Soal Prediksi OSN Geografi 2023 + Pembahasan Part 5 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, November 8

Soal Prediksi OSN Geografi 2023 + Pembahasan Part 5

Halo pejuang OSN Geografi, kita akan lanjut lagi bahas soal-soal prediksi OSN 2023 ya gaes. Pastikan untuk tetap pantengin blog gurugeografi.id.

Jangan lupa untuk share postingan di blog ini ke teman-teman lain di grup medsos kamu ya!. Bisa di whatsapp, telegram, line atau lainnya.

Soal kali ini lebih banyak terkait materi tentang dinamika litosfer dan geologi.

31. Mineral feldspar dapat ditemukan pada batuan .....
A. Beku
B. Sedimen
C. Metamorf
D. Beku dan sedimen
E. Beku, sedimen, dan metamorf

32. Material sedimen penyusun batulanau mempunyai kisaran ukuran ....
A.  < 1/256 mm
B. 1/256 – 1/16 mm
C. 1/16 – 1/4 mm
D. 1/4 – 2 mm
E. 2 – 16 mm

33. Samudera Atlantik mulai terbentuk pada era/masa ....
A. Archean
B. Proterozoikum
C. Paleozoikum
D. Mesozoikum
E. Kenozoikum

34. Unsur yang lebih banyak ditemukan pada batuan beku mafik jika dibandingkan dengan batuan beku adalah ....
A. silikon
B. alumunium
C. karbon
D. besi
E. sodium

35. Profil sayatan di bawah ini jika dilihat berdasarkan hukum stratigrafi maka batuan berumur paling muda adalah ...
a. 1
b. 5
c. 3
d. 4
5. 2

Kunci
31. E
Feldspar adalah kelompok mineral yang terdiri dari unsur silikat yang mengandung kalium, natrium, dan kalsium. Feldspar adalah nama sekelompok besar mineral silikat pembentuk batuan yang membentuk lebih dari 50% kerak bumi. Mineral feldspar ini  ditemukan di batuan beku, metamorf, dan sedimen di semua bagian dunia. Mineral feldspar memiliki struktur, komposisi kimia, dan sifat fisik yang sangat mirip.

Batuan seperti sedimen dan metamorf pada dasarnya adalah perubahan atau hasil perombakan batuan beku sebelumnya. Jadi tentu feldspar akan muncul pada batuan sedimen dan batuan metamorf pula.

32. B
Batuan sedimen tersusun atas partikel-partikel berukuran besar hingga sangat kecil. Untuk mengidentifikasi ukuran butir sedimen maka disusunlah suatu skala yang dinamakan skala Wenthworth. Batu lanau itu termasuk ke dalam sedimen halus yang memiliki diameter antara 1/256 – 1/16 mm. Cek lebih lengkap di tabel berikut ini.
33. D
Menurut umur geologinya, Samudera Atlantik mulai terbentuk di era Jurrasic (Mesozoikum) kira-kira 150 juta tahun lalu. Sebelumnya semua benua tergabung dalam satu daratan besar superbenua bernama Pangaea. Proses pemekaran lantai samudera Atlantik dipengaruhi oleh proses divergen lempeng tektonik.
Pemekaran lantai samudera Atlantik

34.
Batuan mafik atau basa secara geologi merupakan batuan beku yang didominasi oleh silikat piroksen, amfibol, olivin, dan mika. Mineral-mineral ini mengandung magnesium dan oksida besi yang tinggi, dan keberadaannya memberikan warna gelap yang khas pada batuan mafik. Coba cek diagram di bawah ini.

35. A
Berdasarkan hukum cross-cutting relationship maka intrusi batuan (3) berumur lebih muda dibanding batuan lain karena memotong semua lapisan batuan yang dilaluinya.

Lanjut: Prediksi OSN Geografi Part 6
Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close