Pembahasan Simulasi OSK Geografi 2023 No 51-60 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, April 2

Pembahasan Simulasi OSK Geografi 2023 No 51-60

Oke masih lanjut ya kita bahas pembahasan kunci soal simulasi OSK Geografi tahun ini. Pastikan untuk tetap semangat tempur belajar, jangan kendor, jangan menyerah.


51. Perhatikan gambar!

Mengintegrasikan berbagai sistem pertanian merupakan konsep yang dijalankan untuk menjaga keberlanjutan lahan pertanian. Sistem integrasi lahan pada gambar disebut ...
a. agrosilvo
b. agrisilvikultur
c. agrosilvopastura
d. agropastura
e. agrowanakultur

Kunci
Kelima istilah tersebut merupakan konsep integrasi sistem pertanian, dengan penggabungan berbagai elemen seperti tanaman, hewan, dan pohon dalam satu lahan pertanian. Perbedaan antara kelima konsep tersebut adalah sebagai berikut:

- Agrosilvo: Konsep agrosilvo menggabungkan pertanian dan kehutanan, dengan menanam tanaman pertanian dan pohon dalam satu lahan. Konsep ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas lahan pertanian dan mengurangi erosi tanah.

- Agrisilvikultur: Konsep agrisilvikultur mirip dengan agrosilvo, namun menekankan pada penggunaan pohon sebagai komponen utama. Konsep ini bertujuan untuk menciptakan sistem pertanian yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan.

- Agrosilvopastura: Konsep agrosilvopastura mencakup penggunaan tanaman, pohon, dan hewan dalam satu sistem pertanian. Konsep ini bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan lahan dan meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan.

- Agropastura: Konsep agropastura menggabungkan pertanian dan peternakan, dengan menanam tanaman pertanian dan memelihara hewan pada lahan yang sama. Konsep ini bertujuan untuk menciptakan sistem pertanian yang lebih efisien dan berkelanjutan.

- Agrowanakultur: Konsep agrowanakultur menggabungkan pertanian, peternakan, dan perikanan dalam satu sistem pertanian. Konsep ini bertujuan untuk menciptakan sistem pertanian yang lebih kompleks dan berkelanjutan, dengan memanfaatkan berbagai sumber daya alam yang ada.

Kalau lihat gambar di soal maka jawabannya mengarah ke Agrisilvikultur.

52. Pelaku ekonomi di Indonesia terdiri dari BUMN/D, perusahan swasta, koperasi dan ...
a. eksportir
b. impotir
c. pasar kaget
d. sektor informal
e. sektor pemerintah

Kunci
Jawaban yang tepat adalah "sektor informal". Sektor informal dalam ekonomi merujuk pada sektor ekonomi yang tidak diatur oleh undang-undang, tidak terdaftar atau diakui oleh pemerintah, dan biasanya tidak menyediakan jaminan sosial dan keamanan kerja. Sektor informal ini seringkali meliputi pekerjaan informal, seperti pedagang kaki lima, pekerja rumahan, pekerja migran, pekerjaan di bidang jasa, dan sebagainya. Kegiatan dalam sektor informal ini seringkali berbasis pada keterampilan dan pengalaman, dan seringkali tidak memerlukan kualifikasi formal atau sertifikasi. Sektor informal ini menjadi penting karena dapat memberikan penghidupan bagi masyarakat yang tidak memiliki akses ke sektor formal, serta memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi dan pengurangan kemiskinan.

53. Perhatikan gambar.

Sebagian besar negara ASEAN masih memiliki piramida penduduk ekspansif. Implikasi demografis dari bentuk piramida ekspansif adalah ...
a. rendahnya tingkat kesehatan masyarakat secara umum
b. tingginya beban ketergantungan
c. ketimpangan sex ratio
d. beban berat bagi pembangunan nasional
e. perlu waktu lama dalam akselerasi pendidikan

Kunci
Jawaban yang tepat adalah b. tingginya beban ketergantungan.

Piramida penduduk ekspansif ditandai dengan adanya proporsi yang besar dari kelompok usia muda atau anak-anak dan remaja, sementara proporsi lansia relatif kecil. Kondisi ini menunjukkan bahwa populasi masih mempunyai banyak anggota yang produktif dan mempunyai potensi besar dalam pembangunan, namun juga menandakan bahwa beban ketergantungan (jumlah penduduk yang memerlukan perawatan atau dukungan dari penduduk yang produktif) relatif tinggi. Hal ini dapat memengaruhi pembangunan nasional, karena negara perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk memenuhi kebutuhan penduduk yang belum produktif tersebut.

54. Harga bahan bakar fosil di Indonesia saat ini cenderung terus naik karena ....
a. kebutuhan yang terus meningkat
b. kenaikan pajak pertambahan nilai
c. teknologi pemurnian semakin mahal
d. sumber tambang sudah tidak mencukupi
e. mesin-mesin kendaraan yang kurang efisien

Kunci
Harga bahan bakar fosil di Indonesia saat ini cenderung terus naik karena beberapa faktor, salah satunya adalah kebutuhan yang terus meningkat. Permintaan bahan bakar fosil semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan jumlah kendaraan bermotor yang terus bertambah di Indonesia. Selain itu, kenaikan harga minyak mentah di pasar global juga berdampak pada kenaikan harga bahan bakar fosil di Indonesia. Faktor lain yang dapat memengaruhi harga bahan bakar fosil adalah fluktuasi nilai tukar mata uang dan kebijakan pemerintah dalam menetapkan harga jual bahan bakar fosil.

