Soal PAS/Sumatif Kelas 10 Sejarah Peminatan + Kunci 2022/2023 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Desember 6

Soal PAS/Sumatif Kelas 10 Sejarah Peminatan + Kunci 2022/2023


Di postingan ini saya bagikan contoh soal sumatif PAS Sejarah Peminatan kelas 10 semester ganjil. Silahkan gunakan sebagai bank soal atau bahan belajar mandiri di rumah.

Topik sejarah peminatan di kelas 10 mirip dengan sejarah Indonesia terutama di dua bab awal yaitu seputar Hakikat Penelitian Sejarah dan Peradaban Manusia Praaksara di nusantara.

Instruksi: Pilihlah jawaban yang tepat diantara a, b, c, d, atau e!
1. Sejarah bukan berkembang dan bergerak lurus ke depan dengan tujuan pasti melainkan bergerak melingkar yang tinggi rendahnya ditentukan oleh keadaan manusia itu sendiri. Pernyatan tersebut dikemukakan oleh ....
a. Ibnu Khaldun
b. Herodotus
c. Moh. Ali
d. Max Weber
e. Sartono Kartodirjo

2. Peristiwa bom Hiroshima dan Nagasaki pada tahun Agustus 1945 berdampak pada peristiwa sejarah di Indonesia. Dalam waktu singkat para tokoh bangsa segera merumuskan proklamasi yang pada akhirnya dikumandangkan pada 17 Agustus 1945. Dalam sejarah, pola perubahan peristiwa bom Hiroshima sampai dengan proklamasi tersebut dinamakan ....
a. evolusi
b. rekonstruksi
c. sinkronik
d. revolusi
e. diakronik

3. Manusia dalam sejarah tidak dapat dipisahkan dari setiap kejadian atau peristiwa sejarah. Hal ini menandakan bahwa ....
a. sejarah adalah ilmu yang fokus kajiannya adalah manusia
b. manusia selalu berubah dalam setiap aktifitasnya
c. manusia menjadi penggerak peristiwa sejarah
d. manusia tidak dapat melepaskan diri dari sejarah
e. sejarah ditentukan oleh manusia dan aktifitasnya

4. Konsep waktu berperan penting dalam sejarah karena ....
a. membatasi periodisasi peristiwa sejarah
b. kehidupan dan waktu saling berkaitan
c. kehidupan manusia tidak dapat dilepaskan dari waktu
d. semua kehidupan dibatasi oleh waktu
e. waktu membatasi peristiwa sejarah secara nyata

5. Saat menjajah Indonesia, Belanda menerapkan sistem upeti. Sistem upeti atau penarikan pajak sudah ada sejak masa kerajaan lokal berkuasa. Tindakan Belanda dalam sejarah disebut sebagai sifat ....
a. berkesinambungan
b. perkembangan
c. perubahan
d. pengulangan
e. perbaikan

6. Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang abadi karena ...
a. berlangsung satu kali
b. peristiwanya sangat penting
c. peristiwanya dapat dijadikan momentum
d. peristiwa dalam sejarah tidak pernah berubah
e. peristiwanya menentukan kehidupan orang banyak

7. Pengetahuan sejarah sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara karena ....
a. sejarah mempelajari kehidupan masyarakat pada masa lampau
b. dapat dijadikan pedoman hidup suatu bangsa dan negara
c. menyelidiki peninggalan manusia pada masa lampau
d. sejarah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masa lalu
e. mempelajari peristiwa kelam bangsa yang terjadi di masa lalu

8. Dalam penelitian sejarah, sumber primer berasal dari ....
a. buku
b. peneliti
c. saksi sejarah
d. internet
e. artefak budaya

9. Sejarah dalam bentuk kisah seringkali menjadi sumber bacaan yang mengasyikkan. Berkaitan dengan hal tersebut manfaat belajar sejarah adalah sebagai ....
a. sumber inspirasi
b. sarana rekreasi
c. sarana refleksi
d. sarana membangun identitas
e. memberi pelajaran yang baik

10. Untuk mengungkap kehidupan di masa lampau, sejarha telah memformulasikan dalam enam pertanyaan diantaranya how yang berarti merujuk pada ....
a. tempat terjadinya suatu peristiwa
b. proses terjadinya peristiwa tersebut
c. peristiwa yang terjadi pada masa lampau
d. keterkaitan sebab akibat peristiwa tersebut
e. tokoh atau orang yang terlibat dalam peristiwa

