Soal Prediksi OSN Geografi 2023 + Pembahasan Part 7 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, November 26

Soal Prediksi OSN Geografi 2023 + Pembahasan Part 7

Halo pejuang OSN Geografi, kita coba lagi buat latihan soal pra OSN Geografi 2023, silahkan gunakan dengan bahan belajar dengan sebaik-baiknya.

Semakin banyak berlatih soal maka kalian akan semakin mudah memahami pola soal OSN Geografi. Jangan lupa share dan like postingan ini ya!.

36. Struktur geologi pada gambar di bawah dinamakan ....

A. Lipatan rebah/recumbent
B. Lipatanmenggantung/overturned
C. Lipatan asimetris
D. Lipatan isoklinal
E. Lipatan menunjam/plunging

37. Danau tapal kuda (oxbow lake) dapat ditemukan pada bentang alam ....
A. Fluvial
B. Eolian
C. Delta
D. Karst
E. Vulkanik

38. Batugamping berubah menjadi marmer apabila mengalami ....
A. Metamorfisme kontak
B. Metamorfisme burial
C. Metamorfisme regional
D. Metamorfisme kataklastik
E. Metamorfisme hidrotermal

39. Fosil moluska pada gambar di bawah termasuk ke dalam kelas ....

A. Amphineura
B. Scaphopoda
C. Gastropoda
D. Cephalopoda
E. Pelecypoda

40. Jenis gerakan massa yang tampak pada gambar di bawah adalah ....

A. Rock fall
B. Mud flow
C. Slump
D. Creeping
E. Debris flow


Pembahasan
36. Lipatan kulit bumi terbentuk karena adanya gaya tegangan dari hasil diastropisma. Diastropoisma adalah proses struktural yang merubah bentuk kulit bumi tanpa ada kontak dengan magma. Bentuk lipatan batuan ini bermacam-macam karena dipengaruhi elastisitas batuan itu sendiri. Berikut ini jenis lipatan batuan, dan yang ada di soal adalah tipe isoklinal.

37. Danau tapal kuda atau oxbow lake adalah suatu aliran sungai yang terpotong sehingga terisolir membentuk danau tersendiri pada sistem sungai. Jadi termasuk pada erosi fluvial.

38. Batuan metamorf kontak adalah jenis batuan metamorf yang mengalami proses metamorfosis sebagai akibat dari adanya suhu yang sangat tinggi atau sebagai akibat dari adanya aktivitas magma. Salah satu contoh batuan metamorf kontak adalah marmer. Marmer termasuk batuan malihan dari batu gamping. 

39. Gambar menunjukkan jenis kerang atau Pelecypoda disebut juga dengan Bivalvia atau Lamellibranchiata, adalah kelas terbesar kedua dari filum Mollusca. Kelompok hewan lunak yang termasuk dalam kelas ini antara lain adalah kerang, tiram, dan kijing (remis). Jumlah spesies dari kelas ini sekitar 9.200-10.000 dan semuanya merupakan organisme air (akuatik). Sebagian besar hewan ini hidup di air laut, dan sebagian kecil lainnya hidup di air tawar.

40. Mass movement atau masswasting adalah fenomena gerakan massa batuan, tanah, kerikil dari daerah ketinggian menuruni lereng karena pengaruh gravitasi. Ada banyak tipe masswasting, dan yang ada di gambar adalah tipe debris. Silahkan cek kategori masswasting di bawah ini, hapalkan semuanya.

Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close