55. Susitanable Development Goal (SDGs) menyangkut banyak aspek pembangunan. SDGs yang terkait dengan upaya penanggulangan pengangguran terdapat pada angka ...
a. tujuan ke 2
b. tujuan ke 3
c. tujuan ke 8
d. tujuan ke 11
e. tujuan ke 14

Kunci
Tujuan ke-8 dari Sustainable Development Goals (SDGs) adalah "Promote sustained, inclusive and sustainable economic growth, full and productive employment and decent work for all" yang berfokus pada penanggulangan pengangguran dan menciptakan pekerjaan yang layak dan produktif. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. Cek di link berikut lengkapnya, baca semua ya: SDGs

56. Berikut ini gunung-gunung penyebab aktivitas vulkanik dan letak tektoniknya berbeda dengan Gunung Anak Krakatau yaitu ...
a. Gunung Ruapehu, Selandia Baru
b. Gunung Kilimanjaro, Tanzania
c. Gunung St. Helens, Amerika Serikat
d. Gunung Karymsky, Kamchatka Russia
e. Gunung Pavlof, Kepulauan Aleut Alaska

Kunci
Gunung Anak Krakatau terletak di wilayah Indonesia yang merupakan bagian dari Cincin Api Pasifik, sehingga letak tektoniknya berada pada zona subduksi antara lempeng Indo-Australia dan Eurasia. Berbeda dengan Gunung Kilimanjaro di Tanzania yang berada di tengah benua.

57. Perhatikan narasi!
Pedagang kaki lima (PKL) Malioboro bakal direlokasi ke tempat baru. Nantinya sekitar 2.000 PKL akan menempati dua lokasi yang  diberi nama Teras Malioboro. Teras Malioboro I berlokasi di gedung bioskop Indra, sementara Malioboro II berlokasi di bekas gedung Dinas Pariwisata DIY. Setelah proses pemindahan selesai pemprov DIY berencana melakukan renovasi pada lorong-lorong toko dan kawasan Malioboro yang sebelumnya digunakan para PKL berjualan. Selain melakukan perbaikan pada pedestrian, pemerintah DIY juga telah melakukan komunikasi dengan pemiliki toko untuk perbaikan fasad toko. "Kami juga sudah berbicara dengan pemilik toko bagaimana fasadnya bagian heritage mereka yang perbaiki" jelas juru bica pemprov.

Berdasarkan Tourism Life Cycle Model yang dikembangkan oleh Butler, kondisi yang dijelaskan pada narasi di atas termasuk pada fase ...
a. development
b. stagnation
c. rejuvenation
d. consolidation
e. exploration

Kunci
Pastinya peremajaan destinasi wisata atau rejuvenation. Pahami tentang siklus Butler di bawah ini.

58. Berikut ini negara yang mengalami fenomena reverse brain drain, kecuali ...
a. Nepal
b. India
c. Jepang
d. Meksiko
e. Korea Selatan

Kunci
Jawaban: c. Jepang.

Penjelasan: Reverse brain drain terjadi ketika seseorang yang memiliki keahlian tinggi atau pendidikan tinggi kembali ke negara asalnya setelah belajar atau bekerja di luar negeri. Negara-negara yang terkena dampak reverse brain drain kehilangan sumber daya manusia yang berpendidikan tinggi dan memiliki keahlian khusus. Nepal, India, Meksiko, dan Korea Selatan termasuk negara yang mengalami fenomena reverse brain drain, di mana banyak warga mereka yang telah menempuh pendidikan atau bekerja di luar negeri kembali ke negara asal mereka setelah mendapatkan pengalaman atau pendidikan yang memadai. Sedangkan Jepang merupakan negara yang tidak terkena dampak reverse brain drain, karena negara ini dikenal sebagai salah satu negara penghasil tenaga kerja terbaik di dunia dan memiliki kebijakan yang menarik untuk menarik tenaga kerja asing ke negara tersebut.

59. Terdapat beberapa jenis sesar. Sesar naik adalah ...
a. sesar dimana footwall berada relatif di atas hanging wall
b. sesar dimana footwall berada relatif di bawah hanging wall
c. sesar dimana footwall dan hanging wall bergerak mendatar
d. sesar dimana hanging wall berada relatif di atas footwall
e. salah semua

Kunci
Jawaban yang benar adalah a. sesar dimana footwall berada relatif di atas hanging wall. Sesar naik terjadi ketika blok batuan di atas sesar bergerak ke arah vertikal, sehingga footwall berada di atas hanging wall. Pahami konsep footwall dan hanging wall.

60. Penentuan lokasi industri ditentukan berbagai faktor. Komponen yang tidak termasuk faktor lokasi industri menurut Weber adalah ...
a. bahan bakar
b. tenaga kerja
c. pasar
d. nilai tukar
e. bahan baku

Kunci
Menurut teori Weber, faktor-faktor yang mempengaruhi lokasi industri meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya transportasi. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah d. nilai tukar.

Teori lokasi Weber dikembangkan oleh seorang ahli ekonomi Jerman bernama Alfred Weber pada tahun 1909. Teori ini mengemukakan bahwa lokasi industri dipengaruhi oleh tiga faktor utama, yaitu bahan baku, tenaga kerja, dan pasar.

Menurut teori ini, perusahaan akan memilih lokasi yang paling ekonomis dan efisien untuk mengoptimalkan produksinya. Lokasi yang paling ekonomis adalah lokasi yang memiliki biaya produksi paling rendah.

Weber juga mengemukakan konsep "titik optimal" atau "pusat gravitasi" yang mewakili lokasi yang paling efisien bagi perusahaan dalam hal biaya produksi. Faktor-faktor seperti jarak, biaya transportasi, dan biaya tenaga kerja dipertimbangkan dalam menentukan titik optimal.

Teori lokasi Weber merupakan kontribusi penting dalam bidang geografi ekonomi dan masih digunakan hingga saat ini dalam analisis lokasi industri.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close