Pembahasan OSK Kebumian 2017 [Nomor 1-5] - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Agustus 20

Pembahasan OSK Kebumian 2017 [Nomor 1-5]

 



Halo pejuang OSK Kebumian, kita coba bahas-bahas kunci OSK tahun 2017 ya buat persiapan kalian yang menjadi wakil sekolah di bidang kebumian.

Jangan ragu untuk terus pantengin blog ini, dan share postingan ini ke teman-teman lainnya di grup medsos kalian.

1. Sifat dalam suatu mineral yang dapat dipotong dengan pisau menjadi keping-keping tipis disebut...
a. sectile
b. brittle
c. malleable
d. elastic
e. flexible

Kunci
Sifat dalam merupakan reaksi mineral terhadap gaya yang mengenainya, seperti penekanan, pemotongan, pembengkokan, pematahan, pemukulan atau penghancuran. Sifat dalam dapat dibagi menjadi: rapuh (brittle), dapat diiris (sectile), dapat dipintal (ductile), dapat ditempa (malleable), kenyal/lentur (elastic), dan eksibel (exible). Jadi jawabannya A.

2. Mineral pirit berbeda dengan dengan mineral kalkopirit, yaitu adanya kandungan unsur...
a. Fe
b. S
c. Cu
d. Zn
e. Cl

Kunci
Mineral pirit mengandung unsur besi (Fe) dan belerang (S) yang merupakan unsur penyusunnya. Kedua unsur ini terdapat pada seluruh warna. Mineral kalkopirit mengandung unsur tembaga (Cu) besi (Fe) dan belerang (S) yang merupakan unsur penyusunnya. Ketiga unsur ini terdapat pada seluruh warna    

3. Mineral yang tidak termasuk dalam golongan sulfida adalah ...
a. pirit
b. fluorit
c. kalkopirit
d. galena
e. markasit

Kunci
Mineral Sulfida merupakan kelompok mineral yang tersusun dari kombinasi antara logam atau semi- logam dengan belerang, misalnya Pirit, Galena, Kalkopirit, Kalkosist, dan lain sebagainya. Pembentukan mineral sulfida berawal dari proses hidrotermal atau lokasi pembentukannya dekat dengan gunung api yang memiliki kandungan sulfur yang tinggi. 

Pembentukan mineralnya biasa terjadi di bawah kondisi air tempat terendapnya unsur sulfur. Proses tersebut biasanya dikenal sebagai alterasi mineral dengan sifat pembentukan yang terkait dengan hidrotermal (air panas).

Mineral sulfida memiliki warna kuning emas kehijauan karena mengandung sulfur (FeS₂) yang merupakan belerang berwarna kuning. Walaupun mempunyai warna kuning, ketika mineral tersebut digoreskan akan berwarna hitam. Hal tersebut terjadi karena sulfida mengandung besi.    

Fluorit adalah mineral industri penting yang terdiri dari kalsium dan fluor (CaF₂). Mineral ini digunakan dalam berbagai proses kimia, metalurgi, dan keramik.  Spesimen dengan penampilan dan warna yang menarik dipotong menjadi permata atau digunakan untuk membuat benda-benda ornamental.

Mineral pembentuk batuan yang sangat umum ini, dapat ditemukan di banyak bagian dunia. Di industri pertambangan, fluorit sering disebut sebagai "fluorspar."

4. Mineral di bawah ini yang merupakan hasil proses evaporasi adalah...
a. kuarsa
b. plagioklas
c. pumpellyite
d. halit
e. jarosit

Kunci
Halite itu nama lain dari garam batu ya gaes. Tahu sendiri kan garam itu terbentuk dari hasil penguapan atau evaporasi di tambak-tambak garam. Jadi air laut ditampung saat pasang kemudian dibiarkan menguap sendiri biar kristal garam-garamnya nanti mengendap.

5. Mineral garnet umum dijumpai pada batuan...
a. beku
b. sedimen
c. metamorf
d. batugamping
e. lava

Kunci
Garnet adalah mineral umum dari batuan metamorf seperti gneiss dan sekis dari yang bersifat basa sampai asam, kapur kristal dan pegmatites.

Lanjut: Soal No 6-10
Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close