Soal Latihan PPPK Guru 2022 Pedagogik + Kunci Jawaban Part 1 [Karakteristik Peserta Didik] - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Oktober 8

Soal Latihan PPPK Guru 2022 Pedagogik + Kunci Jawaban Part 1 [Karakteristik Peserta Didik]


Halo pejuang PPPK Keguruan, kita lanjut lagi membahas latihan soal pendalaman PPPK dengan tema Karakteristik Peserta Didik.

Setiap guru/pendidik wajib memahami karakter peserta didik masing-masing agar mampu memilih metode belajar yang sesuai.

Jangan lupa untuk selalu share dan like postingan di gurugeografi.id ke teman-teman di grup medsos kalian.

1. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:
a. Menjiplak huruf
b. Mewarnai pola
c. Menendang bola
d. Meronce membuat kalung
e. Memasang puzzle

Kunci
Di level Taman Kanak-Kanak aspek motorik kasar salah satunya adalah dengan cara menendang bola.
Perkembangan motorik kasar anak adalah perkembangan gerak yang meliputi keseimbangan dan koordinasi antar anggota tubuh. Contoh kegiatan motorik kasar merangkak, berjalan, melompat, atau berlari. Pokonya berkaitan dengan gerak ya.

2. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:
a. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.
b. Menggunakan modul dan powerpoint.
c. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.
d. Menggunakan program audio dan modul.
e. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.

Kunci
Penggunaan kombinasi media baik visual, audio, video, percobaan adalah cara agar kita bisa mengikuti gaya belajar siswa di kelas.

3. Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya melakukan pretes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal:
a. Kemampuan awalnya
b. Perkembangan motoriknya
c. Perkembangan sosialnya
d. Perkembangan emosinya
e. Motivasi belajarnya

Kunci
Entry Behavior adalah pemahaman awla siswa saat mereka masuk di kegiatan belajar. Pretes dapat digunakan untuk melihat sejauh mana kemampuan awal siswa, setelah itu guru memberikan materi dan di akhiri post tes untuk melihat analisa perbandingan level pemahaman saat pre tes dan setelah pre tes.

4.  Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi / musik, memilih lagu -lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama: 
a. Minat
b. Etnik
c. Kultural
d. Gender
e. Status social

Kunci
Memilih lagu daerah asal siswa berarti memperhatikan aspek budaya atau kultural.

5. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf operasional konkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan..
a. Media cetak
b. Media grafis
c. Media benda nyata
d. Media gambar
e. Media poster

Kunci
Tahap operasional konkrit disebut masa performing operation. Pada masa ini, anak sudah mampu menyelesaikan tugas-tugas menggabungkan, memisahkan, menyusun, menderetkan, melipat, dan membagi. Maka harus disertai dengan benda nyata.

6. Perkembangan moral peserta didik /anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik -buruk berdasarkan:
a. Kontrak/imbal jasa
b. Ketertiban sosial
c. Akibat perbuatan
d. Persetujuan orang lain
e. Hati nurani

Kunci
Naively egoistic orientation. Pada tahap ini, anak beorientasi pada instrument relative. Perbuatan
benar adalah perbuatan yang secara instrument memuaskan keinginannya sendiri dan (kadang-kadang) juga orang lain. Kepeduliannya pada keadilan / ketidakadilan bersifat pragmatic, yaitu apakah mendatangkan keuntungan atau tidak (imbal jasa). Jadi A jawabannya

7.  Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan:
a. Gender peserta didik
b. Gaya belajar peserta didik
c. Etnik peserta didik
d. Kultural peserta didik
e. Minat peserta didik

Kunci
Menggunakan berbagai macam media darimulai audio, tulis, visual artinya mengikuti gaya belajar siswa yang beragam di kelas. Ada anak senang belajar via tulisan, audio, gambar, video atau kombinasi diantara semuanya. 

8. Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yg berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yg sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:
a. Etnik
b. Minat
c. Motivasi
d. Kultural
e. Status sosial

Kunci
Pada soal terdapat kata kunci "latar belakang kondisi keluarga", ini berarti termasuk karakteristik peserta didik ayng berkaitan dengan status sosial.

9. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek:
a. Kultural
b. Sosial
c. Etnik
d. Motivasi
e. Status sosial

Kunci
Siswa yang kurang semangat belajar di kelas artinya mereka kurang motivasi. Guru wajib memotivasi siswa untuk belajar agar mendaptakan bekal ilmu untuk masa depan yang cerah.

10. Pak Faisal sebelum pembelajaran beliau melakukan pembiasaan berdoa sebelum pembelajaran di mulai, setelah membaca beliau juga memberikan nasehat yang tentang akhlak kepada peserta didik. Tindakan guru tersebut berarti menerapkan aspek....
a. perkembangan moral dan spiritual
b. perkembangan sosial
c. perkembangan emosi
d. motivasi belajar
e. perkembangan motorik

Kunci
Berdoa adalah salahs satu aspek yang berkaitan dengan perkembangan moral spiritual peserta ddik.
Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close