hutan larangan berfungsi sebagai hutan lindung, penyimpan air dan tidak boleh diganggu aktifitas manusia.
DONASI VIA OVO Merasa blog ini bermanfaat?. Yuk kirim donasi terbaikmu untuk pengembangan blog www.gurugeografi.id. Terima kasih.
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close