Pendalaman OSN Kebumian: Mineralogi dan Kristalografi Part 1 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, Agustus 3

Pendalaman OSN Kebumian: Mineralogi dan Kristalografi Part 1


Halo pejuang OSN Kebumian, kita bahas-bahas lagi yuk soal Kebumian dari tahun-tahun sebelumnya. Semoga bisa membantu kamu yang sedang mencoba untuk seleksi perwakilan siswa OSN di sekolah.

OSN Kebumian berbeda dengan geografi ya karena di Kebumian kita hanya belajar kondisi fisikal bumi saja, tidak ada tentang regional budaya, pembangunan wilayah, kota, desa dan lainnya.

Saya akan coba bahas per part topik materi. Untuk postingan ini kita akan coba bahas terkait mineralogi dan kristalografi.

1. Dalam kristal kita mengenal sumbu a, b, c, dan d. Sumbu-sumbu tersebut disebut juga …
a. Sumbu kristal
b. Sumbu simetri
c. Sumbu putar
d. Sumbu pusat
e. Tidak ada jawaban yang benar

Pembahasan
Mineral banyak dijumpai di alam, di lingkungan tempat tinggal kita dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam sebuah kristal, sumbu kristal berupa garis bayangan yang lurus yang menembus kristal melalui pusat kristal. 

Setiap mineral tersusun atas kumpulan kristal-kristal yang sejenis, dan kristal tersusun atas unsur-unsur kimia yang terikat dalam susunan dan komposisi yang sama.

Sumbu kristal adalah garis bayangan lurus yang menghubungkan dan menembus muka / bidang muka kristal, melalui pusat kristal. 

Dalam sistem kristalografi, kristal ada yang memiliki tiga (3) sumbu kristal dan ada yang memiliki empat (4) sumbu kristal. Sumbu-sumbu kristal tersebut kita beri nama saja, yaitu sumbu a, sumbu b dan sumbu c. Gambar sumbu kristal ada di bawah.
Gambar sumbu kristal

2. Kelompok mineral yang termasuk dalam mineral lempung adalah …
a. Limonit, Apatit, dan Magnetit.
b. Pirit, Hematit, dan Bentonit.
c. Kaolinit, Kalkopirit, dan Apatit.
d. Smektit, Hematit, dan Limonit.
e. Hematit, Bentonit, dan Azurit.

Pembahasan
Kalau kamu pernah bermain lempung di sawah atau di tempat lain maka kamu sudah pasti akan menyentuh mineral lempung. Mineral lempung adalah kelompok mineral, kristalnya sangat kecil, hanya dapat dilihat dan dibedakan dengan mikroskop, biasanya dengan mikroskop elektron. 

Mineral lempung merupakan koloid dengan ukuran sangat kecil (kurang dari 1 mikron). Masing-masing koloid terlihat seperti lempengan-lempengan kecil yang  terdiri dari lembaran-lembaran kristal yang memiliki struktur  atom yang berulang.

Ada 6 Jenis mineral lempung utama adalah: 
1. Kaolinite 
2. Smectite Group 
3. Illite Group 
4. Vermiculite 
5. Chlorite 
6. Allophanes.

Jawabannya C. Di semua opsi yang ada "hematite, magnetit" adalah salah, karena hematit dan magnetit itu mineral logam/besi.

3. Mineral dapat dikelompokkan menjadi mineral silikat (mineral yang mengandung Si) dan non silikat. Contoh mineral non silikat adalah …
a. Kuarsa
b. Kalsit
c. Olivin
d. Ortoklas
e. Piroksen

Pembahasan
Bedanya apa sih silikat dan non silikat?. Kalau mineral silikat berarti punya kandungan silikatnya, kalau non silikat berarti tidak punya. Gitu aja sederhananya.

Yang bukan mineral silikat aadalah kalsit. Cek gambar di bawah ini:
Mineral non silikat

Mineral silikat
4. Belahan mineral merupakan salah satu ciri fisik dalam identifikasi mineral. Mineral yang mempunyai belahan satu arah sempurna adalah …
a. Muskovit
b. Kalsit
c. Galena
d. Kuarsa
e. Pirit

Pembahasan
Belahan adalah salah satu sifat fisik mineral atau bisa diartikan kenampakan dari mineral yang berdasarkan kemampuannya untuk membelah melalui bidang belahan yang rata dan juga licin. Biasanya bidang belahan berbentuk sejajar dengan bidang tertentu. Contoh mineral yang dapat membelah yaitu kalsit. Kalsit memiliki tiga arah belahan sedangkan untuk kuarsa, tidak memiliki belahan. Belahan sendiri terbagi menjadi

1. Belahan satu arah, contohnya: muscovite
2. Belahan dua arah, contohnya: feldspar
3. Belahan tiga arah, contohnya: halit dan kalsit

Gambarnya bisa dilihat di bawah, coba pahami ya dan hapalkan aja semua biar ngerti.

5. Mineral yang umumnya tidak mungkin ditemukan dalam Riolit adalah …
a. Olivin
b. Kuarsa
c. Biotit
d. Feldspar
e. Amfibol

Pembahasan:
Riolit itu kan batuan beku ekstrusif yang memiliki butir kristal halus (afanitik). Komponen silikat riolit lebih dari 68%. Untuk melihat komposisi mineral batuan beku, bisa cek diagram di bawah, lihat warnanya. Saya coba kasih tanda untuk riolit. Berarti kalau misal ditanyakan mineral lainnya, tinggal buat garis batas saja sesuai batuannya. Jadi Olivin yang tidak termasuk.
Komposisi mineral batuan beku

Baca Juga Ya!

Baca Juga

Share with your friends

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close