Rangkuman Kebumian: 5 Bidang Diskontinuitas di Dalam Bumi - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Maret 24

Rangkuman Kebumian: 5 Bidang Diskontinuitas di Dalam Bumi

Dalam dinamika litosfer tentu kita pernah belajar tentang susunan perlapisan interior bumi. Interior bumi terbuat dari berbagai jenis material. 

Masing-masing bahan tersebut berbeda satu sama lain berdasarkan sifat fisik dan kimianya, seperti suhu, kepadatan, dll. Lapisan-lapisan unik terdapat di dalam bumi sesuai dengan karakteristiknya. 

Semua lapisan tersebut dipisahkan satu sama lain melalui zona transisi. Zona transisi ini disebut diskontinuitas.

Ada lima diskontinuitas di dalam bumi sebagai berikut:

1. Diskontinuitas Conrad:  Zona transisi antara SIAL dan SIMA.
2. Diskontinuitas Mohorovic:  Zona transisi antara Kerak dan Mantel.
3. Diskontinuitas Repiti: Zona transisi antara mantel luar dan mantel dalam.
4. Diskontinuitas Gutenberg: Zona transisi antara Mantel dan Inti.
5. Diskontinuitas Lehman: Zona transisi antara inti luar dan inti dalam
1. Zona Diskontinuitas Conrad:
Zona transisi Conrad ada di antara bagian atas dan bawah litosfer, disebut sebagai diskontinuitas Conrad. Nama ini diambil dari ahli geofisika Austria, Vector Conrad. Hingga pertengahan abad ke-20, kerak bumi bagian atas di wilayah benua terlihat terdiri dari batuan felsik seperti granit dan kerak bumi bagian bawah terdiri dari batuan mafik yang kaya magnesium seperti basal. 

Oleh karena itu, para ahli seismologi pada waktu itu menganggap bahwa diskontinuitas Conrad harus sesuai dengan kontak yang jelas antara lapisan SIAL dan SIMA yang berbeda secara kimiawi.  Ketika melewati diskontinuitas Conrad, kecepatan gelombang seismik longitudinal meningkat secara tiba-tiba dari sekitar 6 hingga 6,5 km/detik.

2. Zona Diskontinuitas Mohorovic:
Zona transisi antara kerak dan mantel disebut sebagai diskontinuitas mohorovicic. Diskontinuitas mohorovicic ditemukan oleh Andrija Mohorovicic pada tahun 1909. Moho terletak di kedalaman 35 km di bawah benua dan 8 km di bawah kerak samudra. 

Moho memisahkan kerak benua dan kerak samudra dari mantel yang mendasarinya. Moho terletak hampir seluruhnya di dalam litosfer, hanya di bawah Punggungan Samudra Tengah yang menjadi batas antara litosfer dan astenosfer. Tepat di atas Moho, kecepatan gelombang P adalah 6 km/detik dan tepat di bawah Moho kecepatannya menjadi 8 km/detik. Moho ditandai dengan ketebalan hingga 500 km.

3. Diskontinuitas Gutenberg:
Zona transisi mantel-inti bumi disebut diskontinuitas Gutenberg. Pada tahun 1912, Weichert Gutenberg menemukan diskontinuitas ini pada kedalaman 2900 km di bawah permukaan bumi. Pada zona ini kecepatan gelombang seismik berubah secara tiba-tiba. 

Kecepatan gelombang P menurun dan gelombang S hilang sama sekali pada kedalaman ini. Gelombang S menggeser material dan tidak dapat merambat melalui cairan. Jadi, diyakini bahwa bagian di atas diskontinuitas adalah padat dan bagian di bawah diskontinuitas adalah cairan atau bentuk cair. Bagian yang cair ini diperkirakan bersuhu 700°C, lebih panas dari mantel di atasnya. Bagian ini juga lebih padat, mungkin karena persentase besi yang lebih besar.

Zona ini merupakan zona yang sempit dan tidak rata dan mengandung undulasi yang lebarnya bisa mencapai 5-8 km. Undulasi ini dipengaruhi oleh aktivitas konveksi yang digerakkan oleh panas di dalam mantel di atasnya. Undulasi ini juga dipengaruhi oleh pusaran dan arus di dalam inti luar yang kaya akan cairan besi, yang pada akhirnya bertanggung jawab atas medan magnet bumi. 

Di sini harus disebutkan bahwa batas inti mantel tidak tetap konstan. Ketika panas interior bumi secara konstan tetapi perlahan-lahan menghilang, inti cair di dalam bumi membeku dan menyusut, menyebabkan batas mantel inti perlahan-lahan bergerak semakin dalam di dalam inti bumi.

4. Zona Diskontinuitas Repiti
Zona Repiti merupakan zona transisi antara mantel luar dan mantel dalam.

5. Zona Diskontinuitas Lehmann
Merupakan zona transisi antara inti luar dan inti dalam. Diskontinuitas Lehmann adalah peningkatan mendadak kecepatan gelombang P dan gelombang S pada kedalaman 220 ± 30 km, ditemukan oleh ahli seismologi Inge Lehmann, yang muncul di bawah benua, tetapi biasanya tidak di bawah samudra, dan tidak mudah muncul dalam studi rata-rata global. Beberapa penjelasan telah diusulkan: batas bawah astenosfer yang lentur, transisi fase,  dan yang paling masuk akal, variasi kedalaman pada anisotropi gelombang geser.

Gambar: https://targetkicker.com/

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close