Ada Berapa Cabang Ilmu Geografi Itu Sebenarnya? - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Juni 15

Ada Berapa Cabang Ilmu Geografi Itu Sebenarnya?

Geografi adalah ilmu yang membahas tentang ruang permukaan bumi beserta interaksi yang terjadi di dalamnya. Para ahli geografi sudah sejak lama mengemukakan tentang batasan ilmu geografi dan sampai saat ini cabang ilmu geografi ada dua yaitu geografi manusia (human geography) dan geografi fisik (physical geography).

Disamping itu ada juga turunan atau cabang geografi lainnya seperti geografi regional, kartografi dan geografi terintegrasi (geografi lingkungan).

Geografi Manusia
Cabang ilmu geografi yang paling penting adalah geografi manusia karena mengcover semua hal tentang pergerakan manusia dalam ruang permukaan bumi.

Geografi manusia normalnya mengkhususkan pada studi tentang populasi, bagaimana interaksi dan perubahan-perubahan yang terjadi pada manusia baik itu persebaran, asal usul ras, dan semua aktifitasnya dalam ruang.

Manusia adalah mahluk yang mendominasi di permukaan bumi sehingga geografi lebih banyak mengulas mengenai permasalahan tersebut.

Dalam perjalanannya, aplikasi modern dari geografi manusia adalah pemetaan migrasi manusia, pergerakan makanan dan dampaknya terhadap komunitas, dan dampak perubahan iklim terhadap kehidupan manusia pada daerah yang rentan terdampak.
Kota adalah hasil peradaban manusia

Beberapa cabang dari disiplin geografi manusia antara lain:
1. Geografi Budaya
2. Geografi Ekonomi
3. Geografi Kesehatan
4. Geografi Sejarah
5. Geografi Politik
6. Geografi Populasi
7. Geografi Desa
8. Geografi Sosial
9. Geografi Transportasi
10. Geografi Kota

2. Geografi Fisik
Geografi fisik adalah cabang utama geografi yang mengkhususkan studi pada fenomena alam di ruang permukaan bumi atau litosfer.

Geografi fisik akan membawa kita menjelajah kenampakan daratan, relief permukaan bumi dan juga melihat apa yang terdapat pada lapisan es atau dalamnya lautan.

Peneliti akan menggunakan satelit untuk menganalisis daratan benua antartika, atau melihat rona dasar laut dalam menggunakan sonar dan memetakan lantai samudera.

Cabang disiplin geografi fisik antara lain:
1. Geology
2. Geomorfologi
3. Klimatologi
4. Hidrologi
5. Glasiologi
6. Biogeografi
7. Meteorologi
8. Paleontologi
Lapisan es di permukaan bumi
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close