Kondisi Fisiografis Benua Asia [Sistem Pegunungan dan Dataran] - Guru Geografi
News Update
Loading...

Rabu, November 30

Kondisi Fisiografis Benua Asia [Sistem Pegunungan dan Dataran]

Asia adalah benua terbesar di dunia dengan cakupan area sekitar 30 persen luas daratan Bumi. Asia juga merupakan benua terpadat di dunia, dengan sekitar 60 persen dari total populasi di dunia saat ini yang mencapai 7,5 milyar lebih.

Asia membentuk bagian timur superbenua Eurasia sementara Eropa menempati bagian barat. Perbatasan antara dua benua masih diperdebatkan. Namun, sebagian besar ahli geografi mendefinisikan perbatasan barat Asia sebagai garis tidak langsung yang mengikuti Pegunungan Ural, Pegunungan Kaukasus, serta Laut Kaspia dan Laut Hitam. Asia berbatasan dengan Samudra Arktik, Pasifik, dan Hindia.

Kali ini kita coba bahas seperti apa kondisi fisiografis benua Asia. Asia dapat dibagi menjadi lima wilayah fisiografis utama yaitu sistem pegunungan; dataran tinggi; dataran, stepa, dan gurun; lingkungan air tawar; dan lingkungan air asin.

Sistem Pegunungan
Pegunungan Himalaya membentang sejauh kita-kira 2.500 kilometer (1.550 mil) memisahkan anak benua India dari bagian Asia lainnya. Anak benua India, pernah terhubung dengan Afrika lalu bertabrakan dengan benua Eurasia sekitar 50 juta hingga 55 juta tahun yang lalu, membentuk Pegunungan spektakuler yaitu Himalaya. Anak benua India masih menekan ke utara menuju Asia, dan Pegunungan Himalaya tumbuh sekitar 5 sentimeter (2 inci) setiap tahun. Fosil kerang masih bisa dijumpai di Himalaya, yang menandakan dahulu daerah pegunungan ini berada di dasar laut.

Himalaya memiliki luas ebih dari 612.000 kilometer persegi (236.000 mil persegi), melewati negara bagian utara India dan membentuk wilayah sabuk gunung yang berbeda. Sabuk paling utara, dikenal sebagai Great Himalayas, memiliki ketinggian rata-rata tertinggi di 6.096 meter (20.000 kaki). Sabuk ini berisi sembilan puncak tertinggi di dunia, yang semuanya mencapai ketinggian lebih dari 7.925 meter (26.000 kaki). Sabuk ini termasuk puncak gunung tertinggi di dunia, Gunung Everest, dengan ketinggian 8.849 meter (29.032 kaki).
Citra satelit Pegunungan Himalaya

Sistem pegunungan Tien Shan membentang sekitar 2.400 kilometer (1.500 mil), melintasi perbatasan antara Kirgistan dan Cina. Nama Tien Shan berarti “Pegunungan Surgawi” dalam bahasa Tionghoa. Dua puncak tertinggi di Tien Shan adalah Victory Peak dengan ketinggian 7.439 meter (24.406 kaki) dan Khan Tängiri Peak dengan ketinggian 6.995 meter (22.949 kaki). Tien Shan juga memiliki luas lebih dari 10.100 kilometer persegi (3.900 mil persegi) gletser. Gletser terbesar adalah Gletser Engil'chek, yang panjangnya sekitar 60 kilometer (37 mil).

Pegunungan Ural membentang sekitar 2.500 kilometer (1.550 mil) di garis utara-selatan tidak langsung dari Rusia ke Kazakhstan. Pegunungan Ural adalah salah satu yang tertua di dunia, berusia 250 juta hingga 300 juta tahun. Erosi jutaan tahun telah menurunkan gunung secara signifikan, dan saat ini ketinggian rata-ratanya antara 914 dan 1.220 meter (3.000 hingga 4.000 kaki). Puncak tertingginya adalah Gunung Narodnaya dengan ketinggian 1.895 meter (6.217 kaki).
Pegunungan Himalaya

Plateau
Asia adalah rumah bagi banyak plato/plateau yaitu sebuah daerah dataran tinggi yang relatif datar. Dataran tinggi Iran mencakup lebih dari 3,6 juta kilometer persegi (1,4 juta mil persegi), meliputi sebagian besar Iran, Afghanistan, dan Pakistan. Dataran tinggi tidak datar secara seragam, tetapi berisi beberapa pegunungan tinggi dan cekungan sungai yang rendah. Puncak gunung tertinggi adalah Damavand, dengan ketinggian 5.610 meter (18.410 kaki). Dataran tinggi ini juga memiliki dua gurun besar, Dasht-e Kavir dan Dasht-e Lut.

Dataran Tinggi Deccan membentuk sebagian besar bagian selatan India. Ketinggian rata-rata dataran tinggi Deccan adalah sekitar 600 meter (2.000 kaki). Dataran tinggi Deccan dibatasi oleh tiga pegunungan: Pegunungan Satpura di utara, dan Ghats Timur dan Barat di kedua sisinya. Dataran tinggi dan jalur air utamanya yaitu sungai Godavari dan Krishna, lereng landai menuju Ghats Timur dan Teluk Benggala.

Dataran Tinggi Tibet biasanya dianggap sebagai wilayah terbesar dan tertinggi yang pernah ada dalam sejarah Bumi. Dikenal sebagai "Atap Dunia", dataran tinggi ini mencakup area sekitar setengah ukuran Amerika Serikat yang bersebelahan dan rata-rata lebih dari 5.000 meter (16.400 kaki) di atas permukaan laut. Dataran Tinggi Tibet sangat penting bagi siklus air dunia karena banyaknya gletser. Gletser ini mengandung volume es terbesar di luar kutub. Es dan salju dari gletser ini memberi suplai sungai-sungai terbesar di Asia. Sekitar 2 miliar orang bergantung pada sungai yang dialiri oleh gletser dataran tinggi.
Pertanian di Tibet dengan latar dataran tinggi

Dataran Rendah, Stepa dan Gurun
Dataran Siberia Barat, yang terletak di Rusia tengah, dianggap sebagai salah satu wilayah dataran datar terbesar di dunia. Membentang dari utara ke selatan sekitar 2.400 kilometer (1.500 mil) dan dari barat ke timur sekitar 1.900 kilometer (1.200 mil) dengan lebih dari 50 persen wilayahnya pada ketinggian kurang dari 100 meter (330 kaki) di atas permukaan laut, dataran tersebut berisi beberapa rawa dan dataran banjir terbesar di dunia.

Asia Tengah didominasi oleh lanskap stepa, area luas padang rumput datar yang tidak berhutan. Mongolia dapat dibagi menjadi zona stepa yang berbeda: stepa hutan pegunungan, stepa gersang, dan stepa gurun. Zona-zona ini bertransisi dari wilayah pegunungan negara itu di utara ke Gurun Gobi di perbatasan selatan dengan Tiongkok.

Gurun Rub 'al Khali, dianggap sebagai lautan pasir terbesar di dunia, mencakup area yang lebih luas dari Prancis melintasi Arab Saudi, Oman, Uni Emirat Arab, dan Yaman. Gurun ini menampung pasir kira-kira setengah dari gurun Sahara Afrika, meskipun secara luas area ukurannya 15 kali lebih kecil. Gurun ini dikenal sebagai Kuartal Kosong karena hampir tidak ramah bagi manusia kecuali suku Badui yang tinggal di tepinya.
Gurun pasir di Mongolia dengan latar stepa

Sumber Gambar: Pixabay
Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close