Cara Menentukan Judul Penelitian Geografi - Guru Geografi
News Update
Loading...

Selasa, Januari 24

Cara Menentukan Judul Penelitian Geografi


Menentukan judul penelitian geografi yang tepat adalah hal penting karena akan mempengaruhi hasil penelitian dan keberhasilan dari penelitian tersebut. Berikut adalah beberapa tips untuk menentukan judul penelitian geografi:

Banyak siswa dan mahasiswa bingung dalam membuat judul penelitian geografi sehingga membuat proposal pun sering ditolak nantinya.

Fokus pada masalah spesifik: Judul penelitian harus menyoroti masalah atau topik yang akan diteliti dan harus jelas dan spesifik.

Gunakan kata kunci: Pastikan untuk menyertakan kata kunci yang relevan dalam judul penelitian sehingga mudah ditemukan oleh orang lain yang mencari topik yang sama.

Sesuaikan dengan skala: Sesuaikan judul penelitian dengan skala yang digunakan dalam penelitian, seperti skala lokal, regional, nasional, atau global.

Sesuaikan dengan metode: Sesuaikan judul penelitian dengan metode yang digunakan dalam penelitian, seperti studi kasus, analisis spasial, atau survei.

Jangan terlalu panjang: Pastikan judul penelitian tidak terlalu panjang sehingga mudah diingat dan dibaca oleh orang lain. Maksimal 15 suku kata tertuang di judul penelitian.

Beberapa contoh judul penelitian geografi yang relevan saat ini :
1. Analisis perubahan iklim di wilayah pesisir
2. Dampak urbanisasi terhadap kualitas air di kota X
3. Studi tentang hubungan antara pemanfaatan lahan dengan kualitas air di wilayah Y
4. Analisis perkembangan perumahan di kota Z
5. Dampak pengembangan pariwisata terhadap lingkungan di wilayah pantai

Ingat bahwa judul penelitian harus menjelaskan apa yang akan diteliti dan harus menarik perhatian orang lain untuk membaca penelitian Anda.
Baca Juga

Jangan Lupa Share Artikelnya

Yuk Komentar Positif di Blog ini.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close