11. Sumber sejarah memiliki dua sifat. Sifat sumber sejarah tersebut didasarkan pada ...
a. keaslian sumber sejarah
b. penggunaan sumber sejarah
c. usia pembuat sumber sejarah
d.sudut pandang pembuat sumber
e. ingatan pembuat sumber sejarah

12. Sumber sejarah dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis dengan tujuan ....
a. memudahkan sejarawan menggunakan sumber tersebut
b. menghasilkan fakta-fakta yang reliable
c. memudahkan sejarawan melakukan penelitian
d. membantu sejarawan menemukan fakta-fakta
e. mengurangi risiko sumber tidak valid

13. Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Berdasarkan sifatnya, peristiwa tersebut dapat dikategorikan sebagai …
a. Opini
b. Inferensi
c. Fakta lunak
d. Fakta Keras
e. Fakta Mental

14. Urutan langkah dalam penelitian sejarah yang benar adalah ....
a. Heuristik, verifikasi, interpretasi, pemilihan topik, historiografi.
b. Verifikasi, heuristik,  interpretasi, pemilihan topik, historiografi.
c. Pemilihan topik, heuristik, verifikasi, interpretasi, historiografi.
d. Pemilihan topik, heuristik, interpretasi, verifikasi, historiografi.
e. Historiografi, heuristik, verifikasi, interpretasi, pemilihan topik

15. Janet ingin melakukan penelitian mengenai Peristiwa Tiga Daerah pada 1945. Rumusan masalah untuk penelitian tersebut adalah ....
a. Mengapa Peristiwa Tiga Daerah terjadi?
b. Apa yang dimaksud Peristiwa Tiga Daerah?
c. Di mana Peristiwa Tiga Daerah terjadi?
d. Bagaimana latar belakang Peristiwa Tiga Daerah?
e. Siapa aktor yang berperan dalam Peristiwa Tiga Daerah?

16. Dalam bagian pendahuluan, peneliti wajib mencantumkan tujuan penelitian. Pada umumnya tujuan utama sebuah penelitian adalah .....
a. Mengungkapkan fakta sejarah yang tersembunyi
b. Menambah khazanah ilmu pengetahuan 
c. Menemukan fakta sejarah yang baru
d. Mengasah kemampuan berpikir kritis
e. Melatih kemampuan menulis ilmiah

17. Berdasarkan urutan penyampaiannya, sumber berupa buku-buku yang disusun berdasarkan laporan penelitian sejarah tanpa melakukan penelitian langsung disebut sumber …
a. Manuskrip
b. Sekunder
c. Primer 
d. Tersier
e. Arsip

18. Sumber primer dalam penelitian sejarah dapat diartikan sebagai …
a. Sumber yang menjadi acuan utama dalam penulisan kisah sejarah’
b. Sumber yang berasal dari pelaku/saksi peristiwa sejarah
c. Sumber utama yang diperoleh dari surat kabar
d. Sumber tulisan yang diterbitkan pemerintah’
e. Sumber lisan yang diperoleh melalui wawancara

19. Perhatikan pernyataan berikut!
(1)  Pemeriksaan kebenaran laporan peristiwa sejarah
(2)  Tujuannya mengetahui kebenaran sejarah 
(3) Meneliti kebenaran data-data peristiwa sejarah
(4)  Merupakan keterangan langsung pelaku sejarah
(5)  Penafsiran suatu peristiwa sejarah
Tahap verifikasi dalam penelitian sejarah ditunjukkan pada nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (2), (3), dan (4)
d. (2), (4), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)

20. Historiografi adalah salah satu tahap dalam metode penelitian sejarah. Arti historiografi dalam sejarah adalah ....
a. Menginterpretasi data
b. Mencari fakta dan data
c. Menyelidiki data yang valid
d. Menuliskan hasil penelitian sejarah
e. Menyelidiki kebenaran suatu peristiwa

