Geografi Budaya: Klasifikasi dan Sebaran Ras Utama dan Khusus - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Juli 30

Geografi Budaya: Klasifikasi dan Sebaran Ras Utama dan Khusus

Salah satu topik geografi budaya yang sering muncul di OSN Geografi adalah tentang persebaran ras manusia di dunia.

Ras manusia disebut juga karakteristik luar yang diturunkan secara genetik dan membedakan satu kelompok dengan kelompok lain.

Disampin warna kulit sebagai ciri paling menonjol untuk menentukan ras manusia, ciri fisik lain juga dapat dijadikan penciri utama suatu ras yaitu:

1. bentuk badan
2. bentuk kepala
3. bentuk muka dan tulang rahang bawah
4. bentuk hidung
5. bentuk dan warna mata
6. bentuk dan warna rambut
7. bentuk bibir

Menurut A. L Krober ras manusia dibagi menjadi ras utama dan ras khusus.
A. Ras Utama
1. Ras Negroid (Kulit Hitam)
2. Ras Kaukasoid (Kulit Putih)
3. Ras Mongoloid (Kulit  kuning)
4. Ras Australoid (orang Dravida, orang Papua, dan orang Australia)

B. Ras Khusus (tidak dapat diklasifikasikan ke dalam ras pokok)
1. Ras Khoisan (orang Bushman atau Hottentot dari Afrika Selatan)
2. Veddoid (pedalaman Sri Langka, Sumatera)
3. Polynesian (kepulauan Micronesia dan Polynesia)
4. Ainu (di Jepang)
5. Negrito (orang asli Filipina dan orang Semang di Semenanjung Malaka (Malaysia).

RAS KAUKASOID
Ras Kaukasoid adalah ras manusia yang sebagian besar menetap di Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah, Pakistan dan India Utara. Keturunan mereka juga menetap di Australia, Amerika Utara, sebagian dari Amerika Selatan, Afrika Selatan dan Selandia Baru. Anggota ras Kaukasoid biasa disebut “berkulit putih”, namun ini tidak selalu benar. Oleh beberapa pakar misalkan orang Ethiopia dan orang Somalia dianggap termasuk ras Kaukasoid, meski mereka berambut keriting dan berkulit hitam, mirip dengan anggota ras Negroid. Namun mereka tengkoraknya lebih mirip tengkorak anggota ras Kaukasoid.



RAS MONGOLOID
Ras Mongoloid adalah ras manusia yang sebagian besar menetap di Asia Utara, Asia Timur, Asia Tenggara, Madagaskar di lepas pantai timur Afrika, beberapa bagian India Timur Laut, Eropa Utara, Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Oseania.

Anggota ras Mongoloid biasa disebut “berkulit kuning”, namun ini tidak selalu benar. Misalkan orang Indian di Amerika dianggap berkulit merah dan orang Asia Tenggara seringkali berkulit coklat muda sampai coklat gelap.

Ciri khas utama anggota ras ini ialah rambut berwarna hitam yang lurus, bercak mongol pada saat lahir dan lipatan pada mata yang seringkali disebut mata sipit. Selain itu anggota ras manusia ini seringkali juga lebih kecil dan pendek daripada ras Kaukasoid.
RAS NEGROID
Ras Negroid adalah ras manusia yang terutama mendiami benua Afrika di sebelah selatan gurun Sahara. Keturunan mereka banyak mendiami Amerika Utara, Amerika Selatan dan juga Eropa serta Timur Tengah.
Ras Negroid
Ciri khas utama anggota ras negroid ini ialah kulit yang berwarna hitam dan rambut keriting. Meski begitu anggota ras Khoisan dan ras Australoid, meski berkulit hitam dan berambut keriting tidaklah termasuk ras manusia ini.

RAS AUSTRALOID
Ras Australoid adalah nama ras manusia yang mendiami bagian selatan India, Sri Lanka, beberapa kelompok di Asia Tenggara, Papua, kepulauan Melanesia dan Australia. Untuk kelompok di Asia Tenggara, orang Asli di Malaysia dan orang Negrito di Filipina termasuk ras ini.
Suku Bushman

RAS KHOISAN
Ciri khas utama ras ini ialah bahwa mereka berambut keriting hitam dan berkulit hitam. Namun beberapa anggota ras ini di Australia berambut pirang dan rambutnya tidaklah keriting melainkan lurus. Selain itu beberapa orang Asli di Malaysia kulitnya juga tidak selalu hitam dan bahkan menjurus putih.

Ras Khoisan adalah ras manusia yang mendiami daerah barat daya Afrika, terutama di Namibia, Botswana dan Afrika Selatan. Meski jumlah anggota ras ini tinggal beberapa ratus ribu, ras ini adalah ras yang sangat menarik sebab dianggap ras tertua atau cabang pertama yang berpisah dari ras utama manusia lainnya.

Orang Negrito
RAS AINU
Suku Ainu adalah masyarakat yg latar belakang budaya dan ras berbeda dengan etnis Jepang. Mereka telah menghuni Hokkaido, Tohoku utara, kepulauan Kurile dan Sakhalin.

Tampilan fisik suku ainu umumnya lebih pendek dari orang Jepang. Tubuh mereka kuat, proporsional, dengan mata coklat gelap, tulang pipi tinggi, hidung pendek dan wajah lebar, rambut lebat dan berombak.

Karena pria suku Ainu tidak mencukur kumis sampai waktu tertentu, maka wajah mereka pun lebat dengan jenggot dan kumis. Sementara rambut pria dan wanita suku Ainu sama-sama dipotong sebahu. Bedanya, para wanita suku Ainu kerap menato mulut, lengan, dan dahi mereka.
Pasangan suku Ainu
RAS NEGRITO
Ras Negrito yaitu masyarakat yang paling awal muncul di Kepulauan Melayu dan termasuk suku asli di Malaysia. Mereka hadir sekitar 1000 SM berdasarkan hasil penggalian arkeologi di Gua Cha, Kelantan.

Ciri-ciri ras Negrito berkulit gelap, berambut kerinting, bermata bundar, berhidung lebar, berbibir penuh, serta tinggi badan yang pendek.

Di Kedah dan Perak, mereka diketahui sebagai orang-orang Semang dan di Kelantan sebagai orang-orang Pangan. Orang-orang Negrito mempunyai tubuh badan yang kecil dan berambut kerinting.

Orang-orang Negrito juga tersebar di Filipina, dan Australia. Orang-orang Negrito yyang bermukim Filipina diketahui sebagai Aetas, dan mereka yang mempunyai di Australia diketahui sebagai Orang Hitam.

RAS VEDDOID
Ras Veddoid adalah gelombang migrasi penduduk yang kedua dengan ciri-ciri fisik berkulit hitam, berambut keriting, dan bertubuh sedang. Ras Veddoid ini berasal dari India bagian selatan. Mereka mendiami India Selatan, Sri Langka, Kepulauan Maluku, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Riau. Selain itu, ras ini biasanya berasal dari orang Kubu yang tinggal di Jambi, orang Sakai yang tinggal di Siak, dan orang yang tinggal di Kepulauan Mentawai dan Enggaro.

Orang Rimba Suku Anak Dalam
Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close