21. Penulisan sejarah mengalami perkembangan pada masa kolonial. Penulisan sejarah yang berkembang pada masa ini bertujuan ....
a. Memperkuat kepentingan dan mengukuhkan penguasa colonial di tanah jajahannya
b. Memberikan pengetahuan terhadap rakyat mengenai kajian sejarah yang ditulis
c. Menegaskan bahwa bangsa Belanda merupakan bangsa bermartabat
d. Menyajikan kajian sejarah yang terbebas dari unsur subjektivitas
e. Menghilangkan unsur mistis dalam karya penulisan sejarah

22. Karya-karya historiografi tradisional memiliki tingkat subjektivitas tinggi karena ....
a. Hanya mengisahkan peristiwa di sekitar kerajaan
b. Karya sejarah ditulis oleh pujangga kerajaan atau permintaan sang raja
c. Media penulisan sejarah masih sangat sederhana
d. Kisah historis yang ditulis jauh dari suasana mitos dan cerita takhayul
e. Penulisan sejarah dilakukan tanpa melalui proses kritik sumber

23. Yang dimaksud interpretasi dalam metode penulisan sejarah adalah ....
a. kegiatan penafsiran sumber-sumber sejarah yang telah diseleksi untuk disusun sebagai fakta
b. menentukan kebenaran suatu peristiwa dengan mengumpulkan sumber-sumber sejarah
c. kegiatan menyeleksi sumber-sumber sejarah
d. kegiatan merangkai fakta-fakta sejarah melalui laporan sejarah
e. kegiatan mengumpulkan informasi berbagai bentuk sebagai sumber sejarah

24. Andre berkunjung ke perpustakaan daerah. Ia sedang mengumpulkan sumber-sumber sejarah tentang seputar peralihan kekuasaan dari pemerintah Orde Baru ke pemerintahan Reformasi. Kegiatan Andre tersebut dalam tahap penelitian sejarah disebut ....
a. Heuristik
b. Historiografi
c. Ekskavasi 
d. Verifikasi
e. Interpretasi

25. Produk historiografi tradisional pada masa Hindu-Buddha bercorak dewa-raja. Oleh karena itu, setiap produk historiografi tradisional isinya ....
a. Memuji kebesaran raja
b. Berdasarkan hasil kisah nyata kehidupan raja
c. Ditulis berdasarkan arahan para bangsawan
d. Ditulis oleh pujangga kerajaan yang mendukung kebijakan raja
e. Mengakomodasi kepentingan raja dalam menyejahterakan rakyat

26. Hasil temuan penelitian yang dipaparkan secara umum terdapat pada bagian ....
a. Tinjauan pustaka
b. Pendahuluan
c. Pembahasan
d. Kesimpulan
e. Sintesis 

27. Dalam tahap interpretasi, sejarawan perlu menghubungkan antara sumber dan sumber lainnya untuk membuktikan adanya hubungan sebab akibat. Proses tersebut dinamakan ....
a. Resume
b. Analisis
c. Sintesis
d. Hipotesis
e. Apersepsi

28. Kritik intern terhadap sumber lisan salah satunya dilakukan dengan melihat usia informan. Tindakan tersebut dilakukan dengan tujuan ....
a. Mempermudah peneliti mencari informan selanjutnya
b. Melakukan cek silang terhadap informasi yang dituturkan informan
c. Membantu peneliti dalam menyusun daftar pertanyaan
d. Memastikan kebenaran informasi yang dituturkan informan
e. Memastikan peran dan ingatan informan terhadap peristiwa sejarah

29. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Menganalisis suatu peristiwa sejarah
(2) Menghimpun sejak-sejak sejarah
(3) Mengumpulkan dokumen-dokumen
(4)Tujuannya mengetahui kejadian bersejarah masa lampau
(5) Mencari informasi sejarah
Tahap heuristik dalam penelitian sejarah ditunjukkan pada nomor ....
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (2), (3), dan (4)
d. (2), (4), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)

30. Judul penelitian sejarah hendaknya mencantumkan angka tahun. Tindakan tersebut dilakukan untuk ....
a. Menunujukkan kronologi suatu peristiwa
b. Menunjukkan waktu penelitian yang dilakukan 
c. Memberi kesimpulan sementara bagi para pembaca
d. Memberi kesempatan bagi para pembaca untuk melanjutkan penelitian
e. Menenjukkan kedekatan intelektual antara peneltiti dan objek penelitian

Kunci: Progress

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close